Kuliah Jurusan Apa yang Gampang Dapat Kerja?

Kuliah Jurusan Apa yang Gampang Dapat KerjaYa semua gampang. Tergantung dirimu lah.

Saya aja yang lulusan SMA mudah nyari kerja hehe

Kuliahnya keren di Universitas Negeri jurusan Kedokteran misalnya, tapi kuliah malas-malasan, sering bolos, gak mood. Yah gimana mau dapat kerja, lulus saja udah bagus itu.

Apalagi kalau kuliahnya gak pernah buka buku, malas organisasi, huru hara, party2 an, malas ngerjain tugas, nitip absen mulu, etdah yang ginian meski dapat ijazah dan gelar sarjana, dijamin deh nyari kerja susah.

Kuliah itu yang penting dapat ilmunya. Bukn gelar atau ijazahnya.

Anda kuliah bener, sungguh2, Insya Allah deh ilmu dapat, gelar dapat, ijazah dapat. Kalau udah begitu nyari kerja itu gampang.

Buat apa gelar dan ijazah kalau ilmu yang di dapat hampir nol? What? Kuliah hampir tahun kok gak bisa apa-apa.

Ya ini kenyataan broh, banyak lulusan sarjana yang nganggur karena cumamodal ijazah dan gelar doang.

Wong yang kuliah bener-bener aja masih pontang panting mendapat kerja, apalagi anda yang kuliahnya main-main.

Rahasia diterima kerja

Baiklah ini saya postingkan:  Kuliah Jurusan Apa yang Gampang Dapat Kerja?

1. Bahasa dan Komunikasi

Jurusan ini menjanjikan di masa depan karena akan terjalin komunikasi dan hubungan internasional dalam perdagangan bebas yang semakin terbuka, maka Indonesia akan membutuhkan ahli-ahli di bidang komunikasi, terutama bahasa asing.

Bahasa Inggris, Jepang dan Bahasa Arab prospeknya bagus.

Lulusan bahasa meski tidak mendapat kerjaan sebagai guru atau pengajar. Toh, bisa buka les privat.

Atau kalaupun dapat profesi sebagai guru, masih bisa membuka les privat dirumah di waktu-waktu senggang.

2. Bisnis

Jurusan bisnis dipercaya akan berkembang di masa depan. Apalagi melihat semangat kewirausahaan yang semakin tumbuh di Indonesia. Bagi yang memiliki jiwa bisnis dan berwirausaha sebaiknya Anda pilih jurusan ini.

Jurusan ini bagus untuk mengasah mental menjadi pengusaha. Kalaupun nantinya kerja di perusahaan-perusahaan, sebaiknya segera resign dan mendirikan bisnis sendiri.

Capek ngurusin bisnis orang. Mending ngurus bisnis sendiri hehe

 3. Sampai saat ini bidang perminyakan masih akan menjadi primadona karena gajinya yang menggiurkan.

Pembukaan lapangan baru di Cepu dan Ujung pangkah serta lapangan gas besar di perairan Natuna menjanjikan lapangan kerja yang besar untuk jurusan Perminyakan, Geologi dan Geofisika (Fisika MIPA konsentrasi Fisika Bumi).

Jangan lupa, jurusan-juruasan itu masih sangat sedikit. Sementara kebutuhan banyak. Mau anda lulusan Minyak ITB, Trisakti atau UPN ‘V’ Yogya, anda akan tetap dibutuhkan. Jangan takut tidak dapat kerjaan. Gaji?? jangan tanya, kerja 15 tahun mungkin sudah cukup untuk membiayai pensiun anda.

Pembukaan lapangan batubara juga membuat peluang lulusan pertambangan cukup besar. Hanya saja, lulusan tambang cukup besar sekitr 2000 setiap tahun. Anda harus masuk 4 tambang pilihan yaitu Teknik Tambang ITB, Unsri, Trisakti, dan UPN ‘V’ Yogya untuk sedikit memberi kepastian masa depan.

Setahu saya, Tambang ITB 50% sudah dipesan sebelum lulus. Di UPN Yogya, jika anda 5 besar lulusan terbaik di Minyak dan tambang,kerjaan sudah menanti (tapi ya tetep harus berusaha, ini cuma data dari beberapa alumninya UPN).

Sekali lagi, kebutuhan banyak lulusan sedikit. Cuma, kuliahnya berat banget. Di Geologi UGM ospeknya 1 semester lamanya. Tiap sabtu sore disuruh lari muter fakultas berkali-kali.

4. Proyek pembangunan jalan tol ribuan kilo yang dicanangkan pemerintah membuat bidang konstruksi berprospek cerah.

Selain itu pembangunan tentu makin cepat dengan lancarnya transportasi. Tapi, penghasilan di kontraktor tidak terlalu besar.

Rahasia diterima kerja

5. Telekomunikasi.

Dijamin, bidang Telkom sangat prospek sampai 10 tahun mendatang. Baik untuk Vendor maupun operator. Elektro telekomunikasi terbaik masih dipegang STT Telkom dan ITB. UI, UGM dan ITS juga cukup bagus

6. PLTU

Pemerintah mecanangkan percepatan rasio kelistrikan dengan membangun PLTU yang total berkapasitas sekitar 10000 MW sampai 5 tahun mendatang.

Jika 1 PLTU berkapasitas 300 MW maka dibutuhkan 30 engineer pembangkitan maka akan ada lowongan untuk sekitar 1000 engineer pembangkitan dari jurusan Teknik Elektro konsentrasi Power, Teknik Fisika dan Teknik Mesin.

Gaji besar. Sangat prospek!!  Bukan cuma operasi tapi juga konstruksi. Kerjaan lagi buat Elektro, Teknik Fisika dan Teknik Mesin. Teknik kimia juga terlibat.

7. Pengembangan Energi Terbarukan butuh banyak insinyur.

Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) : Teknik Sipil

PLT Mikrohidro : Teknik Sipil, Teknik Fisika

PLT Matahari, Angin : Teknk Fisika dan Teknik Mesin

PLT Biodiesel dan Bioethanol : Teknologi Pertanian, Teknik Kimia

PLT Panas Bumi : All engineering

Ingat bidang energi : Gaji besar !!

8. Teknologi Informasi

Tenang, lapangan kerjanya tidak akan pernah habis. Terlebih lagi, kesempatan nyari proyek cukup besar. Contohnya sebagai web developer.

Banyak instansi yang mulai peduli membuat web.Peluang lebih besar jika anda menguasai Linux, karena sekarang banyak instansi beralih ke Linux.

Tambahan: Jurusan ini akan membahas soal hardware seperti gadget-gadget dan jaringan telekomunikasi. Selain ilmu hardware, ilmu software pun akan dipelajari di jurusan ini. Pengembangan pun mengikuti pangsa pasar, dan saat ini pangsa game terutama game online sangat membutuhkan jurusan ini. Nah bagi penggemar game baik online atau tidak sebaiknya ambil jurusan ini

9. Petrokimia.

Teknik Kimia masih terus berjaya. Yang recommended, UGM, ITB, UI, UNDIP, dan ITS

10.Planologi

Planologi atau perencanaan wilayah dan kota adalah suatu program studi yang mempelajari tentang cara merencana suatu wilayah dan kota.

Semakin lama, sebagian besar orang akan hidup di daerah kota, perencanaan kota yang baik mutlak dibutuhkan dan jurusan ini memegang peranan penting untuk memberikan nasihat untuk pengembang usaha dalam skala makro

Rahasia diterima kerja

11. Bidang kedokteran ATAU Kesehatan

Peminat jurusan kesehatan akan semakin meningkat, apalagi kesehatan adalah segalanya bagi kehidupan manusia. Dari segi pendidikan, profesi seperti guru atau dosen semakin menjanjikan. Disamping uang, pahala pun didapat disini

Bidang ini tidak pernah sepi lapangan kerja. Bukan cuma Kedokteran Umum tapi juga keperawatan dan kebidanan. setiap tahun untuk Arab Saudi saja dibutuhkan 2000 perawat Indonesia. Tapi masih sulit dipenuhi. Ini peluang yang bagus. Kebidanan?? Jangan salah, saya justru sangat merekomendasikan jurusan ini. Setahu saya, tidak ada Bidan yang tidak kaya alias lebih dari cukup. prospek jelas bagus.

12Jurusan-jurusan desain (Diskomvis, Interior, dll)

Desain yang dimaksud di sini bukan hanya soal gambar saja. Namun, yang lebih menjanjikan adalah desain produk atau desain industri. Desain seperti desain mobil, sepatu, payung, dan lain-lain.

Dijamin prospeknya bagus banget. Teman2 saya yang masih kuliah aja udah pada dapet kerjaan…

Ingat, terbaik masih di UK Petra Surabaya dan ISI Jogja. Tapi kabarnya ITB mulai menyusul…

 13. Kartografi dan penginderaan jauh

Jangan meremehkan jurusan ini, diam2 jurusan ini punya prospek sangat bagus. Silahkan googling kak untuk lebih tau jurusan apa sih ini sebenarnya 😀

14. Teknik

Walaupun banyak beranggapan bahwa jurusan teknik akan mengarahkan pada karyawan saja bukan menjadi Boss, sehingga membuat teknik elektro dan industri mengalami penurunan tiap tahunnya.

Namun, selama ada pembangunan dimana-mana, lulusan jurusan ini akan selalu dibutuhkan.

Teknik Industri dan Teknologi Industri Pertanian. Kedua jurusan ini sebenarnya mirip. Sangat bagus jika kemampuan kOmunikasi dan bahasa anda latih sebaik mungkin jika anda masuk jurusan ini.

Kemampuan teknis tidak banyak dibutuhkan (maksudnya engineering ability). Beberapa perusahaan yang engineering banget dan tidak jualan produk jarang yang mencari lulusan industrial technology.

 

Itulah beberapa jurusan kuliah yang mudah mendapatkan kerja.

Sekali lagi itu semua tergantung pada diri masing-masing.

Karena kuliah-kuliah yang saya sebut di atas harus: Pinter, biaya besar, dan mental yang kuat.

Saran kami: persiapkan segala sesuatunya dengan bener. Bukan yang penting asal kuliah.!

Rahasia diterima kerja

error: Heloo gak bisa di copas keles hehe
%d blogger menyukai ini: