Contoh dan Penegertian Takdir Muallaq dan Takdir Mubram

contoh-dan-pengertian-takdir-muallaq-dan-takdir-mubramContoh dan Pengertian Takdir Muallaq

Takdir Muallaq yaitu takdir yang diikatkan dengan sesuatu yang lain.

Takdir muallaq ialah qadha dan qadar yang bergantung pada ikhtiar dan usaha seseorang mengikut kemampuan yang ada pada manusia.

Dalam menghadapi takdir ini manusia berdoa, wajib berikhtiar atau berusaha sesuai dengan kemampuan demi merubah keadaan yang lebih baik.

Tentu sahaja soal berhasil atau tidak usahanya bergantung pada pertolongan ALLAH SWT.

Manusia mempunyai akal sihat pasti punyai keinginan untuk memecahkan masaalah yang di hadapi. Sebagaimana yg dijelaskan oleh ALLAH SWT

Dalam firman-NYA :’Sesungguhnya ALLAH tidak akan merubah keaadan (nasib) sesuatu bangsa sehingga bangsa itu mahu merubah keaadaan (nasib) mereka sendiri’ (Ar-Rad : 11 )

Contoh seorang siswa bercita-cita ingin menjadi insinyur pertanian. Untuk mencapai cita-citanya itu ia belajar dengan tekun. Akhirnya apa yang ia cita-citakan menjadi kenyataan. Ia menjadi insinyur pertanian.

Beberapa contoh takdir muโ€™allaq antara lain adalah kekayaan, kepandaian, dan kesehatan.

Untuk menjadi pandai, kaya, atau sehat, seseorang tidak boleh hanya duduk berpangku tangan menunggu datangnya takdir tapi ia harus berusaha.

Untuk menjadi pandai kita harus belajar; untuk menjadi kaya kita harus bekerja keras dan hidup hemat; dan untuk menjadi sehat kita harus menjaga kebersihan.

Tidak mungkin kita menjadi pandai kalau kita malas belajar atau suka membolos.

Demikian juga kalau kita ingin kaya, tetapi malas bekerja dan suka hidup boros; atau kita ingin sehat, tetapi kita tidak menjaga kebersihan lingkungan, maka apa yang kita inginkan itu tak mungkin terwujud.

Orang yang meyakini takdir Allah SWT, tidak boleh pasrah begitu saja kepada nasib karena Allah SWT memberikan akal yang bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Allah SWT juga memberikan tubuh dalam bentuk sebaik-baiknya untuk digunakan sarana berusaha.

Masih belum paham juga? Jewer nihโ€ฆ.

Saya kasih contoh lagi yaโ€ฆโ€ฆ.biar tambah pinter hehe.

>> Dinda berhasil menjadi dokter, karena belajar keras dan berdoa, sehingga masuk Kuliah kedokteran. Nah pas kuliah, Si Dinda ini tetap belajar keras dan berdoa, akhirnya menjadi dokter sesuai dengan cita-citanya.

Dinda gak mungkin jadi dokter kalau dia belajar malas-malasan. Karena jadi dokter itu berat, biar Dinda aja ๐Ÿ˜€

>> Diana gemuk, dengan olahraga teratur, makan teratur, dan diet akhirnya berat badan Diana turun dan sekarang langsing. Atau katakanlah minum herbal langsing.

Lha kalau Diana, gak mau olahraga, makan mulu, gak mau diet, gak mau minum herbal, gimana mau berat badab turun? Nangkap kan?

>> Minah wajahnya jerawatan, akhirnya Minah merwat wajah dengan cara menjaga kebersiha, membeli obat jerawat, menghindari makanan penyebab jerawat, dan sebagainya, akhirnya wajah Minah gk jerawatan lagi.

Contoh takdir Muallaq di atas bisa dikembangkan sebanyak mungkin. Intinya adalah takdir yang bisa kita ubah dengan belajar, kerja, berusaha, berdoa dll.

 

Contoh dan Pengertian Takdir Mubram

Takdir Mubram yaitu takdir Allah yang tidak dapat diubah, tidak dapat memilih serta tidak memiliki kemampuan untuk mengubahnya.

Takdir Mubram ini terdapat pada sunnatullah yang ada di alam raya ini. Salah satu contohnya adalah perjalanan matahari, bulan dan planet-planet lainnya sesuai dengan ketentuan yang telah digariskan Allah.

Takdir mubram ialah qadha dan qadar yang tidak dapat dielakkan, ianya pasti terjadi pada diri manusia sedangkan manusia tidak mempunyai kesempatan atau tidak ada iktiar untuk memilihnya .

Anda gak akan bisa mengubah siang dan malam, meski udah belajar sampai kepala ngebul.

Oleh karena itu, sunnatullah tersebut juga terbagi dua yaitu hukum-hukum kemasyarakatan dan hukum alam.

Dalam AL-quran surat al- Fushilat ayat 11 dinyatakan bahwa sekali-kali tidak akan pernah terjadi perubahan pada sunnatullah.

Contoh: ada orang yang dilahirkan dengan mata sipit atau dilahirkan dengan kulit hitam sedangkan ibu dan bapaknya kulit putih dan sebagainya.

Contoh lagi ya, biar tambah pinterโ€ฆ..

1) Waktu ajal seseorang tiba.

2) Usia seseorang

3) Jenis kelamin seseorang

4) Warna darah yang merah

5) Tidak bisa memilih lahir dari orang tua kaya raya

6) Kita gak bisa memilih lahir di mana, gak bisa milih lahir di Rumah Sakit Singapura

5) Bumi mengelilingi matahari

6) Bulan mengelilingi bumi

Cara Membersihkan Hati dan Pikiran yang Kotor

Bismillahir-Rahmanir-Rahim …..

Saya akan menuliskan suatu kisah tentang hati dan pikiran yang kotor.

Begini kisahnya:

Saya pergi ke sebuah Klinik untuk check up kesehatan rohani.

Pertama kali datang saya diukur tensi darahnya, ternyata saya memiliki
“kelembutan hati yang rendah”.
Lanjutkan membaca →

Prinsip Prinsip Aqidah Syahadat Tauhid

Ada tiga prinsip aqidah syahadat tauhid (prinsip syahadatain)

a. Pernyataan Laa ilaha illallah merupakan penerimaan penghambaan atau ibadah kepada Allah saja. Melaksanakan minhajillah (way of life yang ditetapkan Allah) merupakan ibadah kepada-Nya.

Tiada Tuhan selain Allah. Hanya ada satu sesembahan yang sangat amat layak disembah yaitu hanya Allah. Tuhan belum tentu Allah, tapi kalau Allah udah pasti Tuhan.

b. Menyebut Muhammad Rasulullah merupakan dasar penerimaan cara penghambaan itu dari Muhammad saw. Dan Rasulullah adalah tauladan dalam mengikuti Manhaj Allah.
Lanjutkan membaca →

Hikmah Mengucap Laailaahaillallah Bibir Tidak Bergerak.

Hikmah Mengucap Laailaahaillallah Bibir Tidak Bergerak.

 

ุฃูŽุชูŽู€ู€ุฏู’ุฑููˆู’ู†ูŽ ู„ููู…ูŽุงุฐูŽุง ูƒูŽู„ูู…ูŽุฉ ( ู„ุงูŽ ุฅูู„ูŽู‡ูŽ ุฅูู„ุงูŽู‘ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ) ู„ุงูŽ ุชูŽู€ุชูŽุญูŽู€ุฑูŽู‘ูƒู ูููŠู’ู€ู€ู‡ูŽุง ุงู„ุดูŽู€ู€ููŽุงุฉุŸ
A-tadruuna limaadzaa kalimah (Laa ilaaha illa-Allah) laa tataharroku fiihaa asy-syafaah?

Tahukah Anda, mengapa (ketika mengucap) kata “Laa ilaaha illa-Allah”, bibir tidak bergerak?

ู‡ูŽุฐูู‡ู ุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู…ูุณู’ู„ู… : ู„ูŽูˆู’ ุฃูŽุชูŽุงู‡ู ุงู„ู…ูŽูˆู’ุชู ุชูŽูƒูู€ู€ูˆู’ู†ู ุณูŽู‡ู’ู„ูŽุฉู‹ ุนูŽู„ูŠู’ู€ู‡ู ุจูุฐูƒู’ู€ุฑูู‡ูŽุง ุจูุชูŽุญู’ุฑููŠู’ูƒู ุนูŽุถู’ู„ูŽุฉ ูˆูŽุงุญุฏูŽุฉ ูˆูŽู‡ููŠูŽ ุงู„ู„ูู‘ุณูŽุงู†
Haadzihi rohmatu-llaah ‘alaa al-muslim: law ataa-hu al-maut takuunu sahlatan ‘alaiHi bi-dzikri-Haa bi-tahriiki ‘adl-latin waahidatin wa Hiya al-lisaan.

Ini adalah rahmat Allah bagi kaum muslim: jika kematian datang kepadanya, akan menjadi mudah baginya untuk mengucapkannya, dengan hanya menggerakkan satu otot yaitu lidah.

โ™กยฐโ“ยฐโ“•ยฐโ“œยฐโ™ก

Lanjutkan membaca →

Menangis Dalam Pandangan Islam dan Menurut Para Ulama.

Kami akan postkan Menangis Dalam Pandangan Islam dan Menurut Para Ulama. Sumbernya dari perkataan para ulama ulama masyur dalam peradaban Islam.

Seorang santri datang melapor ke kantor sambil tersedu-sedan. Tatkala ditanya mengapa, sambil menggosok-gosok mata, anak culun itu berkata:

“Rindu keluarga …”

Seorang anak balita duduk meraung ditepi jalan sambil menerjang-nerjangkan kakinya, sementara sang ibu bersahaja tercegat berdiri, menunggu dihadapanya. Tatkala ibu tersebut ditanya mengapa, dengan santai dia menjawab:

“Minta beliin bon-bon, saya nggak beliin langsung ngambek ..”
Lanjutkan membaca →

Cara Menghitung Matematika Sedekah.

Cara Menghitung Matematika Sedekah menurut Islam. Karena menurut islam maka sekilas gak masuk akal di mata manusia. Manusia kan makhluk logika, apa-apa harus masuk logika. Sedangkan kalau gak masuk logika maka dianggap bulshit.

Gak percaya? Sholat dhuha 12 rakaat maka Allah akan membangunkan Istana di surga baginya. Berhubung manusia makhluk yang susah percaya ama yang ghaib, maka jarang banget umat islam yang melakukan sholat dhuha 12 rakaat.

Jangankan 12 rakaat, dua rakaat aja pada berat. Begitu juga dengan sedekah, jika sedekah satu maka Allah akan kasih 10. Banyak manusia yang gak percaya, makanya jarang yang mau sedekah.

Talk talk tentang sedekah, berikut ini sumber dari ceramah Ust Yusuf Mansur.
Lanjutkan membaca →

Tahap-Tahap Menuju Pernikahan Dalam Islam.

Islam telah memberikan konsep yang jelas dan lengkap tentang cara pernikahan yang berlandaskan al Qur’an dan as Sunnah yang shohih dengan pemahaman para salafush sholih, sehingga kita tidak membutuhkan segala aturan dan adat istiadat serta kemubadziran dalam pelaksanaan pernikahan, diantara tata cara yang Islami tersebut adalah :

Sebelumnya anda harus punya calon dulu ya, dan ingat calon ini bukan proses dari patjaran, tapi dari proses taaruf.

Baca juga Cara Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga Menurut Islam.

  1. Khitbah (peminangan).

Seorang muslim yang ingin menikahi seorang muslimah, hendaklah dia meminang terlebih dahulu karena dimungkinkan wanita tersebut sudah dipinang orang lain.
Lanjutkan membaca →

Kisah Nyata Keajaiban Sedekah Sembuh Dari Sakit Keras

Kisah ini bener-bener nyata, meski terlihat sepele. Masa Cuma ngasih makan kuicing aja, sakit keras anak selama bertahun-tahun langsung sembuh?

Ya Allah mah Maha Kuasa, Kalau Allah sudah berkehendak, apa sih yang tidak bisa terjadi. Kebanyakan dari kita adalah : meragukan, ndak yakin dengan jalan Allah. Kita lebih mengejar cara-cara dunia dibanding dengan caranya Allah.

Syaikh โ€˜Abdul Hadi Badlah, Imam Masjid Jamiโ€™ur Ridhwan di Halab Syiria, pernah bercerita, โ€œDi awal pernikahanku, Allah telah menganugerahkan kepadaku anak yang pertama. Kami sangat bergembira dengan anugerah ini.

Akan tetapi, Allah Azza wa Jalla berkehendak menimpakan penyakit yang keras kepada anakku. Pengobatan seakan tak berdaya untuk menyembuhkannya, keadaan sang anak semakin memburuk, dan keadaan kami pun menjadi buruk karena sangat bersedih memikirkan keadaan buah hati kami dan cahaya mata kami. Kalian tentu tahu, apakah artinya anak bagi kedua orang tuanya, terutama ia adalah anak yang pertama!!
Lanjutkan membaca →

Makna dan Pengertian Al-Hayyu dalam Asmaโ€™ul Husna

Di antara Al-Asmaโ€™ul Husna adalah ๏ฎจ (Al-Hayyu), Yang Maha Hidup. Nama Allah Al-Hayyu ini telah disebutkan dalam beberapa ayat di antaranya:

โ€œAllah, tidak ada Ilah (yang berhak disembah) melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur.

Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya.

Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya.

Kursi Allah meliputi langit dan bumi.

Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.โ€

(Al-Baqarah: 255)
Lanjutkan membaca →