Contoh Sampah Organik dan Anorganik di Lingkungan Sekolah

contoh-sampah-organik-dan-anorganikSampah organik adalah sampah yang bisa terurai dengan mudah oleh tanah.

Sedangkan sampah anorganik adalah kebalikannya, yaitu tidak bisa terurai oleh tanah, kalaupun bisa akan memakan waktu puluhan tahun bahkan ratusan tahun.

Contoh sampah organik

Yang namanya sampah pasti di mana-mana jenisnya hampir sama, di lingkungan sekolah, di rumah, di rumah sakit, jenisnya ya itu-itu saja.

Secara sederhana sampah organik itu berasal dari makhluk hidup. Baik manusia, hewan maupun dari tumbuhan.

Ingat ya tumbuhan itu termasuk makhluk hidup, meski dia gak bisa pindah tempat, tapi doi bisa tumbuh dan besar bahkan berbuah.

Jadi makhluk hidup itu bukan hanya manusia dan hewan. Tumbuhan juga bisa bernafas lho.

Kalau manusia hewan umumnya bernafas dengan menarik oksigen dan mengeluarkan karbondioksida, maka tumbuhan sebaliknya, menarik karbondioksida dan mengeluarkan oksigen.

Eh kok malah bahas pernafasan sih. Bedanya lagi kalau tumbuhan pingsan gak bisa dikasih nafas bantuan πŸ˜€

Sampah oraganik dibagi menjadi dua

Sampah organik basah

Maksudnya adalah sampah yang mempunyai kandungan air yang cukup tinggi. Bukan sampah basah karena kena air hujan ya..

Contohnya adalah kulit buah, sayuran, sisa nasi, kotoran hewan dan manusia, daun, rumput

Sampah organik kering

Maksudnya adalah sampah yang kandungan airnya kecil atau bahkan hampir zero.

Contohnya adalah ranting kering, daun kering, kertas, karton, kardus

Jadi begini sampah organik ini relatif ramah bagi tanah. Kotoran hewan bahkan bisa menjadi pupuk langsung, tanpa melalui proses pabrikasi.

Pabrikasi tau? itu lho suatu proses di pabrik, mengolah barang mentah menjadi barang setengah jadi / barang jadi.

Rumput/daun coba aja di kubur di sekitar tanaman, nanti rumput daun ini akan menjadi pupuk kompos. Bagus buat tanaman hidup.

 

Contoh sampah Anorganik

Contoh sampah dari sampah anorganik adalah potongan-potongan / pelat-pelat dari logam, berbagai jenis batu-batuan, pecahan-pecahan gelas, kaleng bekas, botol bekas, pipa pulpen, pulpen, ban, wadah nasi dari plastik, bungkus permen, bungkun chiki, bungkus deterjen, spidol, kabel, lampu dll

Sampah anorganik ini sangat sukar diurai oleh tanah. Gak ramah bagi tanah, penyakit πŸ˜€

Makanya kalau sampah model plastik (bungkus permen, botol aqua, dll), bahan-bahan karet, paling aman ya dibakar. Jangan dikubur.

Biasanya sampah anorganik berasal dari proses pabrik. Botol aqua, plastik, ban, itu hasil dari pabrik. Gak mungkin kan hewan mengeluarkan kotoran berupa bungkus permen?

Coba ban bekas atau botol air mineral dikubur, setahun kemudian tuh barang masih sama bentuknya, paling kotor doang. Beda sama daun atau rumput kering, dikubur setahun kemudian juga udah gak ada.

Bisa membedakan kan ya?

Barang-barang elektronik, pecahan kaca, pecahan beling gelas/piring itu masuknya anorganik. Gelas plastik, dispenser itu masuk anorganik.

Lagian sayang amat buangin dispenser, kasih saya aja hehe…….

Dengan contoh sampah organik dan anorganik di atas, semoga siswa bisa mengidentifikasi sampah di lingkungan sekolah.

 

Bimbingan belajar online berbasis video dengan materi dan tutor terbaik di bidangnya…..

cek di http://solehlutiana.com/Quipper-Video-Indonesia/

Dapatkan diskon 200ribu dengan KODE PROMO, silahkan wa ke 0895 3737 654 99 untuk mendapatkan KODE PROMO-nya