Jeruk Nipis dan Buah Bit

Kecil Bnetuknya, Besar Manfaatnya

Kecil-kecil si cabe rawit. Inilah jargon yang sering didengar untuk sosok individu yang tidak bisa disepelekan. Namun, istilah ini juga bisa berlaku untuk buah ataupun sayuran yang berukuran mungil dengan manfaat yang beragam. Jika tidak percaya, berikut ini beberapa buah dan sayur yang berguna bagi tubuh.

Jeruk Nipis
Selain untuk mengurangi radang tenggorokan, jeruk nipis juga dapat membantu mengurangi rasa mual saat sedang melakukan perjalanan darat, laut bahkan udara. Caranya adalah mencampurkan sari buah nipis ke dalam air deingin dan tambahkan dengan gula pasir. Minumlah perlahan hingga perut terasa nyaman. Minuman ini bisa diminum sebelum atau selama dalam perjalanan.

Manfaat yang kedua adalah dapat menjaga kesehatan mulut, terutama untuk menyegarkan pernafasan. Caranya sangat gampang. Sari jeruk nipis dicampurkan dengan madu dan racikan tersebut diminum 1-2 sendok setiap hari. Hasil yang didapat akan maksimal jika teman-teman juga tetap rajin menggosok gigi. Alhasil, teman-teman tidak perlu lagi mengeluarkan kocek untuk membeli produk mouthwash.

Bit
Buah ini umumnya masih menyertakan akar. Kandungan karbohidrat dan zat besi yang ada di dalamnya mampu membantu darah mengantarkan oksigen ke otak. Warna merah bit disebabkan oleh gabungan pigment ungu betasiantin. Teman-teman dapat mengolah buah bit menjadi minuman dengan menyaring ampasnya terlebih dahulu.

Mengonsumsi buah bit dapat membantu meningkatkan fungsi hati dan kantong empedu, membantu menghancurkan sel tumor dan sel kanker, mencegah anemia, serta menurunkan kadar kolestrol. Teman-teman yang kekurangan darah dapat mengonsumsi buah bit secara teratur karena dapat membantu memproduksi sel-sel darah merah. Jadi di balik bentuknya yang mungil, terdapat manfaat besar, bukan?

Sumber: Kompas/Klasika/Gerai Fit
Selasa, 27 November 2012