Apakah Lulusan SMK Bisa Langsung Kerja?

Apakah Lulusan SMK Bisa Langsung Kerja?
Apakah Lulusan SMK Bisa Langsung Kerja?

Saya ingin masuk SMK…
Tapi buaaaaaaanyak bingits yang bilang lulusan SMK tuh masa depannya tidak jelas. Apa bener begitu? Apa lulus SMK bisa langsung kerja?
Terus misalnya lulusan SMK ngambil jurusan akuntansi apa nanti kalo lanjut kuliah walaupun ngambil jurusan akuntansi juga tetep susah nyari kerja?
Bisak nggak sih lulusan SMK masuk PTN (Perguruan Tinggi Negeri)?

Siapa Bilang lulusan SMK masa depannya ndak jelas sis?? Masa depan tidak ditentukan lulusan apa dia, masa depan ndak mengenal golongan, strata, miskin, kaya, bodoh, pintar dan variable-variable dunia lainnya.

Lulusan SMP aja banyak yang masa depannya oke kok, masa sih??? Heh dibilangin ndak percaya..

Serius loh lulusan SMP banyak yang sukses, tetangga kampung aye contohnya, lulusan SMP merantau ke jakarte, jadi pedagang mie ayam. Sekarang sudah punya 6 cabang dengan 12 karyawan. Eits jangan sepelekan Cuma pedagang yak..kalau satu cabang aja omsetnya perbulan 70 an juta, lha kalau 6 cabang udeh berape coba?

Ada lagi nih tetangge aye juge, lulusan SMP terus merantau ke jakarte, pertama sih emang jadi buruh bangunan. Sekarang udeh jadi mandor dan kepercayaan bigbos megang proyek-proyek. Ibaratnya kalau ada proyek dia yang diserahin, “masa depan” buruh-buruh bangunan yang lain ada di “tangan’ die.

Dari dua contoh di atas apa lulusan penyebab masa depan kinclong? No no no….

Mulailah dari mindset sis, broh. Tujuan pemerintah membuka SMK adalah untuk mempersiapkan tenaga kerja yang siap pakai sesuai dengan bidang studinya.

Namanya juga Kejuran. Kejuruan itu dari awal udah disetting untuk fokus pada salah satu bidang. Kalau jurusan akuntansi, yah pasti fokusnya ke akuntansi, pelajaran yang lain hanya sebagai pengetahuan aja.

Tiga tahun di gembleng akuntansi, kalau lifestyle sekolahnya bener, Insya Allah deh basicnya udh kuat. Apalagi kan di akhir tahun ketiga ada PKL. Nah waktu PKL itu tunjukkan kemampuanmu, bahwa lulusan SMK bukan orang ecek-ecek

Bandingkan dengan SMA, pelajarannya terlalu umum. Kalaupun dia juruan IPA misalnya, dia gak fokus ke biologi doang, di sana ada Fisikia, kimia, matematika, belum lagi agama, sejarah, bahasa indnesia, bahasa inggris. Makanya lulusan SMA itu emang paling bagus kudu kuliah, kalau dia masuk dunia kerja susah masuk kantor. Mau pegang apa di kantor? Akunting? Bisa sih tapi peluangnya kecil.

Apalagi SMA ndak ada PKL. Iya kan?

Saya punya teman, dia lulusan SMK jurusan perkantoran kalau gak salah. Nah pas PKL dia mengambil tempat di sebuah bank swasta besar. Karena kinerja pas dia PKL bagus, dia langsung diambil jadi karyawan bank tersebut sampai sekarang. Lha kalau kinerjanya jelek, mana bisa dia langsung diambil jadi karyawan bank tersebut. Saat saya menulis ini dia sudah jalan 4 tahun sis broh..kerja di situ.

Saya punya teman kerja, dia SMK jurusan Analisis Kimia, pas PKL gak tau kenapa dia dapat di perusahaan tempat kerja saya. Kebetulan perusahaan saya emang bergerak dibidang kimia-kimia an gitu. Dia emang kerjanya bagus sis, broh..jadi pas akhir tugas PKL dia diminta sama supervisor untuk langsung kerja. Psikotes dan wawancara Cuma formalitas doang :D, tapi emang dasar anaknya pinter itung-itung an sih…

Jadi siapa bilang lulusan SMK masa depan ndak jelas? Tergantung kamunya, kamu serius sekolah, maka ilmu akan berbalik menyelamatkanmu. Kalau sekolah ogah-ogahan, sering mbolos, buka buku aja ndak pernah, terus pengennya masa depan bagus? Heloowwwwh…

Jadi murid SMK itu memang dididik dilatih untuk siap kerja. Begitu lulus bisa langsung bekerja. Gitu loh..jadi jangan banyak alasan nyalahin SMK kalau masa depan suram :D, INTROPEKSI diri lebih baik..
Sebenarnya yah…bisa langsung kerja ataupun tidak, itu tergantung dari usaha ataupun kemauanmu nanti setelah lulus.

BanyaK yang lulusan SMK, tapi ndak semuanya bisa langsung kerja dikarenakan terlalu banyak pertimbangan. Pertimbangan apah? Saat mereka lulus dan mendapat kesempatan kerja, terlalu mikir tentang gaji, bonus, lemburan, jaminan kesehatan, uang makan, uang transport, status karyawan kontrak dan lain sebainya. Kebanyakan mikir ini itu, malah jadi nganggur.

Apapun sekolahnya kalau terlalu pilih-pilih dalam mencari kerja akan susah juga dapat kerjaan, Gini ajah kalau udah lulus, dan mendapat kesempatan kerja langsung ambil aja.

Nanti kesempatan itu bisa digunakan untuk mencari pekerjaan lain yg lebih baik (sebagai batu loncatan untuk cari kerjaan lain). Mungkin kerja sambil kuliah, setelah dapat ijazah S1 langsung deh lompat ke kursi yang lebih tinggi…

Terus misalnya lulusan SMK ngambil jurusan akuntansi apa nanti kalo lanjut kuliah walaupun ngambil jurusan akuntansi juga tetep susah nyari kerja?

Dibilangin dapat kerja susah atau gampang itu tergantung diri sendiri, jangan nyalahin lulusan SMK ataupun lulusan universitas apalah apalah gitu. Kamu nya smart, rajin belajar, pinter, rajin berdoa, yakin deh gampang nyari kerja mah…

Mana ada perusahaan menolak pelamar Cuma gara-gara lulusan SMK. “Maaf ya dik, kami tidak menerima lulusan SMK”. Gitu?

Apa lulusan SMK bisa lanjut kuliah?

Ini pertanyaan aneh, lha emang selama ini anak kuliahan Cuma anak-anak SMA?
Lulusan smk jg bs kuliah sesuai dengan jurusan yang mereka ambil, akutansi, bangunan, mesin industri dan lain lain, banyak universitas yang menerima mahasiswa baru yg berasal dar SMK, tidak mesti lulusan SMA

Saya mau cerita, dulu pas aku SMA punya tetangga kost seorang SMK . Beda satu tingkat dan beda sekolahan..

Saya tau nih anak rajin belajar, gak banyak nongkrong kayak teman-temanya bahkan ngerokok pun nggak.

Dua tahun setelah lulus SMA saya gak ada kabar dengan anak ini. Eh pas tahun ketiga dari saya lulus SMA, dapat kabar dia kuliah di UNY (Univeristas Negeri Yogyakarta). Tuh kan siapa bilang lulusan SMK ndak bisa kuliah di PTN Favorit. Sekarang dia kerja di perusahaan bonafid sesuai dengan bidang nya.

Hayuhhh mau alasan apalagi kalau lulusan SMK itu masa depan ndak jelas???

Oh ya berikut ini tips ide-ide mandapat kerjaan:
– Daftar pencari kerja di karir.com atau jobstreet.com

– Isi sesuai denga biodata yah,,,usahakan ketika memilih kerjaan sesuaikan dengan bidang pas sekolah. Misalnya jurusan akuntansi, ya isi atau piliha yang akunting, adminsitrasi, data entry dan sejenisnya.

– Rajun-rajin buka email. Email ini, email yang didaftarkan di karir.com atau jobstreet yak..jangan email alay 😀

– nAH, biasanya setiap hari ada aja rekomendasi lowongan kerja dari kedua layanan tersebut.

– Pilih jenis pekerjaan yang kakak suka, atau yang dekat-dekat dengan lokasi kakak.

– Melamarnya jangan cuma satu kak, rugi lah. Sekali duduk di warnet gitu bisa kok melamar kerjaan 10-15 lowongan hehe. Pengalama saya dulu.

– Terus ya udah, nunggu panggilan.

– iNI hanya salah satu usaha aja kak, selain nyari kerja offline tentunya.

– Saya ajah yang lulusan SMA pindah kerja tiga kali cuma lewat internet kok. Ndak lewat yayasan, bawaan orang dan lain-lain.
=========
Kalau bingung mau pilih SMK atau SMA, lebih baik sholat istikharah aja. Terus setiap pagi usahakan sholat dhuha.

Kenapa gitu? Yah minta petunjuk sama Yang Punya kerjaan seluruh dunia, Allah yang punya sekolah, perusahaan di seluruh bumi.

Kalau dekat dengan Allah, kan enak, Allah akan ngasih yang terbaik bagi hambanya yang mau meminta dan berdoa kepada-Nya. Yang terbaik bagi kita, bukan yang sekedar kita inginkan. Catat!!

Intinya adalah belajar, berdoa, belajar, berdoa. Udah gitu aja. Kalau sekolah aja ogah-ogahan, kamu sekolah dimanapun ya nasib ndak akan berubah.

1. Perbanyak teman, kenalan, silaturahmi, enjoy aja kesana kemari berkumpul..minimal informasi kerja akan dapet.

2. Tetep rendah hati dalam berkumpul, jangn pernah ngerasa lebih dari teman-teman lainnya karena sombong atau ngerasa lebih jika pengangguran, gak punya duit..ya percuma 😀

3. Jagan lupa sebelum pergi dari rumah harus berdoa / sholat…karena akan membuat pikiran jernih dan tenang.

4. Setelah dapat kerja, jangan dulu “money oriented,”..bekerjalah dengan sungguh-sungguh, jangan sekalipun berbuat curang, target utama adalah pengalaman kerja yg akan meningkatkan kualitas diri /skill yang dapat kita jual ke perusahaan lainnya

5. Atau Kerja sambil Binsis kak? Malu berbisnis menawarkan barang dagangan di tempat kerja 😀 ? cOBA aja berbisnis Online hehe
Belajar Bisnis Online Bagi para Gapteker dan Pemula

66 Comments

    1. tergantung kak, setelah lulus langsung kerja atau nggak itu banyak faktor:

      – faktor kepandaian/kecakapan. Kalau pas PKL performa kakak bagus, perusahaan/tempat PKL tentu gak segan2 ambil kakak untuk langsung bekerja di situ.
      Banyak banget kasus seperti ini. PKL nya bagus,eh langsung di suruh kerja

      – faktor tempat: kalau di tempat kakak, misalnya kampung yang jarang ada perkantoran, ya tentu kesempatan kerja semakin sempit.
      ada sih paling ke kantor kecamatan atau Balai Desa.

      – faktor individu: skill apa yang kita punya buat kerja dikantoran sebagai nilai tambah? semakin punya skill yang spesifik, tentu mendapat kerja akan semakin mudah.

      Kemauan untuk maju dan belajar keras tentu sangat dibutuhkan, apalagi jaman sekarang, jumlah pencari kerja lebih banyak dibanding lowongan kerja yang ada.

      Intinya adalah Perbanyak doa, tetapkan tujuan, belajar tekun dibanding yang lain, mau mencoba dan berusaha. Kurangi mainnya kak.

      Lulusan farmasi? tentu sangat bagus. Tapi biaya sekolah di farmasi mahal kak, meski baru setingkat SMF (Sekolah Menengah Farmmasi),
      coba didiskusikn dulu sama ortu, kalau mampu sekolah farmasi, why not?

      Lulusan farmasi nanti lulusannya bisa kerja ke perusahaan obat, jadi apoteker, kerja di Rumah Sakit.
      Lebih baik lagi kalau bisa Sarjana Farmasi kak..beuh mantep!

    1. gak harus kak..
      tapi kalau kuliah lebih baik..

      Banyak orang2 kantoran yang lulusan SMK.
      Kenapa? waktu PKL dianggap bagus, ya jadi langsung aja ditawarin untuk kerja di situ.

      Tergantung perusahaan juga kak..
      perusahaan2 bonafid mensyaratkan S1 untuk tenaga kantoran
      ada juga sih yang cukup lulusan SMK.

      Cuma nanti kalau mau naik jabatan, biasanya harus S1. Gak masalah sih, kan kerja sambil kuliah.
      S1 hanya syarat saja.

      Bahkan disini, admin HRD, admin gudang, Admin Produksi lulusan SMK.

      1. Kak saya msh smp kls 9. Nah, sebentar lagi keluar nah, asal nya saya du sarankan masuk sman biar kuliah msk ptn gampang. Dan masa depan sdh ada di depan mata. Lalu sman yg dekat di kota cuman 1 dan itu masuk nya susah ada testing harus yg prestasi di atas rata2. Nah lalu saya mau bertanya kalo masuk smk, peluang kerja besar gak dan kuliah juga. Dan bila kerja peluang kerja besar ? Lalu bila gaji bisa mencukupi kehidup. Patokan gaji nya brp ? Maaf sebelumnya soalnya saya bingung!! Thanks sebelumnya

        1. SMK kan emang di desain agar lulusan bisa langsung kerja kak.

          SMK kuliah? why not? PTN favorit gak masalah menerima lulusan SMK.
          YANG penting lulus tes.

          Saya mempunya banyak teman SMK yang masuk kuliah di UGM, UNY, UNDIP bahkan UI.
          Ingat syarat masuk PTN atau PTS Favorit bukan dari SMA tapi dari prestasi dan tes.

          Peluang kerja SMK sangat besar. Syaratnya memenuhi kualitas.
          Percuma toh lulusan SMK tapi sekolahnya malas2an, tawuran, gak mau belajar, malas praktik.

          Asal sekolah rajin, PKL nya bagus, Insya Allah deh peluang kerja sangat banyak.
          Prinsipnya fokus ke ilmu dulu, jangan fokus ke uang.

          Gaji cukup? tiap daeran tentu beda2 kak.
          UMR Jabodetabek setahu saya sudah 3,8 juta. Sementara UMR daerah solo/sekitarnya 1,2juta.

          Biaya hidup jabodetabek lebih mahal daripada daripada utk wilayah solo dan sekitarnya.

    1. Lulusan akuntansi peluang kerjanya besar banget kak.

      Semua perusahaan,usaha bisnis yang udah besar, membutuhkan akuntan.

      Coba sebutkan perusahaan mana yang tidak butuh akunting?? pasti semua butuhhhh.

      Syarat S1? di perusahaan2 bonafid memang mensyaratkan demikian,
      tapi jangan takut, masih banyak perusahaan yang menerima lulusan SMK sederajat.

      Di tempat saya, akunting lulusan SMK doang,

      Saran saya kak, kalau pas PKL, bekerjalah dengan sungguh2 dan baik
      agar benar2 punya pengalaman di lapangan.

      Sukur2 tempat PKL langsung mengambil kakak sebagai karyawan.

      Banyak kan kasus seperti ini? PKL nya bagus, eh pas lulus langsung diambil oleh tempat dia PKL untuk dijadikan karyawan

      semangat!

    1. kantoran = kerja di dalam kantor, entah perusahaan besar atau kecil, yang penting kerja di dalam kantor.

      ya tentu saja bisa kak, masih banyak perusahaan yang membutuhkan orang2 kantoran dari lulusan SMK/SMA.

      Why? mungkin secara gaji dia gak terlalu tinggi seperti halnya lulusan S1.

      Untuk admin gudang, data entry, receptionis, bahkan akunting pun, yg levelnya masih yunior/pemula masih bisa lulusan SMK kak.

      Perusahaan itu bnyakkkkk banget ya, gak semua kantoran membutuhkan S1.

      Intinya sih waktu sekolah dan PKL cobalah untuk sungguh2, belajar dan berdoa.

      Kebanyakan orang pengennya yang enak2, tapi menjalani usahanya setengah2/ogah2 an. Kan repot?

        1. Hai kak arifah yang lagi galau (eh sok tau ya saya ) 😀

          Susahnya bukan karena mencari kerjanya, tapi bidang keperawatan emang “lahannya” sempit.

          itupun harus bersaing dengan lulusan akademi keperawatan (AKPER)

          Berbeda dengan admin, akunting, yang bisa masuk ke semua sektor usaha.Lulusan keperawatan,
          bidangnya ya itu2 saja, klinik,rumah sakit, bahkan puskesmas pun jarang banget yang ada perawat.

          Tapi kalau udah terlajur masuk, kakak harus fight di sana. Banyakin doa dan belajar yang rajin.
          Kalau ada kesempatan magang, sebaiknya lakukan dengan sungguh2, dan terus belajar,

          Insya Allah, kerja keras itu tidak pernah berbohong.

  1. Kak, peluang untuk dapet kerjaan yang lebih bagus itu jurusan perkantoran / perbankan yah kalo dari SMK ? Kalo jurusan perkantoran bisa kerja dimana aja kak? Aku bingung takutnya kalo ambil jurusan perbankan ntar kalo ga diterima di bank ga bisa cari pekerjaan yang lain, mohon penjelasannya kak.

    1. Gak juga kak….

      Kerja kantoran kan banyak? ya admin, ya HRD, ya akunting, ya purchasing, ya eksport import.
      dan masih banyak lagi kak, setiap perusahaan tentu beda, intinya kurang lebih ya seperti itu.

      Jurusan perkantoran ya tentu saja kerja di kantor,bisa juga masuk ke sektor pemerintahan,
      misal: kerja di kantor kecamatan, kantor desa, kantor kabupaten dsb.

      Jurusan perkantoran juga bisa masuk ke wilayah perbankan.

      Untuk cs dan teller semua jurusan dari SMA juga bisa kok, bahkan dari SMA juga bisa.

      Kakak ambil jurusan akuntansi pun bisa masuk ke semua kantor dan bank. Bank kan juga perlu akunting.

      Intinya, waktu sekolah belajar yang bener aja kak, terus PKL nya yang sungguh2.
      Apappun jurusannya, kalau usaha, doa, dan belajar kita mantep, Insya Allah lah nyari kerja itu gampang.

    1. TKJ = Teknik Jaringan Komputer?
      Apakah bisa langsung bekerja tanpa kuliah setelah lulus SMK jurusan TKJ?
      saya kira cukup sulit, ilmu yang dibekali dari SMK pun tidak begitu mendalam dalam dunia IT,
      apa harus mendalami jurusan lain? contohnya animasi/mm ?
      sekarang banyak peminat tentang dunia audio/visual,
      tanpa harus kerja pun bisa menjadi orang sukses layaknya youtuber?

      Langsung kerja atau tidak nya itu tergantung usaha anda,
      dan tentunya Yang Maha Kuasa,
      saya sarankan jika memiliki modal lebih baik untuk berwiraswasta,
      membuka lapangan usaha,
      Untuk jenis lapangan usaha apa yg dapat dibuka silahkan baca postingan komentar2 sebelumnya.

      Untuk niat anda mendalami jurusan lain itu memang bgs,
      tidak manjadi masalahkan mempelajari hal yg baru? 🙂

      Berikut ini Bidang kerja jika lulus dari TKJ:

      Internet Service Provider / Perusahaan Jaringan Network Security :
      Mengidentifikasi kebutuhan keamanan jaringan
      Mendesain sistem keamanan jaringan
      Menginstalasi security jaringan
      Menginstalasi dan administrasi server authentikasi
      Mengoperasikan security jaringan
      Monitoring keamanan jaringan

      Wireless Networking :
      Merancang, melakukan survey lapangan
      Membuat antenna
      Menginstalasi jaringan wireless
      Mengkonfigurasi peralatan
      Mengoperasikan jaringan wireless

      Network Administrator :
      Mendiagnosis permasalahan perangkat yang tersambung jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
      Menganalisa dan memperbaiki kerusakan/kesalahan /tidak bekerjanya koneksi di sistem jaringan

      Administrasi Server
      Memanage server
      Mengatur band width
      File sharing
      Memonitor server
      Mengatur traffic

      Computer Integrator :
      Merakit komputer
      Memperbaiki komputer
      Menginstalasi sistem operasi GUI dan TEXT

      Voip Integrator :
      Indentifikasi kebutuhan
      Merancang jaringan voip
      Instalasi softswitch

      Linux Administrator :
      Menginstalasi sistem operasi Linux
      Maintenance sistem operasi Linux
      Melakukan virtualisasi
      Integrator Jaringan :
      Merancang bangun dan menganalisa Wide Area Network
      Memasang jaringan lokal
      Melakukan instalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
      Menginstalasi sistem operasi jaringan
      Menganalisa dan memperbaiki kerusakan/kesalahan/tidak bekerjanya koneksi di sistem jaringan
      Merancang web database untuk content server
      Instalasi web server
      Instalasi database server
      Instalasi server jaringan
      Instalasi content management sistem
      Instalasi, integrasi software kolaborasi

      Web Administrator :
      Konfigurasi web
      Perawatan web
      Memonitor jaringan
      Mengatur traffic
      Mendiagnosis permasalahan perangkat yang tersambung jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
      Melakukan perbaikan dan atau setting ulang koneksi jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
      Monitoring keamanan jaringan
      Melakukan perbaikan dan atau setting ulang koneksi jaringan

  2. eh kak aku masih kelas 3 smk Jurusan Otomotif Teknik kendaraan ringan . mau nanya nih masih bingung mau lulus kemana . aku udah PKL udah 2x tapi disetiap tempat yg aku kunjungi tidak sesuai gajih . usaha sama penghasilan jadi gak tertarik kalo lulus kesana kerja . mohon pencerahannya

    1. Hai kak Derry…

      untuk lulusan SMK Otomotif Teknik Kendaraan Ringan, kalau pengen gajih gede masuk aja kak ke Perusaahaan otomotif
      contoh Astra Honda Motor, Yamaha Motor Indonesia, pabrik motor kawasaki, atau Suzuki.

      Biasanya sih ya, untuk SMK SMK tertentu akan didatangi oleh pihak perusaahaan untuk tes langsung.
      Bagus kalau langsung lolos, jadi lulus SMK langsung dibooking oleh pabrik2 tersebut. Tanpa repot2 melamar.

      Tapi jujur ya, perusahaan2 Jepang seperti yang saya sebut diatas, tesnya susah. Mulai dari PSIKOTES, test KESEHATAN,
      WAWANCARA ada sistem gugurnya.

      Karena saya sendiri pernah ngalammin kerja di perusahaan Jepang. Saya masih ingat kata HRD yg ngetes dulu,
      semua perusahaan Jepang tesnya hampir sama, bukan hanya sekedar tes FORMALITAS. Kalau gugur ya gugur,
      gak peduli dia ada orang dalem.

      Berita baiknya, yang bener2 pinter akan lolos, meski gak ada orang dalem/yang bawa.

      Kalau berniat mau melamar ke Perusahaan yg saya sebut diatas, saran saya sih ya, mulai sekarang
      banyak mencoba Soal2 Psikotes.

      Dimana dapatnya? bisa kok googling, saya dulu juga gitu. Ngumpulin soal2 PSIKOTES dari internet, terus
      di utak atik sendiri, biasanya juga banyak yang disertai cara menjawabnya.

      “contoh soal-soal psikotes masuk STAN”
      “contoh soal-soal psikotes masuk PNS”
      “contoh soal psikotes masuk perusahaan bonafid”
      dst…

      kebanyak soal-soal psikotes emang mirip-mirip, masuk STAN, PNS, perusahaan, BUMN, secara garis besar sama saja
      tinggal kreativitas kita saja mempelajarinya..

      Semangat kak, saya juga Lulusan SMA, nyari kerja hanya lewat internet, tanpa bantuan orang dalam, yayasan hehe.

      oh ya, selain perusahaan otomotif di atas, lulusan smk Jurusan Otomotif Teknik kendaraan ringan bisa juga kok melamar di
      Industri Manufactur Mesin Otomotif /Teknologi Mekanik Otomotif baik berskala besar, menengah mapun kecil

      Sebenarnya masuk perusahaan apa saja bisa, asal melamarnya bagian teknik ya, atau enginering, maintenance, workshop, bagian perawatan2 mesin lah.

      masuk ke bengkel-bengkel resmi juga bisa, perusahaan perakitan,

      atau melamar ke bagian Perawatan dan perbaikan system kelistrikan,

      tergantung kakaknya, lebih sreg kemana. Beda orang, beda keahlian, beda minat juga.

      Semangat…!!!!

    1. farmasi kan identik dengan obat kak, bisa lah jadi apoteker atau kerja di Rumah Sakit2, klinik2.

      Ada PKL nya kan? nah biasanya Guru akan mengarahkan PKL anak2 farmasi itu kemana?

      gak mungkin kan anak farmasi PKL di Bank? 😀

      atau bisa kerja di perusahaan Farmasi/Obat2 an.

      Satahu saya perusahaan farmasi banyak terdapat di cikarang-Bekasi.

      Coba jangan malu2 tanya ke Guru, teman, atau browsing2, kira2 masa depan
      anak farmasi itu kemana?

      Atau bisa lanjut ke pendidikan yang berhub. dengan farmasi, kayak kebidanan,
      gizi dan nuturisi dal sebangsanya..

      Eh jangan salah lhoo..bnyak akbid (akademi kebidanan) yang siswanya berasal dari
      SMK. Lha yang SMK aja bisa, apalagi farmasi hehe.

      Secara Farmasi lebih dekat ke Kebidanan daripada SMK. Tul??

    1. doa apah ini kak? supaya dapat jodoh? dapat kerja? bisa umrah?

      atau doa minta ketiga2nya 😀

      Semoga semua harapan tercapai kak>>

      Tipsnya adalah jangan malu2 minta sama Allah.

      habis sholat doa, habis sholat doa, habis sholat doa..

      kalau perlu perbanyak sholat sunah, banyakin baca istighfar, dan sholawat..

      Insya Allah jalan akan lebih mudah

    1. maaf kak saya kurang tahu masalah itu,

      jangankan sekolah SMK terbaik di Surabaya, saya aja belum pernah ke Surabaya hehe.

      coba gugling kak

      misalnya dengan kata kunci
      ” sekolah smk terbaik di surabaya”
      ” SMK murah dan berkualitas di surabaya”
      ” SMK rekomendasi di kota surabaya”
      ” SMK akreditasi A di kota Surabaya” dll

      atau bisa tanya2 ke guru atau teman2 kak..

    1. Pengalaman saya kerja di sini (cieeh), lulusan akuntansi bisa kerja di bagian:

      – Akunting
      – Purchasing (pembelian)
      – Admin
      – Data Entry
      – Bahkan ada yang admin HRD.

      Prinsipnya adalah sekolah jurusan akuntansi, sewaktu sekolah sering pegang komputer
      sehingga pas memasuki dunia kerja, kerja apa aja yang berhubungan dengan komputer pasti cepat nyambung.

      Dunia kerja itu gak sesempit yang kita kira,
      sekolah akuntansi kerjanya pasti jadi akunting, belum tentu kak!

      Makanya skill komputer itu bagus untuk dipelajari/ditekuni.
      sehingga waktu masuk dunia kerja gak grogi.

    1. usaha terus kakak cantik..

      selain melalui jalur ofline, coba melalui jalur online kak..

      daftar ke karir.com atau jobstreet.com.

      isi sesuai dengan Data kakak….

      kemudian sering2 cek email kak, biasanya mereka setiap hari ngirim lowongan yang sesuai dengan data yang kita isi.

      saya dulu juga gitu kak, hampir setiap hari kirim lamaran sampai puluhan.

      enaknya kirim lewat online adalah hemat waktu, biaya, dan energi.

      kalau lewat ofline, kirim sepuluh lamaran udah berapa baiayanya coba?

      lha lewat online, sejam (nyewa warnet paling 5ribu) bisa kirim puluhan lamaran.

      terus berdoa kak, backing dengan dhuha dan doa orang tua, terutama ibu.

    1. Semua pabrik membutuhkan bagian las kak..

      masuknya ke maintenance/workshop/enginering..itu yang saya tau..

      tiap pabrik beda2 tentunya..

      kerjanya tentu saja bukan hanya ngelas terus, tapi macem2: ada perawatan mesin2, masang2 alat, bikin2 peralatan kerja,
      benerin mesin2 yang rusak.

    1. Wah kurang tau juga kak hehe..

      Kalau SMK swastanya jurusan akuntansi dan SMK Negerinya juruusan Akuntansi,
      saya pikir pelajarannya sama, fokus ke akuntansi, sedangkan yang lain2 cuma tambahan.

      Ya kalau membandingkan SMK Swasta jurusan Listrik dengan SMK Negeri Jurusan Analisis Kimia,
      ttentu beda pelajaran 😀

      Kalau SMA negeri sama SMA swasta sama, dengan catatan sama jurusannya.
      SMA Negeri jurusan IPA pelajarannya sama persis dengan SMA swasta yang jurusan IPA.

    1. Bagus, peluangnya besar itu, karena semua perusahaan mempunyai kantor.

      Perkantoran juga banyak kan bidangnya : Data entry, admin, purchasing, sekretaris, resepsionis.

      Admin aja ada banyak : admin gudang, admin produksi, admin HRD, admin IT

      Kalau membicarakan dunia kerja itu akan terlalu luas dan tidak akan ada habisnya, seperti membicarakan cinta 😀

      Beda orang akan beda minat, beda nasib, beda ikhtiar, beda jalan dan tentu saja hasil akhir jugga akan beda.

      Jujur saya lulusan SMA, tapi toh bisa kerja di kantor, meski kantor kecil.
      Kalau dipikir SMA itu gak ada sama sekali pelajaran yang menyangkut perkantoran.

      PKL nya dimana? di Bank bisa, di kantor-kantor pemerintahan bisa (kantor kecamatan, kabupaten, Dinas tenaga kerja, dinas kependudukan dll)
      Kantor2 perusahaan juga bisa.

      Itu tetangga, awalnya PKL nya di kantor Dinas Kecamatan, sampai sekarang eh kebablasan kerja di Kecamtan, meski belum PNS.

      Selalu ada jalan, kalau kita mau berusaha.

    1. Kalau bisa masuk SMK Negeri,karena biaya sekolah lebih murah.
      Dan tentu lulusan SMK Negeri konon katanya lebih bergengsi daripada lulusan Swasta.

      Untuk masalah sulit apa enggak dapat kerjaan, tentu tidak bisa dipukul rata.

      Siswi SMK swasta katakanlah orang nya piter, pas PKL bagus, ini anak sayang kalau dilepas.
      daripada nyari nyari karyawan baru yang belum tentu bisa dan ngajarin dari nol, ya udah diambil saja.
      Kasus seperti ini itu banyak banget. Kadang HRD gak mau rempong rempong buka lowongan baru. Yang ada saja dipakai,
      toh siswi yang PKL ini kerjanya bagus.

      STM Kimia swasta misalnya, anaknya pinter, lulus tes perusahaan, otomatis kerja gampang.
      saya dulu kerja di perusahaan kimia, mayoritas karyawannya adalah SMK swasta.

      Saya selalu bilang, semua hal itu dimulai dari mindset.
      Mau swasta atau Negeri kalau pas sekolahnya asal-asalan, ya nanti kedepannya kita sendiri yang ngrasain.

      Tentu banyak faktor, seseorang cepat dapat kerja atau nggak.
      Yang pasti SMK Negeri maupun SMK Swasta, semuanya pasti bisa!

  3. q lulusan smk jur. pemasaran sdh pny pengalaman jdi admin tp skrang sdh brhenti. trus mau cari krjaan lain di bagian admin jg tpi sekarang lowongan admin kbanyakn syarat ny lulusan S1 atau minimal D3. binggung hrus ap, mau kuliah biaya dri mna blm krja hiks .. semoga q cpat dpt krja yg bgus dan baik mhon doa ny teman”

    1. Tergantung mindset nya kakak..

      Beda tempat, beda kondisi.

      Kalau tempat tinggal yang dekat industri biasanya melamar ke pabrik2.

      sebagai akunting, admin, data entry..

      tergantung juga kepandaian dan kecakapan orangnya…

      ada juga yang masuk bagian produksi…

      Pas PKL gmna? biasanya kalau PKL bagus langsung kerja disitu,

      kalau mau melamar kerja online, coba ke jobstreet.com atau karir.com

      Insya Allah banyak kok inspirasi untuk melamar kerja

  4. Setelah Lulus SMK-SMK segera Kuliah singkat di GMC Sanggar Animasi Solo. Alamat: Jln. Malabar Raya No. A-03 Perumnas Mojosongo Solo.
    Kuliah singkat (hanya 6 bulan). Predikat yg disandang sebagai Animator. Setelah Lulus sesuai dgn kebutuhan Industri Animasi, Langsung Kerja.
    Hubungi segera di Tlpn: 0271-8500544. CP: 085229906598 – 08121511707. Quota terbatas…

      1. Lulus SMK sebaiknya kuliah singkat (hanya 6 bulan) Jurusan Animasi di GMC Animation-Sanggar ANimasi
        Alamat : Jalan Malabar Raya No. A-03 Perumnas Mojosongo Solo. Tlp: 0271-8500544. di sana sudah banyak
        menelorkan Animator Top. Sebagian besar Lulusan dari GMC bekerja di MD Animation, bikin film serial Adit Sopo Jarwo

        Untuk tahun ini, kuliah singkat ini akan dimulai tanggal 9 Mei 2016. Minat…? Ayo cepat daftar. CP: 08121511707 – 085229906598
        Daftar segera… Quota terbatas..

  5. Muantap buangett informasinya kak…
    Dpat petunjuk dikit nih… hehehe.
    maklum, sya mah mikirnya stelah lulus smp bingung msuk sma or smk. tp, setelah baca ini, jdi nggak bingung” amat.. Hehe..
    tq ya kak.

%d blogger menyukai ini: