7 Manfaat Mandi Pagi Bagi Kesehatan Tubuh

‎Mandi di pagi hari, terutama sebelum subuh, sangat bagus bagi kesehatan. Manfaatnya warbiyasah. Jadi bagi anda-anda yang suka mandi pagi hari, berbanggalah, selain badan bersih, seger, ngilangin ngantuk, juga membawa manfaat yang menakjubkan.

Sekedar info sih, Manfaat mandi pagi juga bagus untuk kecantikan, apalagi kalau mandinya sekitar jam 4 (empat) pagi, atau sebelum sholat subuh bagi yang beragama islam.

Ini sekaligus menjawab pertanyaan, mandi pagi yang bagus jam berapa? Ya itu tadi antara jam sebelum subuh, atau kalau perlu jam tiga dah, sebelum sholat tahajud 😀

Dan bagi anda yang tidak rajin mandi pagi, silahkan tinggalkan ruangan ini #ehapasih.  Biasakan mandi pagi yah, dingin dan malas itu hanya ada saat mau memulai, kalau udah keguyur air mah, jadinya seger, ngantuk ilang seketika…

Berikut ini mimin syantikk akan  postingkan manfaat mandi pagi hari bagi kesehatan, siapa tau ketika udah baca ini, jadi rajin mandi pagi.

1. Mandi pagi mampu melancarkan peredaran darah.

Menurut hasil penelitian sebuah lembaga riset trombosit di Inggris, jika seseorang sering mandi pagi dengan air dingin, maka peredaran darahnya akan menjadi lebih lancar. Tubuh juga akan terasa lebih segar dan bugar.

Yang rajin mandi pagi pastik udeh tau donk, kalau mandi menggunakkan air dingin akan membuat tubuh lebih segar dan fres. Air dingin di sini bukan air sedingin es yah, maksudnya air biasa, bukan air hangat, air yang dioplos antara air panas dengan air dingin.

Biasakan, kan suka ada tuh, orang-orang yang suka malas kalau mandi air dingin, pengennya air hangat aja, nah ini malah gak bagus, menurut pengalaman mimin sih, kalau mandi air hangat, kulit malah terasa kering, ngantuk juga kagak hilang.

Beda kalau mandi pakai air dingin, Kantuk akan hilang dan peredaran darah lebih teratur yang akan membuat tubuh lebih semangat, segar, padat, berisi #h menjalani aktifitas seharian.

2. Mandi dengan air dingin akan meningkatkan sel darah putih.

Masih menurut hasil studi di Inggris, mandi dengan air dingin akan meningkatkan sel darah putih dalam tubuh.

Bila sel darah putih dalam tubuh meningkat, maka daya tahan dan kemampuan tubuh dalam melawan virus pun akan semakin meningkat.

Manfaat positifnya tubuh akan menjadi lebih prima dan tidak mudah sakit karena daya tahan tubuh selalu terjaga dengan baik.

Bagi anda yang bentar-bentar sakit,  mungkin salah satu penyebabnya adalah malas mandi di pagi hari. Mandi sih tapi mandinya udah siang, atau jangan jangan seminggu mandi dua kali. Ya salam…

3. Mandi dengan air dingin bisa menurunkan resiko darah tinggi.

Menurut Frederic Premji, seorang hipnoterapis dari The American Board of Hypnotherapy, mandi air dingin akan menurunkan resiko timbulnya darah tinggi, varises dan mengerasnya pembuluh darah.

Hal ini disebabkan karena mandi air dingin akan melancarkan seluruh sirkulasi darah ke organ-organ tubuh.

Selagi masih muda, yuk gays biasakan mandi pagi hari. Agar di usia tua kagak terkena penyakit darah tinggi, stroke dan sebangsanya.

Setidaknya bisa meminimalisasi (duh bahasa apa ini) darah tinggi, karena penyebab darah tinggi kan banyak, dengan rajin mandi pagi, Insya Allah deh, pikiran fresh tidak stress, akhirnya penyakit darah tinggi kagak mau mendekat.

4. Mandi dengan air dingin dapat meningkatkan kesuburan.

Mandi pagi dengan air dingin memiliki efek positif bagi kesehatan reproduksi manusia.

Manfaatnya yaitu untuk meningkatkan produksi hormone testosterone pada pria dan hormone estrogen pada wanita.

Akibatnya, kesuburan dan gairah seksual pun akan semakin meningkat.

Lha ini, khusus bagi pasangan suami istri, manfaat mandi pagi hari ternyata warbiayasah. Kalau gairah sex meningkat, otomatis hubugan suami istri tetap erat, mesra, dan berkesempatan mempunyai banyak keturunan hihi

5. Mandi pagi memperbaiki kesehatan jaringan tubuh.

Kebiasaan mandi pagi dengan air dingin setiap hari berdampak positif juga pada kesehatan jaringan tubuh manusia.

Dengan kebiasaan ini, jaringan kulit akan semakin membaik, kulit tidak kering dan menjadi lebih kenyal.

Mandi dengan air dingin juga mampu mengurangi noda dan lingkaran hitam pada bagian bawah mata.

Sehingga, kesegaran wajah akan semakin terpancar. Sebaliknya bila mandi dengan air hangat, maka kulit lebih mudah keriput dan kurang kenyal.

Selain itu, mandi dengan air dingin juga berdampak positif pada jaringan kuku. Kuku pun akan menjadi lebih sehat, kuat dan tidak mudah retak.

Nah seperti yang mimin syantik bilang di awal, kalau mandi air hangat, jadinya kulit malah keriput-keriput gitu, kering dan ngantuk kagak hilang. Aneh kan?

 

6.Mandi pagi dengan air dingin dapat membuat rambut lebih sehat.

Apa sih yang terjadi pada rambut bila dibilas dengan air dingin? Ternyata air dingin bisa menutupi kutikula rambut, sehingga mampu mengurangi kerontokan.

Rambut pun akan lebih terlindungi dari kotoran-kotoran yang biasanya menempel pada kulit kepala.

Dengan demikian rambut akan menjadi lebih sehat dan kuat.

Bagi wanita rambut akan semakin kuat, sehat, tidka rontok. Bagi pria akan mengurangi resiko kebotakan dini.

7. Mandi air dingin berkhasiat meredakan depresi.

Ritual mandi pagi dengan air dingin biasa dilakukan oleh para pejuang samurai Jepang tempo dulu.

Ritual ini biasa disebut misogi dalam bahasa Jepang. Kebiasaan ini bertujuan untuk membersihkan jiwa sehingga pikiran menjadi lebih tenang dan bisa menjalani hari-hari dengan penuh semangat.

Apalagi kalau anda muslim, habis mandi terus sholat subuh. Insya Allah, pas sholat kagak ngantuk, fresh, jenuh. Ini akan menjalar pikiran jadi tenang, nyaman, syahdu, sepoi-sepoi #halah.

Sumber dari FB dengan berbagai modifikasi adari admin yang syantik 😀