Kenapa Manusia Butuh Motivasi?

Kenapa kita membutuhan motivasi
Kenapa kita membutuhan motivasi

Kata siapa Manusia harus butuh Motivasi?

Yeey..saya gak bilang “harus”. Kalau harus itu kesannya wajib, kudu, mesti! Kalau gak dilakukan dosa. Kalau dosa udah pastik masuk neraka. Halah!

Tanpa Motivasipun sebenarnya manusia bisa hidup. Tapi hidup yang bagimana? ya udah pastik hidupnya biasa-biasa saja. Mengikuti air mengalir. Air kemana ya ngikut aja. Air ke laut, ikut ke laut. Air ke got, ngikut ke got. Air diminum ya tentu saja ngikut masuk ke perut.

Sebenarnya hal kecil apapun yang dilakukan oleh manusia pasti membutuhkan motivasi. Ndak percaya? Baiklah saya kasih contoh yang simple dan elegant agar mudah dimnegerti, dipahami, dan diamalkan ^^

> Setiap hari pergi kerja. Emang secara sekilas gak ada motivasi. Ya sudah, pergi pagi, kerja, pulang sore atau malam. Monoton kan? Pertanyaannya adalah kenapa pergi kerja? Dengan bekerja akan mendapatkan gaji, dengan gaji itu bisa melangsungkan hidup.

Nah itu kan motivasi juga to? Motivasinya apa? ya yang paling simple adalah untuk mendapatkan uang.

> Setiap hari Emak-emak masak. Sekilas emang cuma masak, gak ada spesial-speialnya. Tapi sebenarnya ada motivasinya juga, kenapa emak-emak masak. Yah yang paling simple adalah agar suami dan anak-anaknya pergi kerja atau sekolah perut dalam keadaan terisi.

Kasihan kan kalau pada mulai aktivitas perut dalam keadaan kosong, ntar pada sakit, pingsan, kejang-kejang, mending kalau minum obat magh langsung sembuh. Lha kalau lanjut ke sakit types? Gimana cobak gan?

Nah motivasinya adalah agar suami dan anak tetap sehat, itu yang paling simple. Kalau dijabarkan lebih luas tentu amat banyak meghias angkasa #eh.

Apa sih sebenarnya Motivasi itu?

Motivasi saya pikir diambil dari bahasa Inggris. Mungkin juga bahasa indonesia asli. Saya tidak tau dan bukan ahli bahasa hehe.

Yang hendak ingin saya sampaikan: Bahasa Inggrisnya motivasi adalah Motivation (koreksi jika aye salah ye ^^).

Perhatikan dengan seksama dalam tempo yang sesingkat-singkatnya kata MOTIVATION. Udah “merhatiinnya” jangan lama-lama ntar jatuh cinta lagi! hehe.

Kata Motivation diawali dengan kata “mo” dan diakhiri dengan kata “tion”.

Terus? Lalu apa sepesialnya? iwhh entar dulu atuh. Sabar mblo sabar. ^^

Jika kata MO dan TION diagabung atau kalau bahasa Portugalnya dikawinkan, maka akan menghasilkan sebuah kata MOTION.

MOTION sama artinya dengan GERAKAN. Right? Setuju? udah sih setuju aja, biar saya senang.

Kata motivation berhubung erat dengan gerakan. Di sisi lain, akar kata motivation juga dapat dirunut dari dua kata berbeda, yaitu :

MOTIVE = alasan
ACTION = Tindakan atau kerja nyata.

Dalam arti yang lebih luas dapat diambil kesimpulan: Bahwa orang-orang yang memiliki motivasi untuk menggapai sesuatu dia akan bergerak, mengambil tindakan dan kerja nyata untuk mewujudkan apa yang diinginkan!

 

Pertanyaannya adalahhhhh greng greng greng..

Manakah yang lebih dahulu muncul, apakah motive atau action?

Tentu saja motive, karena ada alasan maka seseorang akan berjuang disana. Fight dengan mengerahkan segenap raga, Indonesia raya (halah!). Kalau tanpa alasan, apa ada manusia yang mau bergerak?

Iya kali orang melakukan sesuatu, jebrat jebret, hantam sana hantam sini, banting tulang kerja keras, peras keringat peras darah tanpa ada alasan yang jelas. Hmmm.

 

Terus mana yang penting Motive atau Action?

Nah kalau ini jangan diperdebatkan gan. Puyeng ntar debat masalah ginian. Intinya sih gini:
Keduanya memegang peran yang sangat vital sesuai dengan kedudukannya masing-masing.

Orang-orang yang memiliki motive (alasan) tetapi tidak memiliki action (tindakan, kerja nyata) sama aja kan yak dengan orang yang bermimpi di siang bolong. Bak mengharapkan keajaiban turun dari langit dalam merealisasikan semua keinginannya.

Begitu juga dengan sebaliknya, memiliki motive yang TIDAK jelas tetapi langsung mengambil action. Makhluk- makhluk seperti ini akan hidup tanpa arah yang jelas dan hidupnya akan hambar. Karena bara api cintanya akan cepat redup, kendur, padam dan akan beralih ke keinginan yang lain.

Actiooooon saja hanya akan membuat jenuh. Terus ganti lagi ke yang lain. Actioon lagi, jenuh lagi, ganti ke yang lain lagi. Gitu aja terus kalau motive tanpa alasan yang jelas. Sampai pertamina bikin keripik pisang pun akan tetap saja seperti itu selama Motive nya tidak jelas.

Di dalam Buku Percepatan Rezeki dalam 40 Hari dengan Otak Kanan, ada penjelasan seperti ini:

Keyakinan angkanya 1 dan 0
Punya 100 action tapi 0 keyakinan.
Artinye, 100 x 0, yah hasilnya zonkk
Sebaliknya anda punya 2 action dan 1 keyakinan
artinya 2 x 1 . Hasilnya? masih ada harapan. Kan gak mungkin 2 x 1 = 0.

Sama halnya seperti ini.

Keyakinan angkanya 1 dan 0
Punya 100 action tapi 0 Motive.
Artinye, 100 x 0, yah hasilnya zonkk
Sebaliknya anda punya 2 action dan 1 Motive
artinya 2 x 1 . Hasilnya? masih ada harapan. Kan gak mungkin 2 x 1 = 0.

Om Anthony Robbins, salah seorang pakar Peak Performance (penampilan puncak) paling beken abad ini (kata orang sih, saya juga belum sempat kenalan ama doi ^^) menyimpulkan bahwa:

Emotion Creates Motion, yang artinya perasaan termotivasi akan mendorong anda untuk mengambil keputusan.

Namun, sebaliknya juga berlaku kaidah:

Motion Creates Emotion, yang artinya jika anda mengambil tindakan dengan penuh semangat maka emosi untuk terus berusaha akan tercipta dengan sendirinya.

Kaidahnya adalah :
Jika anda tidak bersemangat, ambillah tindakan terlebih dahuluwalapun kecil dan semangat akan datang dengan sendirinya.
Jika anda sudah mulai bersemangat, ambil tindakan berikutnya untuk menguatkan semangat anda.

Motivation adalah suatu sikuls yang tidak pernah terputus antara tindakan dan tujuan.

 

Motivasi macam apa yang kita butuhkan?

Kalau saya pribadi ya, sebagai seorang muslim tentu saja motivasi-motivasi yang imbang dunia akhirat. Bukan sekedar motivasi dunia thok!

Termotivasi utuk meraih jabatan, pangkat, uang banyak sih boleh-boleh saja. Sah secara hukum dan agama. Anda gak bakalan dipenjara hanya gara-gara ingin kaya ^^.

Begitupun juga motivasi untuk kaya juga tidak akan mendatangan amarah Allah. Ada gitu orang yang takut kaya gara-gara takut hukuman Tuhan?

Masalahnya adalah Emang gak capek ngejar dunia terus?

Itulah sebabnya saya suka dengan motivator-motivator muslim. Karena apa? ya itu tadi, hidup tidak hanya di dunia, dunia hanya tempat mampir minum. Sementara ada kehidupan yang kekal, yaitu negeri akhirat.

Berat nih pembahasan, dari motivasi ke akhirat-akhirat segala.
Lha woles aja mblo woles ^^.

Benar di luaran sana banyak banget buku-buku, seminar, workshop, ebook, audiobook tentang motivasi. Tapi berapa banyak yang ada muatan agamanya?

Benar juga mungkin anda akan sukses dengan motivasi-motivasi tersebut, tapi kalau hanya sukses dunia? Lha buat ape?

Harta, mobil, tanah, properti, emas, aset, anak, istri pertama, istri kedua, istri ketiga #eh semua hanya hanya di dunia tapi gak ada maslahatnya buat agama? kalau saya beneran capek pek pek..

 

Solusinya?

Carilah motivator-motivator muslim. Artinya bukan hanya sekedar motivator yang beragama islam saja. Percuma juga beragama islam kalau motivasinya gak ada sama sekali muatan agamanya.

Emang ada motivator yang membawa ilmu-ilmu agama islam dalam setiap motivasi, tulisan, atau bahkan buku-bukunya?

Kalau saya ya, Ippho Santosa adalah salah satunya. Bahkan Ippho Santosa adalah Motivator favorit saya. Motivator yang lain bukannya gak suka. Tapi Pak Ippho Santosa ini adalah Motivator yang mempengaruhi hidup saya.

Awalnya saya gak tau ini orang siapa ya? Namanya asing dan rada aneh. Jujur perkenalan pertama dengan “orang ini” ketika saya pergi ke Gramedia (ndak perlu sensor ^^). Salah satu kebiasaan saya adalah langsung ke bagian buku yang dipajang di bagian best seller.

Di sana, ada tuh yang namanya buku 7 Keajaiban Rezeki. Nasional Best Seller. Wuihh..Buku apaan ini? Saya pikir membahas tentang 7 Keajaiban Dunia seperti Candi Borobudur, Tembok Besar China dan sebagainya. Ternyata bukan. Salah perkiraan saya!

Kata-kata percepatan, lompatan, keajaiban dengan sentuhan islami menggugah hati saya. Deg! ini nih, ada motivasinya ada Islaminya. Kebetulan waktu itu ada salah satu buku yang terbuka, ya udah deh baca disitu, eh keren nih buku, bungkus satu dah!

Semenjak punya buku itu saya kepoin deh akun socmednya. Kebetulan waktu itu yang  lagi rame twitter. Dari akun twitternya inilah saya jadi tau, owh ternyata Ippho Santosa ini udah banyak nulis buku toh, pengusaha juga, pembicara di 4 benua, weitsssss.

Ini akun twitternya, silahkan follow. Kepoin deh akunnya

https://twitter.com/ipphoright

Atau untuk lebih mengenal Ippho Santosa kunjungi  http://ippho.com/motivator-indonesia-motivator-terbaik-motivator-bisnis. Di sana anda akan belajar banyak hal tentang Ippho Santosa. Mungkin mau ngundang seminar atau in house Training? Boleh, silahkan ubek-ubek webnya dan cari kontak personnya.

 

Cerita dikit tentang Buku 7 Keajaiban Rezeki

Sebelum kenal Buku 7 Keajaiban Rezeki, saya type orang yang tidak pernah sedekah dan sholat dhuha. Sedekah sih, tapi yahhhh paling 2 ribu perak pas sholat jumat.

Alhamdulillah setelah baca buku 7 Keajaiban Rezeki, saya langsung meniatkan untuk rutin sedekah 10 – 15 persen dari gaji dan merutinkan dhuha meski cuma 4 rakaat.

Awal-awal sedekah emang berat, ya elah jagankan sedekah, buat uang bulanan ajah hutang sana-sini. Punya bon di warung A, B, C. Ajaibnya adalah setelah merutinkan sedekah justru malah saya gak punya hutang.

Kok bisa? ya bisa, karena Allah kasih saya rasa berkecukupan. Setelah gajian, langsung aja jebretttt sedekah 10 – 15% dari gaji. Urusan yang lain belakangan, Alhamdulillah justru dengan begitu malah hidup tenang, gak ada hutang, selalu merasa cukup.

Sampai sekarang, ketika saya nulis ini, Alhamdulillah sedekah dan dhuha rutin. Yeyy ibadah kok ngomong-ngomong. Gak gitu, ini agar anda juga ikut termotivasi untuk melakukan kebaikan.

Makanya dari awal saya bilang manusia itu butuh motivasi dari orang lain. Kalau saya tidak kenal Buku 7 Keajaiban Rezeki, mungkin sampai sekarang saya tidak sedekah dan merutinkan dhuha.

Wong dikasih contoh saja tidak mau gerak, apalagi gak dikasih contoh? Nah loh..

Jujur ya saya belum sekalipun ikut seminar atau workshop nya Pak Ippho Santosa. Sudah sering daftar bahkan transfer uang untuk seminar-seminarnya tapi gak tau kenapa pas hari H nya ada saja halangan.

Sering juga ada seminar-seminar atau sharing gratis dan diinfokan di socmed, tapi yaitu waktunya selalu berbenturan dengan jam kerja. Onde mandeeeeee belum rezeki kalik yak.

Oh ya referensi motivator islami ada lagi seperti ust Yusuf Mansur. Tapi ini ustadz bukan motivator hehe.

Saya menyukai hal-hal yang berbau motivasi (buku, seminar, tulisan, ebook, dan lain lain) karena pengen berkembang, hidup tidak hanya gitu-gitu aja, mendapat ilmu dari orang lain yang sudah work dan menggali potensi dari dalam diri sendiri.

Tanpa motivasi dari orang lain kita itu gak tau apa sih sebenarnya yang salah dari hidup kita? Tanpa motivasi kadang-kadang kita lupa akan arti dan tujuan hidup kita mau kemana.

Dengan adanya motivasi-motivasi kita jadi tau, owh ternyata orang sukses itu karena begini begitu. Owh kalau ingin berhasil itu harus begini begitu, owhhhhh ternyata ilmu yang kita punya itu masih cekak, masih perlu belajar banyak hal, masih membutuhkan ilmu orang lain.

Mungkin karena kesibukan mengejar dunia, seringnya kita lupa bahwa ada sesuatu yang belum kita raih. Kita pengennya ngejarrrrr duit aja, ngejarrrrr dunia saja. Bahkan orang tua dan keluarga pun tidak kita pedulikan. Dengan adanya motivasi islami, kita sadar, oh iya ya, buat ape ngejar dunia terus, sementara hidup di dunia cuma sebentar.

Wong sering baca buku, seminar, training motivasi  aja gak berubah (Power Ragers keles berubah) apalagi cuma mengandalkan diri sendiri udah gitu gak mau belajar, gak mau baca, gak mau gerak. Mau jadi apah kau nak?

I need Air.

Anda tahu DESIRE?
Desire adalah tombol yang mendorong seseorang untuk mengejar apa yang ada di dalam pikiran (mind) dan juga di dalam hatinya (heart) untuk menjadikannya kenyataan.

Socrates menggambarkan desire dengan baik. Pada suatu hari yang cerah, seorang anak muda yang kagum akan kebijakan Socrates bertanya mengenai kunci kesuksesan dalam hidup.

Socrates kemudian memberikan jawaban dengan singkat, ” Kuncinya adalah Desire”.

Anak muda masih gak terlalu paham dan memminta Socrates untuk menjelaskan lebih gamblang. Setelah berpikir 7 hari 7 malam dan mandi kembang 7 rupa dengan air 7 samudara, si Socrates ini mengajak anak muda itu untuk pergi ke sungai dan membawa anak muda tesrsebut berjalan perlahan-lahan ke tengah sungai.

Setelah kedalaman air hampir menyentuh bahu anak muda, tiba-tiba Socrates membenamkan kepala anak muda itu kedalam air.Tentu saja anak muda ini meronta ronta dan memberontak, tapi socrates tidak peduli bahkan malah memperkuat cengkramannya. Sampai muka anak muda ini mulai mebiru (sadis yak si socrates ini)

Barulah setelah beberapa saat Socrates mulai melepas pegangannya, begitu tahu dilepas sama socrates,anak muda ini langsung mengeluarkan kepalanya dan berusaha untuk menghirup udara secepatnya.

“Apa yang paling engkau butuhkan ketika engkau berada di dalam air?” Tanya Socrates
“UDARA!” jawab anak muda ini tegas.
“Nah demikianlah definisi sebenarnya apa itu desire” lanjut Socrates.

Kalau anda memiliki goals dunia dan akhirat, bakarlah Goals anda dengan DESIRE.
Bukan hanya cita-cita yang dilukis indah dengan rencana-rencana detail. Tetapi harus ada jiwa di balik itu.

Jiwa itu akan timbul setelah anda memiliki Desire.

Terus apa hubungannya Motivasi dan Desire?

nah lho? googling aja yak ^^

=====

Udah dulu ya, ini hampir 2000 kata lho. Tangan saya sampe keriting. Mau creambath dulu ^^

Owh ya sekali lagi untuk lebih mengenal Bang Ippho Santosa , kunjungi http://ippho.com/motivator-indonesia-motivator-terbaik-motivator-bisnis.

Saya tidak promo, buat apa promo wong Ippho Santosa udah terkenal hehe. Justru kita yang masih awam harus belajar banyak hal dari beliau.

Entah dari buku, seminar, akun socmed, atau dari media apa saja. Ilmu itu harus dijemput bukan di tunggu.

 

Nama saya ; Soleh Lutiana

Email saya : admin@solehlutiana. com
solehlutiana@gmail.com

Ponsel saya : wa 089 516 302 003

error: Heloo gak bisa di copas keles hehe
%d blogger menyukai ini: