Cara Presentasi Yang Baik Di Depan Kelas

Panduan LENGKAP Membuat SLIDE PRESENTASI KEREN Master Presentasi
DOWNLOAD GRATIS BUKU PRESENTASI MEMUKAU di Presentasi.net

Presentasi Efektif
Presentasi Efektif
Haik cewek, eh salah, hai kak…
Akuh mau tanya dwonkk…pegimane sih Cara Presentasi Yang Baik Di Depan Kelas?
Mulai dari
1.pembukaan
2.Memberi kesempatan untuk yang mau bertanya
3.Terakhir penutupan

Udah nanya tante Google sih, tapi malah pusing pala sayah, soalnya terlalu serius ahaha.
Oke tenang kak, ini aye mau kasih tips nyang sederhana, simple, padat, berisi, apa adanya, keceh, tidak ada lika-liku. Lika-liku laki-laki, eh. Halah!

Saya dulu waktu SD ama SMP orangnya introvert. Introvert itu apa sih? Gampangnya begini Introvert itu orang yang suka menyendiri, bukan karena pemalu, tapi emang dia itu kalau menyendiri merasa enjoy dan menikmati hidup.

ATAU Introvert itu mudahnya seperti ini: orang yang lebih suka menghabiskan waktu sendiri bersama buku dibandingkan jalan-jalan dengan teman.
Eh, lha terus apa hubungannya sama presentasi dul? Tenang aja dulu sik, buru-buru mau kemana kali… πŸ˜€

Orang introvert itu susah bicara di depan umum, boro-boro bicara, lha wong pas kumpul aja jarang ngomong…
Tapi saya doyan makan buku, jadi banyak bahan buat mengungkapkan rasa dalam hati ini #haishhhh. Di sisi lain saya punya bakat humoris, jadi ya dengan sedikit keberanian, tarik nafas dalam-dalam, maju dengan tenang, ya akhirnya setiap aye bicara di depan kelas, selalu sukses.
Serius ente? Ya serius,. Belakangan aye tau banyak banget orang introvert yang menjadi public speaker, trainer, MC.

== Baiklah langsung saja ye, ntar malah ngelantur kemane-mane. Gua mah gitu orangnya, kalau sudah ngetik, bisa loh sehari-semalem gak berhenti ngetik==

1. Perkenalan..
MisaL : salam ( bisa assalamualaikum / Selamat Pagi / Hai /)

Boleh pakai HAI?? Ya Boleh lah, ini kan konteksnya di depan kelas, nggak formaL. Biasanya Bapak/Ibu Guru nyuruh maju itu hanya ingin tau kita itu berani nggak bicara di depan kelas.
Jangan terlalu formal kayak pidato-pidato presiden yak, bisa stress ntar.

Setelah salam, terus…
Oke teman-teman salam kenal, eh tapi gak usah kenalan ding yah, kita udah saling kenal, lagian saya yakin teman-teman belum pada pikun, jadi masih mengenal saya.
(gaya mengucapkannya senatural mungkin kak, jangan terlalu tegang. Ntar malah dikira sombong, soalnya ngatain temannya pikun :D)

Nama saya adalah bla bla bla. Saya juga kurang tau kenapa nama saya seperti ini, tapi saya mah tetep bangga ama nama pemberian orang tua. Saya kan orannya bersyukur terhadapa pemberian orang tua, bangsa dan negara…. dan seterusnya..bikin kata-kata yang sedikit kocak kak, biar gak terlalu tegang dan sama ama yang lain.

Yakin deh pasti teman-temannya kalau presentasi terlalu kaku, tegang, dan ya gitu-gitu aja, sesuai pemberian guru, ndak kreatif iu namanya xixi.

2. Setelah salam, perkenalan, terus dari group apa, mewakili mana. Nah, terus presentasi kak. Ya gaya presentasi tiap orang tentu beda-beda. Intinya semakin kakak memahami apa yang dipresentasikan, semakin jayalah presentasi kakak. Makanye ye banyak baca-baca buku, biar pinter hehe

3. Mempersilahkan Teman yang Ingin Menaggapi, bertanya, dan lain lain ..
MisaL : itulah presentasi saya, jika ada dari teman-teman yang ingin bertanya saya persilahkan..
(jika waktu tidak pnjang , batasai kuota yg bertanya)

4. Salam penutup..
Misal : mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya saya mohon maaf..
salam.

Jika ada kurangnya, yah maklum ajalah namanya juga mansia tidak ada yang sempurna. Kalau ingin presentasi yang sempurna, suruh aja malaikat untuk presentasi.

Jika ada lebihnya, ya tolonglah dikembalika. Tidak baik mengambil hak orang lain. Hehe
Gimana dul? Ada gambaran nggak? Kalau masih belum paham, datang geh ke rumah aye bawa teh, gula, ama kopi. Mao ngapain emang? Ya kita ngeteh atau ngopi bareng-bareng gitu…

Atau kalau presentasinya berkelompok, cara ini bisa dicoba

1) pembukaan
Assalamualaikum wr.wb. selamat pagi semuanya kami dari kelompok……akan membawakan sebuah presentasi yg bertajuk/berjudul….

2) Pembukaan: kami dari kelompok 3 akan mempresentasikan tugas dari mata pelajaran Bahasa Indonesia, yaitu tentang “Peranan Media Massa Terhadap Perkembangan Anak”

Sebelumnya saya perkenalkan rekan-rekan saya dari kelompok 3, disebelah saya ada Si A, B, C, D, E, dan saya sendiri sebagai ketuas sekaligus moderator dalam presentasi ini.

Okee langsung saja teman-teman, berhubung waktu yang disediakan terbatas, untuk presentasi pertama akan dibawakan oleh sodara A, waktu dan tempat saya persilahkan..

Dan seterusnya kak, tergantung presentasinya banyak apa nggak. Masa iya, aye suruh ngetik semua, pegel tau πŸ˜€

3) Sesi pertanyaan
Oke untuk yang mau bertanya kami persilahkan, diharap untuk berdiri dan sebutkan dari group apa dan nama.

4) Penutup
Sekian presentasi dari kelompok kami. kurang lebihnya kami mohon maaf. Kesempurnaan hanya milik Tuhan semata kekurangan hanya milik kami. (halah punya kekurangan aja sombong bingits :D). wassalamualaikum wr.wb.

Atau bisa konsep umum seperti ini:
1. Pembukaan (salam dan perkenalan)

2. Pemberian Presentasi
2a. Menjelaskan kata pengantar
2b. Menjabarkan isi dari tugas kita
2c. Memberikan kesimpulan dari tugas yang kita buat dengan kata-kata :
” maka…..”sebelum sampai ke kesimpulan jangan memberi tahu hasil dari presentasi yang anda lakukan.

3. Memberikan sesi tanya jawab secara berkala. Tig orang penanya pertama lalu dijawab dan sesi pertanyaan selanjutnya.

4. Jangan menganggap diri kita pintar karena kita bisa terjebak dengan situasi yang kita buat.

OPEN MINDED ya.

Bubuhi sedikit humor disela-sela materi anda sehingga peserta dapat menikmati presentasi anda (tidak harus)
Selamat Mencoba dan tetap Confidence.

Bagaimana kak? Silahkan diresapi.
Panduan LENGKAP Membuat SLIDE PRESENTASI KEREN Master Presentasi
DOWNLOAD GRATIS BUKU PRESENTASI MEMUKAU di Presentasi.net

16 Comments

    1. Alhamdulillah kalau menghibur, sebenarnya itu pengalaman pribadi saya juga #eh

      Kata guru saya dulu, kalau presentasi itu sebenarnya hanya melatih siswa untuk PD dan Berani improvisasi di depan kelas.

      Karena banyak siswa yang pinter pinter, tapi pada susah kalau bicara di depan kelas, entah kenapa hehe..

      Kalau dari sekolah jam terbang udah tinggi, percaya deh akan bermanfaat di dunia kerja maupun bangku kuliah

      1. lihat2 situasinya kak, kalau presentasi formal banget ya jangan seperti itu bahasanya hhe.

        ini bagi anak2 SMP atau SMA, karena kuncinya adalah berani tampil dan apa yang disampaikan “kena di hati pemirsah” πŸ˜€
        Gk apa2 pakai sedikit humor, daripada terlalu serius jadinya entar malah tegang. hihi

%d blogger menyukai ini: