Category Archives: Islam

Cara Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan Kepada Allah SWT

Tumbuhkan keyakinan dalam hati, bahwa Tidak ada Tuhan Selain Allah. Terus perbanyak sholat dan dzikir kepada Allah, Insya Allah kita akan terhindar dari gangguan syetan yang menyesatkan.

Keimanan itu bisa bertambah dan bisa berkurang. Akan bertambah jika kita mengerjakan ketaqwaan (mengerjakan yng wajib, memperbanyak yang sunnah, mencukupkan yang mubah (seperlunya saja dan tidak berlebih-lebihan), menjauhi yang makruh dan meninggalkan yang haram)

Dan iman akan berkurang saat kita melakukan kemaksiatan (kebalikan dari ketaqwaan).

Iman yang ada dalam hati seorang Muslim tidak tetap dalam satu keadaan, selalu mengalami perubahan. Terkadang naik, terkadang turun. Fluktuasi iman ini sudah disebutkan oleh Rasulullah SAW dalam sabdanya, ”Iman itu kadang naik kadang turun, maka perbaharuilah iman kalian dengan la ilaha illallah.” (HR Ibn Hibban)

Rasulullah SAW tidak mengingkari keadaan iman yang demikian, oleh karena itu beliau mendorong dan memberi arahan kepada umatnya untuk selalu memperbaharui dan menjaga kondisi iman supaya jangan sampai turun drastis, yang pada akhirnya akan mengantarkan ke dalam jurang kehinaan.
Continue reading “Cara Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan Kepada Allah SWT” »

Alasan Nabi Muhammad Menikahi Janda

Apa sih motif Rasulullah menikah dengan para janda? Sebagai seorang Nabi yang terjaga dari dosa, pasti ada maksud dibalik itu.

Ketika orang-orang mendengar bawah baginda Nabi Muhammad SAW mempunyai banyak istri semasa hidupnya, banyaklah timbul suara-suara yang sumbang kearah Nabi Muhammad SAW yang kita cinta ini.

Padahal, kalau mereka mau menelaah lebih dalam untuk mengetahui apa rahasia dibalik perkawinan Nabi Muhammad SAW, niscaya mereka akan mengerti dan memaklumi adanya bahkan akan memuji kepintaran strategi dari Nabi besar Muhammad SAW, yaitu:

– POLITIK DAN MOTIVASI SOSIAL –

Perkawinan pertamanya dengan Khadijah dilakukan ketika dia berumur 25 tahun dan Khadijah berumur 40 tahun.

Selama hampir 25 tahuh, Nabi SAW hanya beristrikan Khadijah, sampai Khadijah meninggal dunia diumur 65 tahun (semoga Allah mmberkahinya)

Hanya setelah Nabi SAW berumur lebih dari 50 tahun, barulah nabi SAW mulai menikah lagi.
Continue reading “Alasan Nabi Muhammad Menikahi Janda” »

Manfaat Dzikir Bagi Manusia Menurut Ibnu Al-Qayyim

Setiap orang ingin mendapat kebaikan dan dijauhkan dari kemudharatan. Namun tidak semua orang sadar dan mau bersungguh-sungguh dalam mencapai keinginan tersebut.

Allah SWT telah banyak menjelaskan kunci-kunci kebaikan tersebut dalam wahyunya maupun lewat kekasihNya baginda Rasul SAW.

Kunci kebaikan itu adalah dzikir kepada Allah (dzikrullah).

Dzikir atau mengucapkan kata-kata pujian yang mengingat kebesaran Allah SWT, adalah amalan istimewa Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya.

Dzikir merupakan media yang membuat kehidupan Nabi dan para sahabat benar-benar hidup.

Ibnu al-Qoyyim Rahimahullah mengatakan bahwa dzikir memiliki tujuh puluh tiga manfaat yaitu:
Continue reading “Manfaat Dzikir Bagi Manusia Menurut Ibnu Al-Qayyim” »

Keutamaan Orang Miskin Dalam Islam

Artikel ini bukan berarti mengajarkan anda untuk hidup miskin. Artikel ini menjelaskan Hadits tentang fakir miskin dan orang miskin yang bagaimana yang patut dikasihani/dicintai.

Muslim yang kuat lebih baik dibanding muslim yang lemah. Salah satunya kuat dalam bidang ekonomi.

Kalau kita bisa kuta kuat dalam bidang ekonomi. Selain tidak merepotkan orang lain, kita juga bisa banyak beramal dengan dengan harta yang kita miliki.

Sedekah, membangun masjid, membangun pondok pesantren, pergi umrah, dan masih banyak lagi yang bisa kita lakukan kalau kita kuat secara ekonomi.

Sekali lagi artikel ini tidak mendorong anda untuk hidup miskin.

Ada Do’a yang diajarkan oleh Nabi kita Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam yang isinya:

Allahumma inni as-aluka fi’lal khoiroot wa tarkal munkaroot wa hubbal masaakiin … (Ya Allah, aku memohon kepada-Mu untuk mudah melakukan kebaikan dan meninggalkan kemungkaran serta aku memohon pada-Mu sifat mencintai orang miskin).
Continue reading “Keutamaan Orang Miskin Dalam Islam” »

Istighfar adalah Solusi, Obat, dan Sedekah

Istighfar adalah solusi

“Barangsiapa yang memperbanyak istighfar, niscaya Allah akan melapangkan setiap kesusahannya, memberi jalan keluar pada setiap kesukarannya, dan memberinya rezeki tanpa diduga-duga.”

(HR. Abu Dawud dan Nasa’i)

Tuh dengerin, melapangkan segala kesusahan kan berarti solusi dari masalah yang kita hadapi.

Allah juga memberi jalan keluar dari setiap kesukaran, ini kan solusi juga toh. Solusi dari sang Penguasa Alam Semesta.

Allah memberi rezeki yang tak terdua-duga ini juga merupakan solusi bagi kita yang lagi butuh kerjaan, lagi gak ada makana, lagi kena musibah.

Baca juga Manfaat dan Keutamaan Istighfar

Istighfar adalah Obat
Continue reading “Istighfar adalah Solusi, Obat, dan Sedekah” »

Bagaimana Cara Melakukan Dzikir

Berdzikir itu gak selalu di masjid, habis sholat. Kebanyakan dari kita mikirnya adalah: dzikir itu habis sholat doang.

Padahal aktivitas dzikir bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Sambil mengendari motor bisa kok dzikir, daripada mata lirak-lirik kesana kemari. Hehe

Sambil belajar atau kerja bisa dzikir istighfar. Dzikirnya gak pakai suara juga, cukup dalam hati.

Di macet-macetan daripada bete, bosen, marah-marah, kan lebih baik dzikir. Dengan mengingat Allah hati akan tenang. Dapat pahala iya, hati tenang iya.

Dzikirnya dzikir seperti apa? Ya apa saja, yang penting bacaan mengingat Allah. Sholawat juga boleh.

Kalau lagi stres atau bawaannya marah-marah mulu, coba aja dirutinkan dzikir, istighfar ke, sholawat kek, Takbir, tahmid, atau yang lainnya.

Insya Allah hati akan tenang, pikiran tenang, hati melayang, banyak uang #eh

Kalau kata ust Yusuf Mansur:
Continue reading “Bagaimana Cara Melakukan Dzikir” »

25 Manfaat dan Keutamaan Istighfar

Istighfar mempunyai banyak manfaat dan keutamaan. Hadits Nabi pun banyak yang membahas tentang manfaat istighfar.

Dijaman yang serba tidak menentu ini ada baiknya kita menjadikan Istighfar sebagai salah satu amalan kita, untuk lebih membuat kita semangat melakukannya berikut uraian manfaat dari ber Istighfar.

  1. MENGGEMBIRAKAN ALLAH

Rasulullah bersabda, “Sungguh, Allah lebih gembira dengan taubat hamba-Nya daripada kegembiraan salah seorang dari kalian yang menemukan ontanya yang hilang di padang pasir.” (HR.Bukhari dan Muslim).

  1. DICINTAI ALLAH

Allah berfirman, “Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan mencintai orang-orang yang mensucikan diri.” (QS.al-Baqarah: 222).

Rasulullah bersabda, “Orang yang bertaubat adalah kekasih Allah. Orang yang bertaubat atas dosanya, bagaikan orang yang tidak berdosa.”(HR.Ibnu Majah).

  1. DOSA-DOSANYA DIAMPUNI

Rasulullah bersabda, “Allah telah berkata,’Wahai hamba-hamba-Ku, setiap kalian pasti berdosa kecuali yang Aku jaga. Maka beristighfarlah kalian kepada-Ku, niscaya kalian Aku ampuni. Dan barangsiapa yang meyakini bahwa Aku punya kemampuan untuk mengamouni dosa-dosanya, maka Aku akan mengampuninya dan Aku tidak peduli (beberapa banyak dosanya).”(HR.Ibnu Majah, Tirmidzi).

Imam Qatadah berkata,”Al-Qur’an telah menunjukkan penyakit dan obat kalian. Adapun penyakit kalian adalah dosa, dan obat kalian adalah istighfar.” (Kitab Ihya’Ulumiddin: 1/410).
Continue reading “25 Manfaat dan Keutamaan Istighfar” »

Sabar dan Tawakal Menunggu Jodoh Menurut Islam

Sabar menunggu jodoh bukan berarti tidak mau berusaha. Bukan berarti di kamar mulu nunggu ada yang melamar.

Sabar juga bukan berarti selalu menolak calon yang ada. Ah, kalau Jodoh di tangan Tuhan, ngapain capek-capek ta’aruf sama si A si B

Sabar juga bukan berarti tidak mau memperbaiki diri. Baik dari segi spiritual maupun fisik.

Mentang mentang sabar terus tidak mau berdoa, sholat bolong-bolong, gak mau sedekah, gak mau hadir di majelis ilmu.

Mentang-mentang sabar terus tampilan acak-acakan, jorok, kemproh, gak mau tampil rapi. Ah, kalau udah jodoh mah mau terima apa adanya keles. Gak perlu berlebihan.

Baca juga Terapi Mendapatkan Jodoh
Continue reading “Sabar dan Tawakal Menunggu Jodoh Menurut Islam” »

Cara Mendapatkan Jodoh dengan Cepat Secara Islami

Mimin akan postingkan tips sederhana mendapatkan jodoh secara islami. Tentu setiap orang berbeda kondisi dan situasi ketika membaca postingan ini.

Nanti juga ada doa agar segera dapat jodoh. Intinya adalah: Karena ini secara islami, maka yang perlu diperhatikan adalah Jaga sholat lima waktu. Menurut saya percuma dikasih tip dan trik segambreng, kalau sholat aja ditinggal atau bolong-bolong.

Lebih mantep lagi kalau ditambahin sholat dhuha dan tahajud. Tahajud mungkin berat, oke lah. Kalau tahajud lewat, dhuhanya jangan sampai lewat.

Sholat dhuha adalah sholat rezeki. Lha jodoh kan rezeki, rezeki yang tak ternilai.

Udah gitu, anda punya gaji? Sedekah tuh. SEDEKAH yang terbaik. Bukankah pengen dapat jodoh yang baik? Ya udah sedekah rutinkan, kalau saya menyarankan minimal 10% dari gaji.

SEDEKAH jangan Cuma dua ribu perak setiap hari jumat. Lha pengen mancing ikan paus kok umpannya Cuma pakai belalang. Kan gitu logikanya.

Emang boleh sedekah ngarep? Dhuha ngarep? Sedekah dan dhuhanya sih lillahi ta’ala. Tetapi boleh kok habis sholat dhuha terus doa minta sama Allah, curhat sama Allah, ngarep sama Allah untuk mendapatkan jodoh yang baik.
Continue reading “Cara Mendapatkan Jodoh dengan Cepat Secara Islami” »

« Older Entries Recent Entries »