Apa itu Blog?

Pada awalnya, kata blog dipakai sebagai kependekan dari Weblog, yaitu istilah yan dipakai pertama kali digunakan olehJorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yan selalu di update secara kontinyu dan berisi link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.

Roger Yim, seorang kolumnis San Fransisco Gate, pada Februari 2001, menuliskan bahwa sebuah blog adalah persilangan antara diary seorang dan daftar link di internet. Scott Rosenberg dalam kolomnya di majalah online Salon pada Mei 1999 menyimpulkan bahwa blog berada pada batasan website yang lebih bernyawa daripada sekedar kumpulan link, tapi kurang instropektif daripada sebuah diary yang disimpan di internet.

Oleh www.harvard.edu, blog didefinisikan sebagai susunan teks, gambar, objek, media , dan data yang disusun secara berurutan yang bisa ditampilkan pada browser HTML. Sementara menurut www.marketingterms.com, sebuah weblog adalah publikasi personal dari sebuah pikiran seseorang yang diterbitkan secara rutin.

www.computersprintersrepairhouston.com dan www.matisse.net menyatakan bahwa weblog pada dasarnya adalah sebuah jurnal yang tersedia di web. Aktivitas memperbarui blog disebut blogging dan seseorang yang memiliki blog disebut blogger. Blog biasanya di update setiap hari/rutin dengan menggunakan software yang memungkinkan mereka memiliki latar belakang teknis sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali bisa mengupdate dan mengelola blognya. Tulisan pada sebuah blog hampir selalu berurutan.

Kata blog berasal dari kependekan weblog. Menjadi penulis blog, mengelola blog, atau menambahkan artikel pada blog yang sudah ada disebut blogging. Artikel pribadi di dalam blog disebut blog post, post atau entries. Seseorang yang memasukkan tulisan ini disebut blogger. Sebuah blog adalah perpaduan teks, hyperteks, gambar, dan link(link ke web, ke video, audio, dan file lainnya). Blog menggunakan dokumentasi bergaya konvensional. Seringkali blog terfokus pada topik tertentu, seperti: politik, komputer, kesehatan, life style dan lain lain. Beberap blog membicarakan pengalaman pribadi. Demikian pengertian blog menurut www.wikipedia.org.

Kalau diambil benang merah seluruh definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa blog adalah sebuah sarana tulis menulis tempat semua orang bebas mengekspresikan apa yang inigin disampaikan dan tulisan tersebut dilihat oleh semua pengguna.

Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman Whats New pada browser Mosaic yang disebut Marc Andersen pada tahun 1993. Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Eksplore, bahkan sebelum Netscape. Pada januari 1994, Justin Hall memulai website pribadinya, Justins Home Page, yang kemudian berubah menjadi links from the underground yang mungkin dapat sebagai blog pertama yang mirip dengan blog yang kita kenal sekarang.

Tahun 1998, jumlah blog yang ada di luar sana belumlah seberapa. Hal ini disebabkan saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML,dan web hosting untuk untuk membuat sebuah blog. Oleh sebab itu, hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, System Administrator, atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan blog mereka sendiri.

Pada Agustus 1999, sebuah perusahaan yang berbasis di Silicon Valley bernama Pyra Lab meluncurkan layanan blogger.com yang memungkinkan siapapun dengan pengetahuan dasar tentang HTML dapat menciptakan blognya sendiri secara online dan gratis, walaupun sebelum itu (juli 1999) layanan membuat blog online dan gratis, yaitu Pitas telah ada dan membuat blogger bertambah hingga ratusan.

Secara sederhana, topik sebuah blog adalah daerah kekuasaan si blogger-nya tanpa ada editor atau boss yang ikut campur. Tema segila dan senyleneh apapun dapat kita temukan sejalan dengan makin bermunculan blog di Internet.

Rebbeca Blood menulis bahwa setelah dia membuat blognya, ada dua efek samping yang terjadi yang tidak pernah ia perkirakaran sebelumya. Pertama, ia mengemukakan kembali minatnya semenjak dia memulai membuat blog. Kedua, yang lebih penting, ia mulai lebih menghargai cara pandangnya sendiri. Ketika setiap harinya ia mengupdate blog-nya, ia mulai mempertimbangkan opini dan ide idenya dengan lebih hati-hati dan ia mulai merasakan bahwa perspektifnya adalah unik dan penting disuarakan.

Aktivitas blogging setiap hari akan membuat blogger akan menjadi penulis yang percaya diri. Dengan terbiasa mengekspresikan pikiran pada blognya, seorang blogger dapat dengan lebih baik mengartikulasikan opininya. Blog bahkan dapat menjadi terapi jiwa.

Blogger menurut sifat dasarnya bukanlah reporter. Mereka berperan sebagai editor dalam blognya masing-masing dan dalam sebuah sebuah dunia dengan budaya media yang telah jenuh, blog menjadi suara-suara alternatif yang menyuarakan bunyi independen dalam setiap ulasannya. Blog bukanlah obat mujarab untuk budaya yang telah jenuh dengan media, tapi mudah-mudahan blog adalah salah satu peredanya, demikian tulis Rebecca Blood.

Pada tulisannya di STAR TELEGRAM, Frances Katz menulis bahwa blog adalah generasi kedua dari Home Page Pribadi. Perbedaan utama antara Home Pae Pribadi dan Blog adalah bahwa Home Page Pribadi adalah tempat menyimpan foto keluarga, fota anda, dan kemudahan mendistribusikan informasi kepada lingkaran kecil teman-teman dan keluarga. Sementara blog dirancang untunk pengunjung. Blog memiliki suara pribadi dan spesifik. Blog karenanya adalah kepanjangan interaktif dari pembuatnya.

Cara paling mudah untuk mempunyai sebuah blog adalah dengan mendaftarkan diri di blogger.com maupun wordpress.com. Belajar sedikit tutorial HTML dasar, dan Anda memiliki Blog pribadi. Happy Blogging!!!!!!!!!!!!1