Bahasa Pemrograman Apa yang Harus Dikuasi Seorang IT?

Bahasa Pemrograman Apa yang Harus Dikuasi Seorang ITApakah pekerjaan IT harus wajib menguasai bahasa pemrograman tertentu?

Curhat seorang teman, sekaligus nasehat. Kalau kuliah mbok ya yang bener. Yang bener aja masih banyak yang keteteran ketika memasuki dunia kerja. Apalagi yang Cuma main-main.

Ingat Ortu bersusah payah demi pendidikan anaknya. Masa anda tidak mau ingin berubah?

Saya lulusan IT yang ingin melamar pekerjaan. Awalnya saya berpikir ingin melamar pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang saya tekuni saat kuliah yaitu IT. Tapi ketika saya ingin melamar pekerjaan yang berhubungan dengan IT, dan saat melihat kualifikasi/persyaratannya membuat saya ragu untuk melamar.

Yah, saat kuliah saya memang mempelajari beberapa materi yang menjadi kualifikasi dari pekerjaan tersebut, tapi gak saklek bisa/ngerti! pake “banget”, bisa dibilang cukup alias “rata-rata”. Karena saat di kuliah pelajaran tersebut tidak dipelajari secara mendalam, dan hanya belajar kulit-kulitnya saja.

Sedangkan permintaan pekerjaan tersebut, (mis: Programmer) wajib harus menguasai bahasa pemrograman contohnya: C++, Java, .NET, dll. Oke, mungkin dari beberapa bahasa pemrograman tersebut saya pernah mempelajarinya, tapi seperti yang saya bilang sebelumnya kalau saya gak jago-jago amat, bahkan udah lupa-lupa ingat pelajaran di kuliah.

Hal itu membuat saya jadi takut untuk melamar pekerjaan itu karena pengalaman sebelumnya saya pernah dipanggil interview utk posisi IT jaringan dan programmer, saat di interview oleh user, saya ditanya hal-hal teknis dan juga tentang program dan hasilnya saya malah gagal paham dan gak keterima.

Dengar-denger dari cerita teman yang udah kerja.. Katanya kalau kerja IT itu nanti kita akan belajar lagi.. Toh gak semua yang kita pelajari di kuliah gak kepake 100% saat kerja. Tapi kalau emang kita bakal belajar lagi, kenapa syaratnya harus sesulit itu apalagi utk Fresh Graduated??

===
Wajib tau salah satu bahasa pemrograman. Baik itu untuk web maupun yang executable. Sukur bisa linux dan untuk bidang IT wajib menguasai networking, Kedua bidang itu mutlak di TI, kecuali anda hanya akan bekerja di bagian administrasi, maka cukup menguasai office aja sudah cukup.

Tergantung IT nya bagian apa juga. Karena pengertian IT di tiap-tiap perusahaan itu beda. Di tempat kerja saya tugas IT hanya memelihara komputer, instal-instal program, ganti tinta printer, ya karena perusaahaan tempat saya bukan perusaan berbasis IT, tapi perusahaan kimia.

Tidak harus menguasai pemrograman yang aneh-aneh, sekali lagi tergantung kebutuhan perusahaan itu untuk apa.  IT itu luas kok, banyak spesialisasinya … tergantung anda mau ke jaringan, software, atau apa ..

Harusnya sih kita harus pelajari dasar-dasar dan satu program yg kita kuasai banget. Kenapa meraka cari yg udh paham? Karena mereka mebutuhkan karyawan yag langsung terjun ke lapangan, bukan karyawan yang training dulu baru kerja lapangan.

Untuk hal ini kan dicari yang benar-benar udah pengalaman. Bukan baru lulus. Kecuali nilai nilai kelulusan anda bagus. Kenapa begitu? Kalau seorang user melihat nilai bagus, otomatis yang ada di pikirannya adalah : meski belum punya pengalaman, tapi anak ini pinter dan punya potensi, dan tentu saja cepat dalam menerima hal-hal baru.

Salahnya dulu anda cuma sekedar kuliah. Seharusnya kuliah sambil kumpulin skill untuk persiapan kerja. Nah kan bener, kalau asal kuliah, ngejar ijazah, ngejar gelar emang bawaannya gitu. Skill nol dan teori pun hampir tidak ada yang nyangkut.

Tapi ga ada gunanya nengok ke belakang. Belajar dari kesalahan dan perbaiki sebisa mungkin.

Sekarang tujuan Anda apa? Kalau ingin kerja di bidang IT mau ga mau harus bisa pemrograman. Ambil satu bahasa yang ingin benar-benar bisa Anda kuasai. Ingat satu dulu. Satu aja kalau mau fokus, Insya Allah rezeki mah akan datang dengan sendirinya.

Daripada belajar semua, bisa gak, jadi ahli gak, puyeng iya. Ini untuk semua bidang ya. Kalau kita fokus ke satu hal, justru malah akan lebih cepat nyerap ilmunya, tau celah-celahnya, dan lama-lama akan menjadi ahli.

Untuk sukses kan gak perlu menguasai banyak hal. Cukup kuasai satu saja dan paraktekkkan!

Mungkin untuk sementara Anda bisa cari kerja ‘asal-asalan’ dulu sambil belajar lagi pemrograman. Ada perusahaan yang butuh tenaga IT sekedar untuk setting jaringan dan maintenance. Untuk lulusan IT relatif gampang itu.

Kerja kira-kira setahun atau apa. Setelah sekiranya skill dan pengalaman cukup baru cari lagi kerja yang sesuai minat kamu.

Batu loncatan lah istilahnya. Bekerja yang ada dulu sambil mikir apa ya yang kira-kira sesuia dengan ilmu pas kuliah dan tentu saja anda suka dengan bidang itu.

Atau mau pindah ke haluan?

Dari seorang IT ke Financial Planner misalnya?

What? Emang bisa? Ya bisa aja lah, hidup kan fleksible, kalau kita tidak menyukai bidang yang kita pelajari kenapa tidak pindah haluan saja?

Ada lho seorang Teknik Pertambangan ITB terus pindah haluan ke Financial Planner, justru malah di Financial Plannernya malah sukses, karena ternyata dunia itu adalah benar-benar dunianya.

Ada seorang lulusan IT yang sekarang menjadi Pakar Saham. Justru di saham dia malah sukses besar. Ya itu tadi terkadang untuk menemukan dunia yang benar-benar kita sukai, kita harus nyemplung ke dunia aneh yang terasa asing bagi kita.

So, coba tanya diri sendiri? Sebenarnya pengen apa sih? Mau kemana?

Apalagi sekarang, jaman internet makin booming. Nyari uang gampang banget.

error: Heloo gak bisa di copas keles hehe
%d blogger menyukai ini: