Apa Fungsi Dari Present Continuous Tense

Mimin akan posting salah satu Fungsi Dari Present Continuous Tense, apa dan study kasus Present Continuous

We also use the present continuous when we talk about something that is happening arround the time speaking.

Kita  juga menggunakan PRSENT CONTINUOUS, ketika  kita membicarakan sesuatu yang sedang terjadi saat berbicara.

But not necessarily excatly at the time of speaking. Tapi (sesuatu yang terjadi itu) tidak sedang dilakukan pada saat membicarakannya.

Baca juga fungsi dan contoh present continuous tense

Study this example situation:

Ana and Luthfi are talking and having coffee in a café. Ana says:” I’am reading an interesting book at the moment . I’ll lend it to you when I’ve finished.”

Ana dan Luthfi sedang berbicara dan minum kopi di kafe. Ana berkata, “Saya sedang membaca sebuah buku menarik saat ini. Saya akan memberikannya kepada Anda setelah selesai. “

Ana is not reading the book at the time of speaking. He means that he has begun the book and hasn’t finished it yet. He is in the middle of reading it.

Ana tidak membaca buku itu pada saat mereka berbicara. Artinya adalah bahwa dia (si Ana)  telah memulai membaca buku tapi belum menyelesaikannya. Dia sedang membacanya (baru sampai tengah-tengah)

Begini ilustrasinya: Pada saat si Ana dan Luthfi nongkrong di café, mereka lagi ngobrol banyak hal (katakanlah begitu), nah tiba-tiba si Ana bilang : Bahwa doi sedang membaca buku bagus, dan akan minjemin si lutfi ketika kelar entar.

Eh, luth aku sedang baca buku bagus banget, ntar ane pinjemin kalau udah kelar.

Bayangkan : ketika anda sedang ngobrol sama teman di ruang kelas, misalnya. Terus anda bilang, eh mblo, akuh lagi baca buku bagus banget, tapi belum kelar. Ntar kalau you mau, boleh pinjem kok

Sama seperti Ana dan Lutfi, ketika anda sedang ngobrol di kelas, Anda tidak sedang membaca buku itu.

Kok Pakai PRESENT CONTINUOUS? Karena membaca bukunya belum kelar. In the Middle of reading (baru nyampe tengah), meskipun saat itu mereka tidak sedang membaca buku.

Middle itu kan tengah. Artinya sudah memulai tapi belum kelar. Ada diantara awal dan akhir. Tengahnya di sini gak persis sampai tengah-tengah halaman buku. Intinya belum kelar.

Baca juga contoh kalimat present continuous positive negative interrogative

Here are some more example: (berikut ini adalah beberapa contoh lainnya)

Maryam is studying English at a language school (not studies)

Maryam sedang belajar bahasa Inggris di sekolah bahasa. Belajar Bahasa inggrisnya belum kelar. Entah di semester berapa, kelas berapa, intinya sedang menjalani menempuh pendidikan Bahasa Inggris di sekolah Bahasa.

Kenapa tidak : Maryam studies English at a language school ( Maryam belajar bahasa Inggris di sekolah bahasa) ? ini kalimat SIMPLE PRESENT. SUBJECT + VERB 1

Sedangkan yang kita bahas adalah : peristiwa yang belum kelar, sedang di jalani, meskipun pada saat biacara tidak menjalaninya. Masih bingung? 😀

Gini aja, Ketika anda ngobrol sama temen, di reunian misalnya. Terus teman anda tau-tau nanya: Eh kabar Maryam gimana ya?

Terus anda jawab: Owh Maryam sedang sibuk belajar bahasa inggris di sekolah bahasa. Pada saat kalian membicarakan Maryam, faktanya si Maryam emang lagi sekolah di sekolah bahasa.

Meskipunnnnnn. Belum tentu saat itu si Maryam lagi di kelas dan lagi belajar bahasa. Bisa jadi si Maryam lagi tidur, nyuci, ngepel, atau mainan hp 😀

Sama kayak kasus pertama: Faktanya si Ana lagi proses menyelesaikan membaca buku di rumah atau di perpustakaan, meskipun saat itu si Ana tidak sedang membaca buku, tapi lagi nongkrong di café.

 

Kalau kalimat ini gimana? Kenapa He is building? Kenapa bukan He Builds his own hause?

Coba analisa di komentar hehe. Mari sama-sama sharing. Biar bisa bertukar pikiran

Have you heard about Brian? He is building his own hause (not builds)

 

Belajar Bahasa Inggris Mudah Full Conversation

http://bit.ly/InggrisFullPercakapan

 

Belajar bahasa Inggris Secara OTODIDAK

http://bit.ly/OtodidakBahasaInggris

error: Heloo gak bisa di copas keles hehe
%d blogger menyukai ini: