Mana yang Lebih Bagus Rebonding/Smoothing di Salon atau Catok dengan Alat Sendiri di Rumah?

Mana yang Lebih Bagus Rebonding Smoothing di Salon atau Catok dengan Alat Sendiri di Rumah

Aplikasi usaha salon dan babershop paling direkomendasikan di Indonesia.
Klik gambar info lebih lanjut!

Hmm..Yang lebih bagus antara Rebonding/Smoothing dan catok? Tergantung suasana hati sih hehe.

Kalau horang kayah dan gak banyak waktu biasanya milih ke salon ajaaa. Di salon kan enak tinggal duduk doang, bisa mainan hp atau malah bisa cuci mata.

Mending di salon aja. Hasilnya juga lebih bagus, walaupun agak mahal tapi sebanding lah dengan hasilnya. Kita gak perlu repot-repot nyatok, tinggal duduk nyantai, terus rambut jadi oke deeeh ! hhihi.

Soalnya kalo catok sendiri di rumah tuh ribet. Bosen keles apa-apa di rumah. Pengennya jelong-jelong, pergi ke salon terus nge-Mall. Duh horang-orang masa kini gak jauh-jauh dari happy aja hidupnya.

Intermezoo Bagian 1

Perbedaan smoothing dengan rebonding adalah kalau rebonding proses catok 3 kali, dan hasil akhir rambut menjadi lurus sempurna, Rambut jadi terlihat lebih tipis.

Sedangkan smoothing, proses catok dilakukan hanya sekali, hasilnya: rambut masih terlihat ada volumenya, karena batang rambutnya tidak terlalu lurus.

Perlu diketahui, pada pangkal rambut tidak akan kaku atau mengembang, karena obat dan proses catok juga diaplikasikan pada pangkal. Kecuali jika beberapa bulan muncul rambut yang mengembang, itu adalah proses tumbuhnya rambut baru.

Jadi, tergantung pilihan, ingin yang benar-benar lurus, atau rambutnya agak sedikit bervolume.

Baca juga Aplikasi salon dan babershop yang digunakan oleh salon salon ternama di Indoensia

Intermezo Bagian 2

Bedanya bonding sama alat catok itu: Rebonding itu teknik pelurusan rambut dengan bahan kimia sedangkan alat catok itu cara kerjanya lebih kayak seterika untuk lurus-lurusin baju gitu.

Sebelum anda memutuskan  mana cocok sama anda, saya jelasin lebih detail tiap-tiap teknik itu dan efek ke rambut kita yah..

Teknik Rebonding

Hasil dari bonding itu rambut jadi lurus, lembut dan bersinar. Abis keramas jadi praktis banget.

Tapi, sebenernya rambut kita sehabis rebonding itu dlm kondisi sehancur-hancurnya dan rapuh banget..terlalu panas atau ketarik lebih kuat pake sisir, bisa langsung patah..

Seperti halnya orang yang kelihatan bahagia terus, sekalinya kena masalah langsung bunuh diri 😀

Jadi, rambut yang sudah di bonding, mesti dijaga baik-baik, dikasih treatment secara teratur untuk memulihkan kesehatan rambut.

Kayak rasa cinta aja, kalau udah dapat belahan jiwa, mesti rukun, dirwat yang baik. Jangan kebalik, mentang-mentang udah dapat patjar terus seenaknya aja. Ah udah laku ini hihi

Di indonesia rebonding/smoothing itu ada di salon mana-mana dengan harga variasi dari murah sampe mahal, banyak teman-teman ku yang rebonding di tempat murah, rambutnya banyak yang patah-patah walaupun hasilnya “terlihat” bagus.

Banyak dari kita-kita itu cuma mentingin hasil setelah bonding, misalnya mesti selurus mungkin, tahan lama dan lembut.

Kita jadi kurang peduli sama masalah harga / obat kimia yang dipakai untuk bonding. Padahal keputusan ini besar sekali efek nya ke rambut kita.

Obat yang bagus (misalnya dari Jepang), memang mahal harganya tapi bagus untuk kesehatan rambut.

Selain dari itu, pengalaman (skill) nya dari orang salon juga berpengaruh banget, dia mesti ngerti seberapa keras campuran obat untuk jenis rambut kita, seberapa lama obat ini ada di kepala kita. Karena Obat kimia ini yang mengganti struktur rambut dan keelastisan rambut kita biar jadi lurus.

Jenis rambutnya tiap orang berbeda-beda, toleransi ke obat ini beda-beda jadi hairstylistnya mesti yang bener-bener  pinter dalam mencampurin obatnya. Bukan hairstylist yang asalbuka salon, yang penting laku. No no..lakukan survey dulu sebelum nyalon.

Jadi kalo teknik salah, obat kurang bagus, obat terlalu lama dirambut, rambut kita bisa jadi lebih lebih rapuh dan hancur. Nah loh!

Teknik Catok

Hasilnya emang mungkin tidak sebagus bonding/smoothing dan jauh jauh jauh lebih ngerepotin daripada bonding. Bayangin, tiap selesai keramas mesti nyatok paling tidak satu jam!

Tapi kalo alat catok kita bagus (tentunya mahal juga..hai..), efek kerusakan ke rambut minimal sekali. Dengan product-produk rambut yang dijual dipasaran sekarang, kerusakan rambut bisa dihindarin lebih minim lagi, caranya adalah:

>> selesai keramas, rambut dikeringkan sembarangan dengan hair dryer dulu. Ini penting skali, jangan catok rambut selagi rambut basah, sangat merusak rambut.

>> Semprot secara rata ke seluruh rambut dengan Hair Heat Protector. Di supermarket ada dijual kok, merek nya macam-macam. Ini untuk melindungin rambut kita dari panas.

>> Catok menyatok rambut

>> Selesai catok rambut semua, olesin dari akar rambut ke ujung rambut dengan produk: Anti Frizz serum, ini bisa membuat rambut gak split end dan rambut lebih lembut bersinar.

Catok yang kita beli mesti berlapis CERAMIC di bagian besinya, jadi nya tidak merusak rambut.

Intinya:

Kalau kamu pentingin penampilan aja dan praktis, smoothing/bonding aja rambut anda. Di negara barat, smoothing/bonding itu tidak terlalu direkomendasi, soalnya dianggap terlalu merusak rambut.

Kalau pingin rambut sehat (walaupun tidak begitu sehat abis catok-catok terus haha) dan anda gak  keberatan catok menyatok yang susah dan ribet, aku saranin catok aja…

Aplikasi kasir untuk usaha salon dan babershop klik http://solehlutiana.com/aplikasisalon/

Comments

comments

Silahkan Berpendapat Guys,,,