Kondisi Sehat Waktu Hamil

Kondisi Sehat Waktu Hamil

kondisi sehat saat hamilenggg…inggg…enggg.

Seorang ibu yang sudah hamil dan merencanakan untuk hamil, sebaiknya tidak menderita penyakit. Lha iya lah siapa juge yang mau sakit..hehe calem atuh tante.

Untuk itu sebaiknya pindah hidup dalam lingkungan yang sehat serta jauh sebelumnya melakukan tindakan pencegahan. Misalnya dengan imunisasi, tetanus, cmpak, cacar, tipus dan disentri, yaitu penyakit-penyakit yang biasanya banyak mewabah di negara berkembang.

Selain mencegah terhadap penyakit epidemi, sebaiknya perhatikan pula pengaruh zat-zat kimia serta radiasi di sekitar Tante yang dapat mempengaruhi kesehatan tante dan bayi tante.

Tempat kerja juga mempengaruhi janin. Terutama jika tante menggunakan bekerja dengan menggunakan bahan-bahan kimia, atau mesin yang mengeluarkan radiasi walaupun berkadar rendah. Suatu laporan Asosiasi Kimia di Inggris padatahun 1984 mengungkapkan adanya kaitan antara beberapa bahan kimia tertentu dengan cacat bawaan bayi dan ibu yang bekerja dengan bahan tersebut.

Mengingat resiko sangat besar, sebelum hamil sebaiknya tante pindah kerja atau pindah ke bagian yang lebih aman. Hal yang samajuga berlaku bagi suami tante, karena sperma suami dapat rusak kalau berdekatan dengan bahan kimia atau radiasi yang berbahaya.

Hindari Bahan KIMIA
Timah, terutama timah hitam merupakan salah satu bahan berbahaya. Timah biasanyaa terdapat dalam air yang disalurka lewat pipa besi. Timah yang terkandung dalam pipa besi akan bercampur dengan air yang tante konsumsi. Timah pun dapat berasal dari asap knalpot kendaraan bermotor, asap rokok, bencla cetakan(majalah, koran, tabloid dasn sebagainya) serta beberapa jenis cat. Timah dapay menyebabkan cacar bawaan bahkan mungkin kematian bayi dalam kandungan.

Untuk menghindari pengaruh buruk terhadap kesehatan, usahakan mengindari jalan yang macet. Kalau tante bermaksud memperbaharui cart rumah, pilihlah jenis cat yang bebas dari timah. Begitu pula dengan pipa air dirumah. Cobalah periksa sekali lagi, karena ruah yang sudah berusia puluhan tahun biasanya masih menggunakan pipa air dari yang terbuat dari besi.

Kalau keuangan keluarga tante cukup, lebih baik mengganti pipa air tersebut dengan pipa plastik(paralon). Atau kalau tante tidak mau direpotkan dengan masalah air, tante dapat menggunakan air mineral yang banyak dijual di pasaran.

Makan dan Minum Sehat
Ada juga suatu cara yang mudah dan murah untuk menghindari timah dalam air minum tante. Kalau tante membuka kran air, jangan langsung tante tampung airnya untuk dimasak, namun biarkan terbuang beberapa waktu kemudian barulah ditampung. AIR untuk keperluan sehari hari harus dimasak sampai mendidih, karena dikota kota besar seperti Jakarta, air tanah untuk komsumsi rumah tangga ternyata tidak baik diminum langsung tanpa dimasak terlebih dahulu.

Makanan yang kaya akan kalsium seperti susu, keju dan sayuran hijau serta zat besi yang terdapat dalam daging dan hasil laut dapat membantu meyerap timah dan mengurangi kadar logam beracun ini sampai pada tingkat yang dapat diterima oleh tubuh tante.

Hindari Alkohol
Alkohol merupakan suatu bahay lain bagi janin. Cairan ini kalau dikonsumsi terlalu banyak dapat mengakibatkan cacat bawaan yang dikenal dengan sindroma alkohol. Karena belum diketahui tingkat alkohol yang aman, lebih baik hindari penggunaan alkohol, terutama pada minggu-minggu pertama kehamilan. Minuman yang mengandung alkohol dapat mengakibatkan bayi tante lahi dengan berat badan rendah serta tingkat perkembangan yang rendah pula. Kebayakan bayi yang lahir dengan sindroma alkohol, anggota tubuhnya tidak sempurna, begitu jua persendian dan wajahnya.

Hindari Merokok
Bahaya merokok telah banyak diulas di media masa, karen itu hendaknya hindari merokok jauh jauh hari sebelum usia kehamilan. Bahan kimia racun lewat rokok masuk ke dalam paru-paru dan ikut peredaran darah yang akan diteruskan kepada bayi melalui ari-ari. Bahaya yang ditimbulkan cukup fatal, yaitu masuknya ari-ari sehingga mengganggu arus makanan dan oksigen yang sangat dibutuhkan bayi. Merokok juga dapat menyebabkan tante mengalami keguguran, atau melahirkan bayi lebih cepat dari waktunya, sehingga berat bayi yang lahir pun rendah.

error: Heloo gak bisa di copas keles hehe