AHLUL BAIT bag 3

” Hendaklah kalian mencintai Allah karena Dia memelihara
kalian dengan ni’mat-ni’matNya. Dan cintailah aku de-
mi cintamu kepada Allah. Dan cintailah akhli rumahku
demi cintamu kepadaku. ”
(H.R. At Tirmidzi, Al Hakim dari ibnu Abbas)

Cinta kepada ahlul bait bukanlah kepada ahlul bait itu sendiri sebagai pribadi yang lepas dari karakter aqidah dien ini. Dia adalah cinta atas sebuah konsekuensi, cinta yang muncul sebagai akibat syari’. Cinta yang berakar pada syahadah, menguat pada tha’at, dan bermuara pada amal. Cinta yang realistis, cinta yang sarat pembelaan, cinta yang muncul sebagai refleksi cinta kepada Allah dan RasulNya.

Maka cinta kepada ahlul bait adalah cinta yang selaras dan berharmoni dengan endapan rasa cinta mereka kepada Allah. Cinta kepada ahlul bait adalah salah satu dari sekian bukti cinta kepada Rasulullah, dan seorang Muslim yang telah berikrar untuk beruswah kepada Rasulullah mestilah mengadakan pembuktian cinta. Bila tidak maka kata cintanya hanyalah kehampaan, absurd dan tanpa makna.

Dalam garis ini maka setiap bukti cinta tak pernah akan memunculkan kontradiksi. Karena cinta adalah harmoni, tak ada cinta yang berlebih dan mubadzir. Bahkan bagi seorang Muslim urutan cinta adalah suatu kejelasan; Allah, RasulNya, dan orang-orang yang beriman. Ahlul bait adalah orang-orang yang beriman, yang merupakan kerabat Rasulullah SAW. Cinta dalam aqidah dien ini tak akan pernah bertentangan, karena garis syari’ hanya satu, cinta kepada Allah. Dan semuanya diturunkan dari rasa cinta ini.

Maka mestinya rasa cinta kepada ahlul bait tak akan pernah melebihi rasa cinta kepada Rasulullah SAW, dan rasa cinta kepada Muhammad bin abdullah tak akan pernah melebihi rasa cinta kepada Allah SWT, Rabb, Khalik dan Malik manusia. Juga rasa cinta kepada ahlul bait itu tidak akan pernah berkontradiksi dengan rasa cinta kepada kaum beriman. Karena wala (loyalitas) kaum beriman hanyalah kepada Allah, RasulNya dan orang-orang beriman. Dan juga karena hakekat cinta itu sendiri yang berpilar tauhid.

Inilah cinta umat Muhammad SAW, cinta kepada ahlul bait Rasulnya, karena rasa cinta kepadanya. Dan mereka cinta kepada Muhammad SAW, karena cinta mereka sangat dan sangat bersangatan kepada Tuhan-nya.

Hasbunallah wa ni’mal wakiil.

Wassalam,
abu zahra

Baca Juga:
AHLUL BAIT
AHLUL BAIT bag 2

error: Heloo gak bisa di copas keles hehe