Hal yang Disukai Allah dari Hambanya.

Apa sih yang disukai Allah dari hambanya. Yang pasti bukan seorang hamba yang malas-malasan. Jangankah Allah, manusia pun tidak akan suka dengan sesama manusia yang pemalas.

Pimpinan atau leader di suatu perusahaan, tentu gak akan suka jika punya anak buah yang pemalas. Orang tua pun sebenarnya juga gak suka jika melihat anak-anaknya yang malas-malasan.

Kenapa sih orang bisa malas? Simple aja, karena gak mau lelah. Pengennya enak-enakan, nyantai kayak di pantai, slow kayak di pulau.

Padahal dibalik kelelahan yang positif terdapat hikmah yang luar biasa bagi manusia itu sendiri. Selain otot gak kaku juga akan membuat hidup lebih berenergi.

Lelah itu manusiawi, fitrahnya manusia. Jadi jangan dihindari. Hadapi selama lelah itu lelah yang bisa membawa kemaslahatan dunia akhirat.

Saya sendiri ngeblog begini juga sebenarnya lelah hehe. Makanya gak semua orang bisa punya blog, bisanya baca. Lha kalau baca kan tinggal baca doang, kagak nulis, kagak mikir 😀

Jika kita lelah dalam hal-hal di bawah ini, Insya Allah kita akan disukai oleh Allah dan Rosul-Nya. Lelah gak masalah, yang penting lelahnya lelah bener, bukan lelah kemaksiatan :

Baca juga Ciri-Ciri Hati Yang Beribadah Kepada Allah

  1. Lelah dalam Jihad (QS.9:111)

“Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. Mereka berperang pada jalan Allah; lalu mereka membunuh atau terbunuh. (Itu telah menjadi) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil dan Al Quran. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya (selain) daripada Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu, dan itulah kemenangan yang besar” (QS At Taubah : 111)

  1. Lelah dalam Dakwah (QS.41;33)

“Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: “Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang menyerah diri?” (QS.Fushshilat : 33)

  1. Lelah dalam Ibadah dan Amal Sholih (QS.29 : 69)

Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari) keridhaan Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.(QS. 29:69)

  1. Lelah dalam mengandung, melahirkan, menyusui (QS.31: 14)

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu- bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu” (QS.Lukman 14)

  1. Lelah dalam mencari NAFKAH (QS.62 : 10)

“Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung” (QS. JUmuah : 10)

  1. Lelah dalam mengurus keluarga (QS.66:6)

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan” (QS. At Tahrim : 6)

  1. Lelah dalam BELAJAR mencari ILMU (QS.3: 79)

“Tidak wajar bagi seseorang manusia yang Allah berikan kepadanya Al Kitab, hikmah dan kenabian, lalu dia berkata kepada manusia: “Hendaklah kamu menjadi penyembah-penyembahku bukan penyembah Allah.” Akan tetapi (dia berkata): “Hendaklah kamu menjadi orang-orang rabbani[208], karena kamu selalu mengajarkan Al Kitab dan disebabkan kamu tetap mempelajarinya.” (QS. Ali Imron : 79)

  1. Lelah dalam Susah, Miskin dan Sakit (QS.2 : 55)

“Dan (ingatlah), ketika kamu berkata: “Hai Musa, kami tidak akan beriman kepadamu sebelum kami melihat Allah dengan terang, karena itu kamu disambar halilintar, sedang kamu menyaksikannya”.(QS. Al Baqoroh : 55)

Nah coba renungi sekali lagi, apakah pengen menjadi hamba yang disukai Allah?

Semua diperlukan usaha yang sungguh-sungguh sehingga sangat melelahkan. Karena itu mari kita bersama-sama menikmati KELELAHAN yang penuh barokah ini.

error: Heloo gak bisa di copas keles hehe
%d blogger menyukai ini: