Korek Api Praktis Pertama

PADA 27 November 1826, Ahli Kimia Inggris Si John Walker menemukan korek pertama yang mudah dan paraktis digunakan. Korek api tersebut kemudian dipasarkan untuk pertama kali pada 7 April 1827

Walker tertarik untuk mencari cara membuat api dengan mudah. Ia mencoba berbagai macam bahan kimia yang diketahui mudah terbakar, tetapi masih gagal menemukan cara yang memungkinkan memindahkan ledakan atau nayala api kepada bahan yang lambat terbakar seperti kayu. Hingga suatu kali ketika sedang mempersiapkan campuran bahan kimia, tanpa sengaja sepotong kayu yang tercelup ke dalam bahan tersebut menyala akibat gesekan. Penemuan inimemunculkan ide untuk membuat korek api.

Ia kemudian membuat korek api dari batangan kayu sepanjang tiga inchinyang ujungnya dibubuhi campuran potasium klorat, antimon sulfida, dan bahan-bahan lain. Nyala api diperoleh dengan menggoreskan kepala batangan kayu yang telah dibubuhi tersebut ke kertas pasir. Belakangan, muncul produk-produk sejenis lainnya, yang dibedakan oleh campuran bahan kimia yang dibubuhkan.

Sumber; Kompas/Klasika
Selasa, 27 November 2012