Macam-Macam Pertanyaan Saat Interview Kerja

macam macam pertanyaan saat interview kerjaBagi yang baru mau mulai masuk dunia kerja, tentu masih meraba-raba, apa sih yang ditanyakan HRD saat interview Kerja.

Mungkin bertanya:

“udah makan apa belum?”
“Kamu jomblo yak?”

jiah kayak PDKT aja..

Kamu kan cantik, daripada melamar kerja, mending aku lamar #eh

Daripada kerja di perusahaan capek, meding kamu kerja di hati akuh..#halah

Serius mblo, serius, canda mulu ih..

Nih, Biasanya yang sering ditanyakan kepada pencari kerja, waktu interview/wawancara oleh Tim seleksi (tim interview ) atau HRD atau personalia dalah:

1. Apa anda sehat jasmani dan rohani dan siap untuk tes interview/wawancara ??
Dan kalau siap maka anda, (melaksanakan No.2 atas perintah tim seleksi)

2. Dipersilahkan memperkenalkan diri dengan profil pengalaman, pendidikan, kemampuan/keahlian, status, dan hal hal lain yang berhungan dengan Anda.

3. Apa alasannya sehingga berkeinginan untuk bekerja di perusahaan ini?

4. Apa pengalaman kerja di tempat lain akan bermanfaat diperusahaan ini?

5. Kenapa sehingga anda memilih job tertentu, apa alasannya, apa ada pengalaman, sesuaikan dengan keterampilan/pendidikan anda?

6. Dengan pengalaman, pendidikan/keterampilan, kemampuan anda, kira-kira berapa gaji anda minta setiap bulannya?

7. dan lain-lain

Untuk menjawab pertanyaan seperti ini, maka harus menjawab :

1. Dengan sopan, jujur, tidak ragu-ragu, tegas dan menjawab apa adanya setelah disimak pertanyaannya, sesuai kondisi yang dialami, apa adanya, APA yang ditanya itulah yang dijawab.

Jangan pertanyaanya A, jawabnya B.
Contohnya begini:

Anda pernah bekerja dimana?

Jawab aja apa adanya: (MISAL) Saya baru lulus Pak, kalau bekerja di perusaahaan, saya belum ada pengalaman sama sekali. Tetapi saya setiap malam minggu saya sering mendapat job sebagai penyanyi atau MC.
Nah dari situ ntar HRD akan nanya-nanya tentang bakat Anda dan terjadilah percakapan panjang. Siapa tau dari sini ntar HRD berkesan dengan Anda, dan akhirnya di terima.

Sebaiknya jangan jawab singkat-singkat pertanyaan-pertanyaannya tetapi jangan juga ngarang dan tidak jujur.

2. Siapkan penampilan yang menarik, penuh percaya diri, gunakan pakaian yang sopan, dandanan yang biasa saja. Namun, terkesan anggun dan menjawab pertanyan tidak bertele-tele akan tetapi tegas dan meyakinkan pewawancara.

Jangan menor yak. Jangan pakai pakaian terlalu seksi dan mencolok. Takutnya Anda ketemu HRD yang nakal, terus di apa-apain gimana coba?

3. Untuk gaji, boleh bernegosiasi sepanjang sesuai kemampuan/pengalaman dan aturan penggajian yang berlaku di perusahaan tersebut.

Kalau lulusan SMA dan gak ada skill sebaiknya menjawab sesuai dengan gaji UMR perusaahaan tersebut. Jangan nego ya, yakin deh gak bakalan dkabulkan.

Kenapa?

Ya, Lulusan SMA/SMK/STM yang udah pada kerja aja digaji sesuai dengan Gaji perusahaan, masa iya Anda yang baru melamar dan gak ada skill atau pengalaman minta gaji yang lebih tinggi?

4. Jelaskan tujuan anda bekerja diperusahaan ini, terutam untuk menyalurkan bakat, pengetahuan, keterampilan sekaligus untuk mendapatkan pendapatan yang layak sesuai aturan diperusahaan ini.

5. Jelaskan semua pertanyaan pewawancara dengan sopan, lancar, tegas, tidak bertele-tele, tidak menyerang atau membuat tersinggung pewawancara, serta lebih baik berterus terang bila memang tidak mampu menjawabnya.

6. Kalau ada pertanyaan apakah anda seorang perokok? Pemabuk? Tatoan? Dan yang sejenis dengan itu. Ya jawab saja dengn jujur.

Biasanya kalau untuk merokok banyak perusahaan yang toleransi. Wong HRD nya ja seorang perokok hihi.
Tapi kalau untuk mabuk dan tatoan, biasanya perusahaan banyak yang mikir-mikir.

Yang namanya TATO meski anda bisa berbohong tidak pernah tatoan, tindikan, tapi kan ada bekasnya.

Tambahan:
Perusahaan biasanya akan melihat dari CV yang Anda berikan dan berdasarkan CV itu wawancara akan dimulai.
Jadi yang paling penting kuasai benar isi dari CV Anda. Dari data CV yang ada perusahaan akan melihat dan memastikan melalui wawancara.

Makanya kalau menulis CV jangan pakai tangan orang lain 😀

Lagian yang mau kerja siapa, yang nulis siapa hehe.

CV/ DAFTAR RIWAYAT HIDUP/RESUME adalah cerminan awal dirimu. Jadi ya jangan ngarang bebas, tulis sesuai keadaa. Karena dengan begitu, Anda akan PD dalam menghadapi wawancara nanti.

Setiap Perusahaan Tentu mempunyai standar interview yang berbeda-beda.

Jadi banyak-banyaklah belajar dan membaca.

error: Heloo gak bisa di copas keles hehe
%d blogger menyukai ini: