Kesehatan Gigi

Membersihkan Gigi dengan Benang

Membersihkan gigi dengan benang sebaiknya Tante lakukan sebagai kebiasaan. Cara ini membantu mengendalikan terbentuknya bakteri yang merusak serta mengurangi resiko pembusukan gigi dan sakit gusi

Pilihlah benang pembersih gigi yang tidak mengandung lilin dengan panjang sekitar 45 cm. Libatkan masing-masing ujung benang pada jari-jari telunjuk Tante , sehingga ada bagian bebas di tengah. Kemduian regangkan benang tersebut dan geserkan di celah-celah gigi perlahan-lahan, jaga jangan sampai gusi Tante berdarah.

Pola Makan dan Gigi Tante

Walaupun penyebab utama pembusukan gigi adalah gula, tetapi kekurangan zat-zat gizi yang penting juga dapat menjadi penyebab gangguan pada gigi. Gigi terdiri dari kalsium fosfat. Kalsium bisa didapatkan dari susu, keju, yogurt, sayuran hijau, teri dan ikan.

seledri baik untuk kesehatan gigi

seledri baik untuk membersihakn dan menguatkan gigi

Agar bisa diserap dan digunakan oleh tubuh, kalsium membutuhkan vitamnin D yang cukup. Untungnya vitamnin ini dapat ditemukan pada makanan-makanan yang mengandung kalsium tinggi, sehingga tante bisa mendapatkan keduanya pada saat yang bersamaan. Tetapi sumber yang terbaik adalah minyak hati ikan, ikan sarden, ikan air tawar, tongkol dan sebagian ikan yang berminyak.

Namun, Tante harus berhati-hati, pemasukan vitamnin D yang berlebihan bisa membahayakan kesehatan Tante dan si bayi (jika sedang hamil), karena zat ini memyerap dan menimbun lemnak dalam tubuh. Untuk mencegah terjadinya infeksi dan perdarahan pada gusi, Tante membuatuhkan vitamin B6 dan C

Sebagaimana halnya dengan Tante sendiri, pola makan Tante selama hamil akan mempengaruhi keadaan gigi anak Tante kelak. Ukuran dan kualitas giginya, bentuk rahangnya saat lahir, serta kepekaan terhadap pembusukan sedikit banyak ditentukan oleh pemasaukan kalsium dan zat-zat gizi yang penting lainnya.

Pemasukan kalsium yang tidak mencukupi dapat menyebabkan anak Tante mempunyai gigi yang berjejal-jejal dan kurang baik bentuknya. Karenanya penting untuk menjaga kualitas pola makan selama Tante menyusui, serta memberikan makanan yang sehat untuk si bayi.

Sayur-sayuran dan buah-buahan segar, seperti wortel, dan seledri baik untuk membersihkan dan menguatkan gigi, karena TANTE harus mengunyahnya denga keras. Jika tante sedang hamil, makanan ini bisa menjadi cemilan berkalori rendah yang baik. Hindari makanan bergula, seperti coklat, permen, kue, atau roti manis.