Hal Sederhana yang Mudah dilakukan Saat Hamil

santai hamilEnggg…Inggg…Engggg
BERSANTAI
mengurangi stres apapun dalam kehidupan Tante dan mengusahakan waktu untuk bersantai merupakan hal yang baik bila Tante Ingin hamil. Sempatkan dan carilah waktu setiap hari untuk berolahraga. Istirahat di depan TV tidak akan berarti santai bila pikiran Tante dipenuhi hal-hal yang mengkhawatirkan sepanjang hari. Bila Tante selalu dipenuhi pikiran ruwet, tariklah nafas dalam-dalam dalam sepuluh menit sehari dan lakukan latihan relaksasi. Dengan cara ini Tante menjadi tenang dan akan merasa lebih segar serta kuat kembali.

PERHATIKAN KESEHATAN
Kalau tubuh Tante sehat, hampir dapat dipastikan bayi yang Tante kandung pun sehat pula. Bila tante khawatir dengan kesehatan Tante, sebaiknya menjalani pemeriksaan yang lengkap (general check up). Yang paling penting ialah memastikan apakah Tante pernah menderita campak Jerman, cacar air serta herpes. Bila Tante menderita penyakit ini pada bulan pertama kehamilan, hal itu dapat menyebabkan bayi lahir tuli, buta atau jantungnya lemah. Imunisasi campak ini sebaiknya dilakukanpaling tidak tiga bulan sebelum Tante hamil.

Selain campak, sebaiknya Tante pun mendapat imunisasi tetanus. Banyak sekali terjadi bayi meninggal beberapa hari setelah dilahirkan, karena terkena tetanus. Imunisasi ini dapat Tante jalani satu bulan sebelum melahirkan, sehingga bayi yang lahir menjadi kebal