Balap Mobil Pertama

PADA 28 November 1895, Frank Duryea memenangi lomba balap mobil pertama di AS. Lomba yang disponsori Chicago Times-Herald itu menempuh jarak sekitar 87 kilometer dari Jackson Park, Chicago ke Evanston Illionis, dan balik lagi ke Chicago.

Lomba tersebut termasuk nekat karena dilakukan di tengah cuaca dingin dan badai salju. Tercatat, dua peserta mengalami koma akibat terpaan udara dingin. Banyak yang terjebak dalam salju , tergelincir, atau bertabrakan dengan kendaraan lain. Mengendarai mobil nomor 5, Duryea menyelesaikan balapan dalam tempo 10 jam 23 menit, dengan kecepatan rata-rata 8 kilometer per jam. Dengan kemenangan tersebut, Duryea memperoleh hadiah 2.000 Dollar AS.

Lomba balap mobil pertamana di dunia dilangsungkan di Perancis,yaitu dari Paris Ke Rouen. Menjadi peragaan kemampuan mesin bensin buatan Damlier, balapan tersebut merupakan publisitas yang meningkatkan pamor “kereta tanpa kuda” di mata masyarakat. Balap mobil di AS juga memiliki peran serupa, dan melanjutkan kemenangannya, Duryea memproduksi 30 kendaraan serupa dengan yang ia kendarai dan melanjutkannya.

Sumber: Kompas