Apa dan Bagaimana sih Tawakal itu?

APA DAN BAGAIMANA TAWAKAL ITUDasar pengertian tawakal diambil dari peristiwa yang terjadi pada zaman rasulullah saw :

Pada suatu hari datang seorang sahabat ke kediaman rasulullah dengan mengendarai unta. Sesampainya di depan rumah beliau, (ada peristiwa ganjil menurut pandangan rasulullah)

Sehingga beliau (Nabi Muhammad SAW) berkata; “Kenapa unta kalian tidak ditambatkan?”

Ia menjawab; “Tidak ya rasulullah, karena saya telah bertawakal.”

Kemudian rasulullah berkata; “Tambatkan dulu unta kalian, baru bertawakal!”.

Studi Kasus dari Ust Yusuf Mansur

Kalo ente tidak mentokin, mana ente tahu kalo Allah tuh Maha Kuasa? Mana ente tahu kalo Allahughafurrurohim? gak mungkin ketemu Rohimnya Allah, gak mungkin ketemu Ghafurrnya Allah kalau ente tidak melewati bab ini. Maka, jangan melewati dengan penuh ketakutan, lewatilah dengan penuh harapan.

Anak kita datang ke sekolah, “Assalamualaikum”

“Waalaikumsalam”.

“Saya boleh sekolah bu?”

“Emang kenapa?”

“Kan katanya kemaren kalo gak bayaran bakal di keluarin?”

“Itu kan kemaren, hari ini udah belajar materi Tawakal dari Ustadz Yusuf Mansur, saya kasian sama kamu, masuk aja deh nanti Ibu ceritain”.

“Makasih ya, Bu”.

Begitu pulang anaknya cerita, “Pak gak di keluarin tuh hari ini. Subhanallah, padahal Bapak gak bayar kan?”

“Gak.. gak bayar tuh”
Coba misalnya: Bu Guru berkata “kamu besok gak boleh datang belajar, karena belum bayar SPP”

Terus, ya udah bener-bener gak mau datang. Gak ada doa, gak ada ikhtiar. Ini bukan Tawakal tapi lemah.
Tawakalnya begini,misal:

– bicara baik-baik bahwa akan berusaha melunasi SPP

-minta ijin tetap belajar, sambil berusaha mendapatkan uang SPP

-BERDOA sama Allah agar diberi jalan yang terbaik

-Menghadap kepala sekolah minta toleransi

– dll.

Kalau semua usaha sudah dilakukan dan si anak tetap diskor tidak boleh mengikuti pelajaran, ya sudah. Itu berarti yang terbaik menurut Allah.

Ini bisa diaplikasikan ke semua bidang apapun. Kerja, jodoh, usaha, karir, kuliah, dan lain sebagainya.

Rahasianya gak ada yang tahu sampai nanti Allah memberitahu. Rahasianya gak ada yang tahu, kenapa anak ini besok masih tetap sekolah, padahal katanya kalo besok tidak bayar bakal di keluarin? Tidak ada yang tahu sampai kemudian Allah yang memberitahu.

Dan berikut ini adalah beberapa keuntungan atau manfaat yang bisa di dapat dari memiliki sifat tawakal :

>> Terhindar dari sifat sombong karena keberhasilan itu bukan semata-mata hasil pekerjaan seseorang, tetapi atas ‎kehendak Allah.‎
>> Selalu merasa percaya diri
>> Memiliki rasa berani dalam menghadapi masalah apapun
>> Bersyukur jika mendapat kebahagiaan dan bersabar apabila mengalami kegagalan.‎
>> Merasakan ketenangan dan ketentraman jiwa
>> Selalu bersyukur atas apa yang Allah swt berikan
>> Selalu berbakti kepada Allah swt
>> Memiliki sifat optimis dan tangguh
>> Giat dan bersemangat dalam bekerja.‎
>> Senantiasa berserah diri kepada Allah swt. dengan berdoa.‎
>> Bersyukur jika mendapat kebahagiaan dan bersabar apabila mengalami kegagalan.‎
>> Tidak gelisah, tetapi selalu tenang dalam menjalani kehidupan sehari-hari.‎

error: Heloo gak bisa di copas keles hehe
%d blogger menyukai ini: