Hal Sederhana yang Mudah dilakukan Saat Hamil

santai hamilEnggg…Inggg…Engggg
BERSANTAI
mengurangi stres apapun dalam kehidupan Tante dan mengusahakan waktu untuk bersantai merupakan hal yang baik bila Tante Ingin hamil. Sempatkan dan carilah waktu setiap hari untuk berolahraga. Istirahat di depan TV tidak akan berarti santai bila pikiran Tante dipenuhi hal-hal yang mengkhawatirkan sepanjang hari. Bila Tante selalu dipenuhi pikiran ruwet, tariklah nafas dalam-dalam dalam sepuluh menit sehari dan lakukan latihan relaksasi. Dengan cara ini Tante menjadi tenang dan akan merasa lebih segar serta kuat kembali.
Lanjutkan membaca →

Kondisi Sehat Waktu Hamil

kondisi sehat saat hamilenggg…inggg…enggg.

Seorang ibu yang sudah hamil dan merencanakan untuk hamil, sebaiknya tidak menderita penyakit. Lha iya lah siapa juge yang mau sakit..hehe calem atuh tante.

Untuk itu sebaiknya pindah hidup dalam lingkungan yang sehat serta jauh sebelumnya melakukan tindakan pencegahan. Misalnya dengan imunisasi, tetanus, cmpak, cacar, tipus dan disentri, yaitu penyakit-penyakit yang biasanya banyak mewabah di negara berkembang.

Selain mencegah terhadap penyakit epidemi, sebaiknya perhatikan pula pengaruh zat-zat kimia serta radiasi di sekitar Tante yang dapat mempengaruhi kesehatan tante dan bayi tante.

Tempat kerja juga mempengaruhi janin. Terutama jika tante menggunakan bekerja dengan menggunakan bahan-bahan kimia, atau mesin yang mengeluarkan radiasi walaupun berkadar rendah. Suatu laporan Asosiasi Kimia di Inggris padatahun 1984 mengungkapkan adanya kaitan antara beberapa bahan kimia tertentu dengan cacat bawaan bayi dan ibu yang bekerja dengan bahan tersebut.

Mengingat resiko sangat besar, sebelum hamil sebaiknya tante pindah kerja atau pindah ke bagian yang lebih aman. Hal yang samajuga berlaku bagi suami tante, karena sperma suami dapat rusak kalau berdekatan dengan bahan kimia atau radiasi yang berbahaya.

Hindari Bahan KIMIA
Timah, terutama timah hitam merupakan salah satu bahan berbahaya. Timah biasanyaa terdapat dalam air yang disalurka lewat pipa besi. Timah yang terkandung dalam pipa besi akan bercampur dengan air yang tante konsumsi. Timah pun dapat berasal dari asap knalpot kendaraan bermotor, asap rokok, bencla cetakan(majalah, koran, tabloid dasn sebagainya) serta beberapa jenis cat. Timah dapay menyebabkan cacar bawaan bahkan mungkin kematian bayi dalam kandungan.

Untuk menghindari pengaruh buruk terhadap kesehatan, usahakan mengindari jalan yang macet. Kalau tante bermaksud memperbaharui cart rumah, pilihlah jenis cat yang bebas dari timah. Begitu pula dengan pipa air dirumah. Cobalah periksa sekali lagi, karena ruah yang sudah berusia puluhan tahun biasanya masih menggunakan pipa air dari yang terbuat dari besi.

Kalau keuangan keluarga tante cukup, lebih baik mengganti pipa air tersebut dengan pipa plastik(paralon). Atau kalau tante tidak mau direpotkan dengan masalah air, tante dapat menggunakan air mineral yang banyak dijual di pasaran.

Makan dan Minum Sehat
Ada juga suatu cara yang mudah dan murah untuk menghindari timah dalam air minum tante. Kalau tante membuka kran air, jangan langsung tante tampung airnya untuk dimasak, namun biarkan terbuang beberapa waktu kemudian barulah ditampung. AIR untuk keperluan sehari hari harus dimasak sampai mendidih, karena dikota kota besar seperti Jakarta, air tanah untuk komsumsi rumah tangga ternyata tidak baik diminum langsung tanpa dimasak terlebih dahulu.

Makanan yang kaya akan kalsium seperti susu, keju dan sayuran hijau serta zat besi yang terdapat dalam daging dan hasil laut dapat membantu meyerap timah dan mengurangi kadar logam beracun ini sampai pada tingkat yang dapat diterima oleh tubuh tante.

Hindari Alkohol
Alkohol merupakan suatu bahay lain bagi janin. Cairan ini kalau dikonsumsi terlalu banyak dapat mengakibatkan cacat bawaan yang dikenal dengan sindroma alkohol. Karena belum diketahui tingkat alkohol yang aman, lebih baik hindari penggunaan alkohol, terutama pada minggu-minggu pertama kehamilan. Minuman yang mengandung alkohol dapat mengakibatkan bayi tante lahi dengan berat badan rendah serta tingkat perkembangan yang rendah pula. Kebayakan bayi yang lahir dengan sindroma alkohol, anggota tubuhnya tidak sempurna, begitu jua persendian dan wajahnya.

Hindari Merokok
Bahaya merokok telah banyak diulas di media masa, karen itu hendaknya hindari merokok jauh jauh hari sebelum usia kehamilan. Bahan kimia racun lewat rokok masuk ke dalam paru-paru dan ikut peredaran darah yang akan diteruskan kepada bayi melalui ari-ari. Bahaya yang ditimbulkan cukup fatal, yaitu masuknya ari-ari sehingga mengganggu arus makanan dan oksigen yang sangat dibutuhkan bayi. Merokok juga dapat menyebabkan tante mengalami keguguran, atau melahirkan bayi lebih cepat dari waktunya, sehingga berat bayi yang lahir pun rendah.

Sehat dan Cantik Saat Hamil

Engg…Inggg…Enggg

hamil sehatKalau ingin sehat selama hamil, seharusnya memang kite mempersiapkan diri sejak dini ye. Caranya: ya berobat kalau sakit, rutin berolahraga untuk menjaga kebugaran, makan makanan bergizi, serta mengubah kebiasaan yang buruk bagi kesehatan (tidur terlaru larut malam, tinggalkan munuman berakohol dan rokok, jarang bergerak,). Terus gimana kalau sudah terlanjur hamil, sedangkan kita belum menyiapkan diri, jangan khawatir. Hilangkan istilah terlambat, mulailah dengan tidak ada istilah terlambat untuk memulai sesuatu. Kita dapet mulai sekarang, meskipun yang paling ideal adalah menyiapkan diri kurang lebih 6 bulan sebelum usia kehamilan. Hal ini dikarenakan minggu-minggu pertama usia kehamilan, janin yang tumbuh dalam rahim kita dalam keadaan paling peka. Pada saat ini anggota-anggota tubuh utamanya, seperti jantung, mata, tulang belakang, otak, kaki, serta tangan sedang terbentuk.

Cara hidup yang sehat bukan hanya berlaku untuk diri sendiri, tetapi juga untuk suami. Untuk mendaptkan anak yang sehat, selali sel telur kudu sehat, sel sperma pun sebaiknya sama sehatnya. Hal ini dapat tercapai, bila kebiasaan buruk seperti merokok, minum minuman berakohol, berada di lingkungan berpolusi,dan pola makanan yang buruk segerra dihindari. Semakin sehat dan kuat pasangan, semakin besar pula kesempatan kita untuk mengalami kehamilan yang menyenangkan, melahirkan dengan mudah serta memiliki bayi yang sehat dan normal.>> cc untuk para suami seluruh dunia

Jangan lupa untuk tidak meninggalkan sholat lima waktu bagi yang muslim. Lho emang ade hubungannya ye? Ya ada, kalau kita dekat dengan Allah Yang Maha Kuasa, Insya Allah perasaan kita akan tenang, nyaman dan damai. Kan itu yang paling penting. Kondisi Internal sang ibu juga mesti sehat, bahagia dan sebisa mungkin terbeabas dari tekanan tekanan hidup. Apakah tidak boleh berpikir? Ya boleh lah, berpikir untuk hal hal yang positif, berpikir menuntut ilmu itu malah dianjurkan, dan ini akan berpengaruh ke kondisi bayi yang ada di rahim. Secara halusnya, kita mengajak sang jabang bayi untuk berpikir dan merangsang saraf-saraf otaknya.

Ajak juga sang jabang bayi untuk mendengarkan dan membaca murathal Al-Quran. Pernah dengarkan kalau mendengarkan musik klasik saat hamil, akan membuat bayi jenius. Lha logikanya, lebih klasik mana antara Al-quran dan musik-musik klasik itu. Apalagi Al-Quran adalah sumbernya yang Maha Kuasa, Maha segala-segalanya. Al-Qur’an dijamin keasliannya sama akhir zaman. Percaya atau tidak setiap hari jutaan orang membaca Al-Qur’an dengan berbagai dialek. Jelaslah sudah, Allah yang menciptakan bayi, tentu Allah akan memberikan berkah terhadap sang ibu dan jabang bayi yang selalu dibacakan Al-Qur’an.

Utamakan Allah, maka semuanya akan mudah. Cukuplah Allah bagimu,,,

INSOMNIA

insomniaPenyakit sulit tidur, mau tidur aja sulit 😛 kasihan,,,Tapi jangan salah penyakit ini banyak menyerang umat lintas agama, ras, suku, agama, negara hehe.

Insomnia berdasarkan buku yang aye baca ni diakibatkan oleh bermacam-macam sebab seperti nyeri karena rematik, encok, kesleo, migrain, batuk pilek, sesak nafas karena asma, bronchitis, gangguan emosi, ketegangan, maupun cemas.

Untuk mengatasi faktor penyebab, yang perlu diperhatikan adalah; waktu istirahat dan tidur yang cukup dan teratur. Ketika tubuh dan kepala merasa lelah. Usahakan istirahat dan jangan memaksakan diri dengan merokok, minum kopi atau obat perangsang.

Biasakan makan sore sebelum matahari tenggelam/habis maghrib, karena malam hari adalah waktu istirahat bagi pencernaan. Bila malam hari terasa lapar makanlah buah-buahan, dan dianjurkan minum air putih 1atau 2 gelas menjelang tidur.

Aturan waktu tidur yang cukup, tentukan jam-jamnya dan hindari minum kopi dan alkohol pada malam hari karena dapat menimbulkan sulit tidur atau mengganggu pola tidur.

Agar mudah tidur pada malam hari, usahakan siangnya banyak gerak,bekerja fisik, sehingga tubuh menjadi lelah dan cepat tidur.

Jangan membiasakan minum obat tidur, meskipun dengan dosis kecil/sedikit. KARENA akan memacu untuk minum yang lebih banyak lagi atau kecanduan. Obat tidur lama lama akan berpengaruh ke kesehatan tubuh seperti: pernafasan, tekanan darah rendah, perut mual, kepala menjadi berat, kecanduan obat, bayi cacat tangan dan kaki, nyeri kepala, mulut kering, pikiran kacau, melantur, sukar jalan, dan mual gelisah.

Sejarah Singkat Internet

internetPada tahun 1963, RAND Coorporation membangun suatu jaringan yang menghubungkan semua tempat strategis di Amerika Serikat dengan UCLA sebagai pusat jaringannya. Pada tahun 1964 dikeluarkan proposal RAND yang intinya membentuk jaringan yang sifatnya tidak terpusat pada satu tempat dan tetap berfungsisekalipun dalam keadaan hancur. Proposal ini diilhami oleh munculnya NET di awal tahun 1960-an.

Pada tahun 1969 empat buah IMP (interface Message Processor) dikirimkan ke 4 perguruan tinggi yaitu, UCLA, SRI (standart research Institute), UCSB (University of California Santa Barbara) dan University of Utah. Jaringan ini kemudian disebut ARPANET yang kemudian hari hari berkembang menjadi internet seperti sekarang. Sampai saat ini belum ada istilah/definisi yang cocok untuk mendefinisikan internet, alasannya adalah perbedaan makna antara dahulu, sekarang dan masa yang akan datang. Hal ini disebabkan kekomplekan yang ada pada internet serta perubahan yang terjadi setiap saat pada arsitekturnya serta cara pandang orang yang memiliki berbagai

persepsi mengenai internet.

Secara umum internet merupakan suatu jaringan komputer yang terdiri dari berbagai macam ukuran jaringan komputer diseluruh dunia mulai dari sebuah PC, jaringanjaringan lokal skala kecil, jaringan-jaringan skala menengah hingga jaringan-jaringan utama yang menjadi backbound internet.

Macam-Macam Blog

Berdasarkan Penulisnya, Blog dibedakan menjadi:

1. Blog Personal
Blog ini dikelola oleh perorangan atau pribadi. Biasanya berisikan hal-hal yang meanrik perhatian si mpunya blog dan kemudiandikomentari oleh pembaca blog tersebut yang biasanya teman dekat si blogger.

2. Blog Cooperate
Blog ini dibuat dengan tujuan bisnis. Biasanya dilakukan oleh perusahan-perusahaan tertentu dengan tujuan membentuk brand, komunikasi dengan pelanggan, atau kegiatan PR (Public Realitation)

Berdasarkan media yang digunakan, Blog dibedakan menjadi:

1. Blog yang terdiri atas kumpulan video, disebut vlog
2. Blog yang terdiri atas kumpulan link, disebut linkblog
3. Blog yang terdiri atas kumpulan foto, disebut photolog
4. Blog dengan artikel yang lebih pendek dan menggunakan media campuran, diaebut tumbleblog

Berdasarkan topik yang dibahasdi dalam blog, blog dibedakan atas:

1. Blog Politik
2. Blog Ekonomi
3. Blog Fashion
4. Blog Pendidikan
5. Blog Spam atau spamblog

Trik dan Tips Terbebas dari Hutang

Caranya gampang kok, asal mau praktek:::
Mengembangkan perencanaan Manajemen Hutang

Bila Anda pada posisi di mana pengeluaran bulanan yang diperlukan tidak dapat dipenuhi dengan pendapatan regular bulanan, langkah yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengembangkan perencanaan menajemen utang. Langkah ini dapat membantu Anda keluar dari lilitan utang yang memberatkan dan tetap menjalani kehidupan keuangan keluarga dengan cukup walau dengan keterbatasan. Langkah-langkah di bawah ini tidak akan memperbaiki keuangan Anda dalam semalam, Anda
harus melakukan dengan regular dan kesabaran.

Untuk mengembangkan perencanaan menajemen utang, ikuti langkah-langkah berikut ini:
1. Cari tau dengan siapa Anda beutang dan berapa jumlah terutang
2. Tentukan berapa nilai yang bisa Anda sisihkan untuk pembayaran
3. Buat perencanaan untuk menyelesaikan masalah utang ini

1. Cari tau dengan siapa Anda beutang dan berapa jumlah terutang
Langkah pertama dan terpenting adalah dengan mencari tau dengan siapa Anda berutang dan berapa saldo utang yang masih sisa. Ada beberapa hal yang sebaiknya Anda cantumkan dari daftar ini seperti:

„X Nama kreditur, alamat dan nomor telpon.
„X Kolateral bila ada
„X Saldo akhir utang
„X Jumlah pembayaran yang masih tersisa
„X Besarnya cicilan bulanan yang harus dibayar
„X Tanggal jatuh tempo
„X Jumlah dan tanggal pembayaran terakhir

2. Tentukan Berapa Nilai yang Bisa Anda Sisihkan untuk Pembayaran

Nah, sekarang Anda memiliki data berkaitan dengan utang-utang Anda. Selanjutnya, adalah mencari dana untuk membayar cicilan utang yang semakin membengkak. Langkah yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat catatan pengeluaran setiap bulannya dan cari lubang di mana Anda dapat mengurangi pengeluaran Anda untuk menambah jumlah cicilan yang dibutuhkan.
Langkah lain yang bisa Anda lakukan adalah menjual aset yang Anda miliki. Hal ini tentunya bila utang Anda sudah sangat tinggi dan Anda sangat kesulitan untuk dapat membayar cicilan walau hanya sebatas minimumnya saja.

Langkah lain yang bisa dilakukan adalah menambah pendapatan bulanan, misalkan dengan bekerja paruh
waktu akan lebih sering mengambil lembur. Tapi yang perlu disadari adalah, langkah ini hanyalah
sementara. Keluar dari masalah utang yang melilit kencang membutuhkan tekad dan kesabaran.

3. Buat perencanaan untuk menyelesaikan masalah utang ini

Setelah melakukan kedua langkah di atas, tentunya saat ini Anda sudah memiliki gambaran yang lebih jelas mengenai kondisi utang Anda, berapa besar yang harus dibayarkan setiap bulannya dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melunasi semua utang yang masih tersisa. Langkah selanjutnya adalah menentukan berapa besar cicilan untuk setiap kreditur dan berapa lama waktu yang diperlukan. Usahakan waktu tersebut tidak melampaui masa tiga (3) tahun.

Perencanan pembayaran cicilan dapat dilakukan dengan beberapa pola pembayaran, misalkan Anda mengalokasikan dana dalam jumlah yang sama bagi setiap kreditur. Atau Anda dapat menggunakan pola di mana pembayaran terbesar dilakukan pada utang dengan bunga yang terbesar dan jumlah yang terbesar. Di bawah ini adalah contoh pola pembayaran yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan utang yang masih tersisa. Contoh berikut berdasarkan evaluasi mengeluaran, Anda memiliki kapasitas untuk mencicil sebebsar Rp1.500.000 setiap bulannya.

Saran kami, alokasikan dana lebih besar untuk utang dengan bunga yang paling tinggi. Urutannya adalah
jumlah bunga yang tertinggi dibayarkan lebih besar selanjutnya sampai yang terkecil.

Contoh berikut merupakan alokasi di mana pembayaran terbesar dialokasikan kepada utang dengan bunga
tertinggi.
Utang kartu kredit A: Saldo utang=Rp5.600.000 — Bunga=2.90% — Cicilan minimum=Rp280.000 — Yang
dibayarkan=Rp350.000
Utang kartu kredit B: Saldo utang=Rp4.900.000 — Bunga=3.25% — Cicilan minimum=Rp245.000 — Yang
dibayarkan=Rp425.000
Utang kartu kredit C: Saldo utang=Rp8.000.000 — Bunga=1.89% — Cicilan minimum=Rp484.500 — Yang
dibayarkan=Rp375.000
Utang kartu kredit D: Saldo utang=Rp9.000.000 — Bunga=1.69% — Cicilan minimum=Rp902.100 — Yang
dibayarkan=Rp350.000
Total =Rp1.500.000 Utang kartu kredit A: Saldo utang=Rp5.600.000 — Bunga=2.90% — Cicilan
minimum=Rp280.000 — Yang dibayarkan=Rp350.000

Sangat penting bagi Anda untuk membayar semua utang yang Anda miliki. Dalam kondisi di mana Anda Anda tidak mencukupi untuk membayar cicilan minimum maka Anda alokasikan menurut prioritas Anda.

Saran kami, bayar utang dengan bunga terbesar bayarkan yang paling banyak, seperti contoh kedua.

* M. Ichsan adalah seorang perencana keuangan dari Primaplanner.
Tambahan, dan ini yang paling penting, perbanyaklah sedekah agar hutang ANda cepat kelar. Begitu banyak manfaat sedekah,diantaranya: sedekah menghindari dari sifat kikir, sedekah menghindari dari Bala, dibalas dengan 10x lipat

AHLUL BAIT bag 3

” Hendaklah kalian mencintai Allah karena Dia memelihara
kalian dengan ni’mat-ni’matNya. Dan cintailah aku de-
mi cintamu kepada Allah. Dan cintailah akhli rumahku
demi cintamu kepadaku. ”
(H.R. At Tirmidzi, Al Hakim dari ibnu Abbas)

Cinta kepada ahlul bait bukanlah kepada ahlul bait itu sendiri sebagai pribadi yang lepas dari karakter aqidah dien ini. Dia adalah cinta atas sebuah konsekuensi, cinta yang muncul sebagai akibat syari’. Cinta yang berakar pada syahadah, menguat pada tha’at, dan bermuara pada amal. Cinta yang realistis, cinta yang sarat pembelaan, cinta yang muncul sebagai refleksi cinta kepada Allah dan RasulNya.

Maka cinta kepada ahlul bait adalah cinta yang selaras dan berharmoni dengan endapan rasa cinta mereka kepada Allah. Cinta kepada ahlul bait adalah salah satu dari sekian bukti cinta kepada Rasulullah, dan seorang Muslim yang telah berikrar untuk beruswah kepada Rasulullah mestilah mengadakan pembuktian cinta. Bila tidak maka kata cintanya hanyalah kehampaan, absurd dan tanpa makna.

Dalam garis ini maka setiap bukti cinta tak pernah akan memunculkan kontradiksi. Karena cinta adalah harmoni, tak ada cinta yang berlebih dan mubadzir. Bahkan bagi seorang Muslim urutan cinta adalah suatu kejelasan; Allah, RasulNya, dan orang-orang yang beriman. Ahlul bait adalah orang-orang yang beriman, yang merupakan kerabat Rasulullah SAW. Cinta dalam aqidah dien ini tak akan pernah bertentangan, karena garis syari’ hanya satu, cinta kepada Allah. Dan semuanya diturunkan dari rasa cinta ini.

Maka mestinya rasa cinta kepada ahlul bait tak akan pernah melebihi rasa cinta kepada Rasulullah SAW, dan rasa cinta kepada Muhammad bin abdullah tak akan pernah melebihi rasa cinta kepada Allah SWT, Rabb, Khalik dan Malik manusia. Juga rasa cinta kepada ahlul bait itu tidak akan pernah berkontradiksi dengan rasa cinta kepada kaum beriman. Karena wala (loyalitas) kaum beriman hanyalah kepada Allah, RasulNya dan orang-orang beriman. Dan juga karena hakekat cinta itu sendiri yang berpilar tauhid.

Inilah cinta umat Muhammad SAW, cinta kepada ahlul bait Rasulnya, karena rasa cinta kepadanya. Dan mereka cinta kepada Muhammad SAW, karena cinta mereka sangat dan sangat bersangatan kepada Tuhan-nya.

Hasbunallah wa ni’mal wakiil.

Wassalam,
abu zahra

Baca Juga:
AHLUL BAIT
AHLUL BAIT bag 2

AHLUL BAIT bag 2

” Hendaklah kalian mencintai Allah karena Dia memelihara
kalian dengan ni’mat-ni’matNya. Dan cintailah aku de-
mi cintamu kepada Allah. Dan cintailah akhli rumahku
demi cintamu kepadaku. ”
(H.R. At Tirmidzi, Al Hakim dari ibnu Abbas)

Ketika Hijrah, Rasulullah berjalan bersama Abu Bakar r.a, berdua dalam pengejaran pembunuh bayaran kaum Quraish. Allah menyelamatkan keduanya di gua Tsur. Ketika malam tiba, Abu Bakar merobek pakaiannya untuk alas tidur Rasulullah. Maka Rasulullah tertidur dengan pulas dalam pangkuan abu bakar. Meski terasa pe- gal tak digerakkan juga badannya, khawatir mengganggu tidur Rasulullah. Sampai kala jengking menyengat kakinya. Sengatannya demikian perih dan mengucurkan darah segar pada kaki Abu Bakar, namun tak juga digerakan badannya, sampai akhirnya Abu Bakar yang kokoh, tegar, dan gagah mengucurkan air mata karena perihnya luka.

Rasulullah terbangun karena hangat air mata Abu Bakar menetes dan membasahi badan beliau. Terkejutlah beliau manakala melihat kaki yang terluka disengat kala jengking. Dengan izin Allah akhirnya luka itu sembuh setelah diobati Rasulullah.

Seorang yang beriman sejak memproklamirkan bahwa tiada ilah (‘yang dicintai’) selain Allah dan Muhammad itu utusan Allah, maka rasa cinta kepada Allah mengambil bentuk awal berupa rasa cinta kepada Rasulullah. Mahabbaturrasul (cinta kepada rasul) ini berujud “sami’na wa atha’ana” (dengar dan taat) pada perintah rasul, berendah hati, mendahulukan, melindungi, dan kasih-sayang kepada beliau. dan mencintai ahlul baitnya.

Generasi terbaik ummat ini mencontohkan betapa mahabbaturrasul bukan hanya terbatas pada salam dan salawat, namun juga mem-bentengi Rasulullah dari mara bahaya dalam banyak peperangan, tampil membela islam dari hinaan orang-orang yang suka menghina serta celaan dari orang-orang yang suka mencela. Bagi mereka mencintai Rasul bukan lagi sebuah perintah, tapi sesuatu yang memang telah ada di dalam dada mereka, dalam merah darah mereka, dalam setiap kebersamaan mereka bersama Rasulullah dan mengikuti petunjuk-petunjuknya. Bagi mereka rasa cinta kepada Rasulullah adalah hal yang otomatis setelah mereka mengakui islam dan membaiatnya. Dan ini mewujud dalam pembuktian baik ketika periode
Makkah maupun Madinah.

Mahabbaturrasul muncul dari keikhlasan dan ketulusan syar’i, rasa-sayang yang Allah tumbuhkan, yang tak dapat ditumbuhkan manusia meski dibelanjakan seluruh kekayaan yang meliputi dunia. Rasa sayang yang melebihi rasa sayang terhadap bapak-bapak, anak-anak, saudara-saudara, istri-istri, kaum keluarga, harta kekayaan yang diusahakan, perniagaan yang dikhawatiri kerugiannya, rumah-rumah yang disukai. Bahkan rasa sayang yang melebihi rasa sayang
kepada diri sendiri.

Al Mahabbah, cinta yang seperti itu pun dipinta orang yang dicintai untuk kita berikan kepada kecintaannya, ahlul bait. Orang yang mencinta akan menuruti keinginan orang yang dicintai.
Inilah bukti cinta. Karena cinta tidak cukup dengan dan hanya dengan kata-kata.

Hasbunallah wa ni’mal wakiil.

Tulisan Terkait:AHLUL BAIT

Wassalam,
abu zahra