INSOMNIA

INSOMNIA

insomniaPenyakit sulit tidur, mau tidur aja sulit 😛 kasihan,,,Tapi jangan salah penyakit ini banyak menyerang umat lintas agama, ras, suku, agama, negara hehe.

Insomnia berdasarkan buku yang aye baca ni diakibatkan oleh bermacam-macam sebab seperti nyeri karena rematik, encok, kesleo, migrain, batuk pilek, sesak nafas karena asma, bronchitis, gangguan emosi, ketegangan, maupun cemas.

Untuk mengatasi faktor penyebab, yang perlu diperhatikan adalah; waktu istirahat dan tidur yang cukup dan teratur. Ketika tubuh dan kepala merasa lelah. Usahakan istirahat dan jangan memaksakan diri dengan merokok, minum kopi atau obat perangsang.

Biasakan makan sore sebelum matahari tenggelam/habis maghrib, karena malam hari adalah waktu istirahat bagi pencernaan. Bila malam hari terasa lapar makanlah buah-buahan, dan dianjurkan minum air putih 1atau 2 gelas menjelang tidur.

Aturan waktu tidur yang cukup, tentukan jam-jamnya dan hindari minum kopi dan alkohol pada malam hari karena dapat menimbulkan sulit tidur atau mengganggu pola tidur.

Agar mudah tidur pada malam hari, usahakan siangnya banyak gerak,bekerja fisik, sehingga tubuh menjadi lelah dan cepat tidur.

Jangan membiasakan minum obat tidur, meskipun dengan dosis kecil/sedikit. KARENA akan memacu untuk minum yang lebih banyak lagi atau kecanduan. Obat tidur lama lama akan berpengaruh ke kesehatan tubuh seperti: pernafasan, tekanan darah rendah, perut mual, kepala menjadi berat, kecanduan obat, bayi cacat tangan dan kaki, nyeri kepala, mulut kering, pikiran kacau, melantur, sukar jalan, dan mual gelisah.

error: Heloo gak bisa di copas keles hehe