Cara Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga Menurut Islam.

Cara di sini sangat sederhana, sesederhana Rumah Makan Padang, onde mandeeeeeeeeeeeee. Sederhana pula dalam penyampaian. Iya lah, buat apa banyak-banyak ngetik kalau gak di praktekin. Mending simple, jelas, dan padat terus langsung eksyen.

Tulisan ini juga boleh buat yang masih jomblo. Jomblo gak haram kok membicarakan rumah tangga, ya itung-itung menambah wawasan dan pengetahuan. Atau boleh sik dishare ke yang udeh berumah tangga. Oke mbloh? Ngopi dulu yuk mblo #eh.

Oh ya yang jomblo silahkan baca Cara Mendapatkan Jodoh dengan Cepat Secara Islami 😀

Meski ada embel-embel islamnya, mimin tidak akan posting hadits-hadits Nabi, maupun mengambil dari ayat-ayat Al-Qur’an. Tapiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii semua yang ada di sini Insya Allah, islami semua. Anda tinggal praktek, dan kalian (cie kalian…) tidak akan kena dosa jika mengamalkan ilmu sederhana ini. Justru malah dapat pahala.

Kok bisa? Ya bisalah, kalau keluarga harmonis, otomatis roda kehidupan keluarga akan berputar sangat nyaman. Ini ngefek ke segala bidang kehidupan rumah tangga. Kalau pelakunya aja udah harmonis, rukun, guyub, gemah ripah loh jinawi, maka suasana rumah tangga akan penuh berkah. Lha kalau suami istri rukun, penuh kasih sayang, penuh cintah, kannnnnnnnn semakin jauh dari potensi perceraian.

Ingat ya, perceraian dalam islam memang boleh, tapi ini adalah perkara yang sangat di bensi oleh Allah.

Sahabat Ibarat tanaman, tali pernikahan pun memerlukan pupuk sebagai penyubur hubungan. Mengarungi pernikahan bertahun-tahun tak berarti bebas dari permasalahan dan kejemuan.

Selalu ada kerikil yang membuat langkah Anda dan pasangan terhadang sesekali waktu. Namun, permasalah an yang hadir tak berarti menjadi batu sandungan bagi hubungan Anda. Justru masalah yang hadir bisa menjadi penguji kelanggengan hubungan ke depannya.

Tidak sedikit sahabat-sahabat kita yang lain memiliki masalah rumah tangga yang berakhir kepada perceraian, tentu kita tidak menginginkan hal tersebut terjadi pada kehidupan keluarga kita, mudah-mudahan Allah menjauhkan dari kita. Aamiin.

Nah, sahabat mungkin beberapa tips ini bisa dicoba agar pernikahan kita tetap langgeng sampai akhir hayat:

Saling Menghargai, Carilah hal-hal menarik, menyenangkan dan menggembirakan Anda berdua. Kemudian lakukanlah bersama-sama sesering mungkin untuk menjaga keharmonisan.

Pupuklah Kesabaran , Masalah kerap menerpa Anda dan pasangan. Jika hal tersebut melanda, berikan pasangan Anda waktu yang cukup untuk menggapai ketenangan dan membuatnya nyaman sementara waktu ketika dirinya sedang dilanda masalah

Memahami Satu Sama Lain , Pelajari bagaimana Anda dapat saling memahami satu sama lain, pahami betul tugas dan kewajiban masing-masing sehingga semua dapat berjalan dengan baik.

Selalu Ucapkan Terima Kasih, Belajarlah untuk mengungkapkan rasa syukur atas hal-hal terkecil yang Anda terima darinya. Utarakan rasa syukur secara singkat namun tulus dari hati terdalam. Ini bisa menjadi penghargaan tertinggi untuknya.

Katakan Cinta, Sesering mungkinlah anda mengatakan cinta pada pasanganya, baik suami kepada istri atau sebaliknya, meskipun keliatanya sederhana ternyata banyak pasangan yang masih sungkan mengatakan hal tersebut kepada pasanganya, padahal kata-kata cinta dapat menambah kemesraan dan keharmonisan rumah tangga.

Buang Jauh Perasaan Negatif, Perbedaan sikap dan pemikiran memang tak dapat terelakkan. Namun seiring dengan perjalanan waktu, perbedaan itulah yang justru memperkuat dan memperdalam cinta Anda. Upayakan untuk selalu mengomunikasikan perasaan Anda tanpa menjadi agresif atau defensif.

Ibadah Bareng, sahabat tips yang terakhir ini juga sangat membantu dalam membentuk keharmonisan rumah tangga, jika kita punya waktu sesekali ajak solat berjama’ah, dirumah bersama-sama, baca al-qur’an bareng dan berdoa bersama-sama, Insya Allah keberkahan akan hadir ditengah-tengah kehidupan rumah tangga.

Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Baca juga Pacaran Dalam Islam Boleh atau Tidak, Mengapa?