Berapa Gelas Kopi Dalam Sehari yang Boleh Diminum?

Berapa gelas kopi sih yang boleh kita minum dalam sehari? Berapa cangkir? Berapa ember? #eh.

Mimin yang syantik ini akan coba menghadirkan artikel buat anda pecinta kopi. Artikel hasil buruan sana-sini. Artikel kopi sederhana. Sesederhana bikin kopi dan menikmatinya.

Kopi kerap dianggap sebagai biang kerok beberapa penyakit. Seperti jantung, stroke, dan hipertensi. Padahal, kopi tidak memiliki efek samping demikian. Kecuali anda sehari minum kopi satu ember. Wah kalau ini mungkin bisa langsung mati šŸ˜€ . Mati kekenyangan kopi.

Meski masih perlu penelitian lebih lanjut, kopi malah dapat mengurangi resiko kematian akibat penyakit jantung dan stroke.

Intinya adalah: semua yang diciptakan Allah di dunia ini, selama itu aman bagi kesehatan dan tidak berlebihan, maka itu tidak apa-apa. Silahkan makan dan minum. Nikmati itu.

Resiko diabetes mellitus juga lebih rendah pada penikmat kopi. Penelitian di Australia menunjukkan, setiap tambahan satu cangkir kopi perhari dapat mengurangi resiko diabetes sebesar tujuh persen.

Timbulnya anggapan buruk tentang kopi biasanya berkaitan dengan kebiasaan tidak sehat lainnya. Seperti merokok, minum alcohol,Ā  kurang tidur, kurang olahraga, dan pola makan yang berantakan.

Nah ini, anda gak ngopi sehari segelas misalnya, Ā tapi peminum alkohol. Minumnya ngebut lagi. Ya kalau ada apa-apa dengan tubuh anda, yang anda salahkan adalah alkoholnya bukan kopinya. Betul?

Ah sial nih gara-gara minum kopi badan aye sempoyongan, padahal aslinya yang bikin badannya kayak gitu kan minuman kerasnya. Bukan kopinya.

Anda minum kopi, terus semalaman gak bisa tidur. Terus paginya gak semangat. Yang salah siapa? Kopi atau kurang tidurnya?

Gak tidurnya kenapa dulu? Apa karena emang kopinya apa karena emang sengaja begadang, nonton bola misalnya, atau nongkrong.

Kalau misal minum secangkir kopi benar-benar membuat anda tidak bisa tidur, ya sudah besok-besok jangan diulangi minum kopi.

Bukan berarti kopinya tidak baik. Karena emang pengaruh kopi itu bersifat individual. Saya sendiri habis minum kopi, kalau ngantuk ya tidur. Prinsip habis ngopi susah tidur gak berlaku bagi saya hehe.

Lantas, bolehkah minum kopi? Jika boleh, berapa cangkir kopi yang diperbolehkan setiap harinya?

Seorang pakar dari Havard University, dr Rab Van Dam, mengatakanā€ Bila Anda mengkonsumsi sejumlah kopi dan mengalami efek samping kafein seperti dada berdebar, gangguan tidur, dan stress, artinya anda telah minum kopi secara berlebihanā€.

Dari beberapa penelitan, minum sampai enam cangkir kopI setiap hari tidak ada pengaruhnya dengan kematian atau masalah kesehatan lainnya. Namun, satu cangkir yang dimaksud disini adalah kopi hitam yang mengandung kefein 100 miligram

Kalau anda menikmati secangkir kopi besar di sebuah kafe, kandungan kafeinnya dapat mencapai 330 miligram. Kopi hitam yang sering dikonsumsi di rumah, saya kira mengandung kafein kurang dari 100 miligram per cangkir.

Perlu diingat, efek samping kafein bersifat individual. Saya (dr Rab Van Dam) selalu minum kopi di pagi hari karena secangkir kopi bisa menimbulkan gangguan tidur. Nah ini, berbeda dengan saya minum kopi mah kagak ngaruh ke gangguan tidur hehe

Selain kafein, kandungan kalori penyebab obesitas di kopi juga harus diperhatikan. Di restoran cepat saji, secangkir kopiĀ  bisa mengandung 500 kalori . Jika kebutuhan kalori sekitar 2.000 kalori perhari, maka 25 persennya sudah dipenuhi dari kopi saja.

Jadi, enam cangkir sehari dengan kandungan kafein kurang dari 100 miligram percangkir dan kandungan kalori yang tidak tinggi dianggap aman dan sehat . Namun, bila secangkir kopi sudah memberikan efek samping sebaiknya hindari minum kopi.

Bijaklah dalam segala hal. Kalau segelas kopi bisa membuat pusing, ya hentikan minum kopi. Ganti pakai air putih saja.

Masa segelas kopi saja bikin pusing? Ada kok, teman saya begitu. Tapi dasar orang indonesia suka gratisan, meski bikin pusing, kalau dikasih kopi gratis ya tetep aja di minum.

Sekali lagi efek kopi bersifat individual. Gak bisa dipukul rata. Tapi kata dokter dan suster, lebih baik banyakin minum air putih. Terutama Air putih hangat.

Hapi Ngopi gan!

Silahkan Berpendapat Gaes..