Contoh Mahar Pernikahan yang Unik Dalam Islam

Contoh Mahar Pernikahan yang Unik Dalam Islam Bicara dikit tentang syarat-syarat mahar atau kalau dalam budaya indonesia menyebutnya mas kawin

Harta atau bendanya berharga

Barangnya suci dan bisa diambil manfaat.

Mahar bukan barang ghasab
>>Ghasab artinya mengambil barang milik orang lain tanpa seizinnya, namun tidak bermaksud untuk memilikinya karena untuk mengembalikannya kelak

Mahar itu tidak boleh berupa sesuatu yang tidak diketahui bentuk, jenis dan sifatnya. 

sebaik baik wanita adalah yang meringankan mahar

sebagai cowok bukan berarti ngasih mahar semurah mungkin…

yes, calon istri ane minta mahar : apa saja

kalau calon istri minta mahar apa saja atau TERSERAH, bukan berarti calon suami ngasih mahar ala kadarnya.

“perbesar mahar, sederhanakan walimahan”

kalau walimahan ngabisin dana puluhan juta,
mahar sebisa mungkin jangan yang nilainya ratusan ribu.

hajatan ngabisin dana 20 juta
tapi maharnya hanya ratusan ribu
itu jomplang namanya….
gak balance itu..

dalam pernikahan mahar lebih penting daripada pesta.
masa iya maharnya secuil, biaya hajatannya warbiyasah megahnya

 

Mahar Seperangkat alat sholat?

kalau bisa mahar jangan seperangkat alat sholat.

why? karena udah pasti wanita muslimah mempunyai alat-alat solat di rumah.

kasihlah yang bernilai,

ingat syarat-syarat mahar di atas.
Bukan berarti alat sholat gak bernilai ya……

kalau bisa mah alat-alat sholat buat seserahan aja..

 

Terus apa donk mahar yang bagus dalam islam?

semua mahar bagus kok..

saya sarankan logam mulia atau emas, ini bagus buat mahar.

kok bagus?

karena itung-itung buat investasi sang istri,

semakin lama nilai emas/logam mulia nilainya semakin mahal.

anda simpan aja bertahun-tahun, Insya Allah nilainya akan semakin tinggi

dan gak mungkin logam mulia akan lecek, bau, kusam maupun dekil 

Bandingkan dengan alat sholat,
semakin lama gak semakin mahal nilainya, tapi malah semakin apek, kusam.

Coba mahar alat sholat itu anda simpan bertahun tahun, apakah nilainya semakin tinggi?

tentu tidak, yang ada malah kekecilan, warna berubah dll

kalau udah seperti itu, mahar seperangkat alat sholat mau dikasihkan ke orang lain?
tega kamu ngasih ke orang barang yang kamu anggap gak bernilai?

bukan berarti alat sholat gak penting ya…

alat sholat kalau bisa buat seserahan aja (kalau ada adat seserahan)
atau kalau gak ada adat seserahan, alat sholat bisa dibelikan kapan saja
hehe..

 

Bagi para calon suami:

Mahar itu sejatinya adalah harta terbaik yang dimiliki calon suami.

pikirkan mahar apa yang ada “harga dan nilai’ nya

INGAT: gak semua wanita berani minta mahar yang aneh-aneh,

dengan berbagai alasan:
>>takut dibilang matre
>>takut memberatkan calon suami
>>takut calon suami mundur gara-gara mendengar permintaan mahar 

Jadi sebagai calon suami yang bijak, hormatilah pihak calon istri dengan mahar yang sesuai dan “pantas”

Ketika pernikahan menghabiskan dana puluhan juta,
setelah acara selesai, maka:

>>tenda akan dibawa pulang sama yang punya
>>pelaminan yang megah akan dibawa pulang sama yang punya
>>hiburan ini itu, akan berakhir pada waktunya
>>catering tentu akan habis dan alat-alat catering akan di bawa pulang sama yang punya

 

lha terus yang tersisa apa?

yang tersisa adalah MAHAR. Ingat M-A-H-A-RRRRRRRRR

makanya kan sayang kalau hajatannya habis dana njut-njutan, terus yang tersisa hanya mahar seperangkat alat sholat yang nilainya hanya ratusan ribu.

Itupun masih meninggalkan hutang, hanya karena sebuah gengsi 

 

sembarangan kau? seperangkat alat sholat ane harganya puluhan juta taukkkkk! 

weitsssss dengan harga segitu, terus apakah semakin lama nilai seperangkat alat sholat akan semakin mahal?

coba tuh diemin seperangkat alat sholat yang harganya puluhan juta sampai bertahun tahun..

jangan dipakai, jangan disentuh…

apa yang terjadi? aku rasa udah pada tau jawabannya….

 

kan bisa dijual?

bisa sik, tapi siapa yang mau beli alat sholat seharga puluhan juta 
KALAUPUN ada yang beli, kenapa mesti beli “seken”, yang baru banyak di toko online

Kalau logam mulia? kemana jualnya pas butuh?
gampang, di internet banyak jual beli logam mulia..

Ingat ya logam mulia hanyalah salah satu contoh Mahar Pernikahan yang Unik Dalam Islam,

kenapa unik? ya karena masih jarang yang ngasih mahar logam mulia..

logam mulia itu : unik dan nilainya semakin lama semakin berharga

 

tambahan:

saya pernah dengar kata ustadz,

jika kelak suami butuh modal usaha,
dan istri merelakan maharnya buat modal usaha,

insya Allah usaha suami berkah berkah berkah
karena ada ketulusan sang istri di sana.

(merelakan di sini itu hutang ya, bukan minta 
karena bagaimanapun juga mahar itu udah punya istri hehe..

Hikmahnya apa?
karena hutang maka suami akan bekerja keras untuk menyelesaikan hutang-hutangnya 

share ini bisa dipakai, bisa tidak.

error: Heloo gak bisa di copas keles hehe
%d blogger menyukai ini: