Mengatasi Masalah Komputer/Laptop Sering Hang?

Mengatasi Masalah Komputer Laptop Sering HangMau tanya PC ku kenapa ya kok kalau setiap dua hari sekali suka hang gitu,  habis refresh di desktop,  kira-kira penyebabnya apa ya?

Jadi kalau hang sering cabut paksa PC atau teken tombol power 10detik. Takutnya kalau mematikan PC secara paksa terus menerus akan menyebabkan PC rusak.

Sama kayak laptop saya nih, Cuma sekarang sudah sembuh #cieSembuh..

Laptop saya udah berusia lima tahun, sewaktu memory nya 2GB, awal-awal sih lancar ya, enak makainya. Lama-lama semakin banyak software terinstal dan setiap hari buat operasi program-program berat ya akhirnya hang, sering mati sendiri, setelah dibawa ke teknisi laptop/komputer ternyata Hardisknya terbakar.

Beuh, ganti HD baru gan, ternyata mahal banget haha. Teknisi laptopnya bilang: “Ini laptop buat ngapain aja”

Saya bilang:” ya seringnya sih buat rendering video”

Teknisi bilang:”owh, kalau gitu upgrade aja memorinya ke 4GB atau lebih, jangan 2GB, karena kasihan laptopnya”

Jreng jreng..Setelah itu, gak lama ya, saya upgrade memori ke 4 gb, jadi Cuma nambahih 2GB, kan memori bawaannya udah 2GB.

Rencana sih nambahin 2GB aja, eh pas nanya-nanya ke toko laptop, Teknisinya bilang, kenapa gak nambah 4gb, Cuma beda 100 ribu doang.

Saya nanya: “ emang laptop saya bisa ditambah memori 4GB?

Teknisi laptopnya” bisa banget, dengan makai memori 6GB, kinerja laptop akan semakin bagus, jadi kalau kalau banyak program yang jalan, tidak mengganngu ke kinerja HD”

Saya Cuma manggut-manggut.

Bener juga setelah memori jadi 6GB, kinerja laptop saya bagus, rendering video cepet, buka banyak program gak lemot. Mantep.

Jadi:

Mematikan PC dengan cara mencabut listrik sangat tidak disarankan karena hanya akan merusak hardisk.

Masalah komputer hang bisa karena cpu overload, ram hampir penuh, harddisk terlalu fragment (belum didefragmentasi). Bisa juga karena terlalu banyak software yang diinstall..

Jadi masalah-masalah ini harus diselesaikan dulu, mungkin saja akan ada perubahan..

Data melebihi ram. Harap dihapus data yang dianggap kurang penting dan juga penyebabnya karena memasuki banyak situs pada waktu bersamaan. Coba sering-sering di bersihkan pakai CCleanner

Mematikan PC langsung dari stop kontak listrik dapat menyebabkan hdd pc cepat rusak, karena ketika hdd berputar cepat terhenti tiba-tiba.

Cek program yang banyak makan processor lalu kill dengan task manager. Uninstall program yang sudah tidak di gunakan, kalau bisa bersihkan folder program file sekalian (setelah programnya di uninstall).

Jangan terlalu banyak pasang antivirus, gunakan antivirus yang bisa saja dan kalau bisa yang up to date.

Tambah memory computer, jika komputer jaman dulu biasanya memory-nya cuma sediki, biar enak browsing memory kalau bisa 4 GB. Upgrade aja.

Jika merasa ada system yang rusak, install ulang aja komputernya, biasanya semua orang menyelesaikan masalah dengan cara install ulang komputer

Tapi, untuk instal ulang, butuh banyak persiapan, misalnya harus ada HD eksternal, buat backup data-data yang ada. Jadi kalau bingung bawa ke teknisi aja.

Lalu kalau masalahnya hardware, saya sarankan tanya ke yang ahli karena kalau di atasi sendiri balakalan sulit jadinya.

bawa aja ke tukang servis, sambil diservis bisa sambil di lihat bagian apa yang dibenarin jadi bisa sekalian belajar.

Kalau ganti hardware atau bongkar PC, Coba sekalian minta ke teknisnya untuk cek bilah pendingin dan kipas prosesor, sangat mungkin kotor sehingga overheat yang menyebabkan hang. Minta dibersihin sekalian.

Minta sekalian bersihkan RAM, pokoknya semua suruh bersehin lah, kan sekalian hehe.

Kayak saya dulu juga gitu, Pas ganti HD, semua suruh bersihin hehe.

 

Kalau otak lagi blank pas di depan Laptop?

Biasanya denger musik pake headset, sambil baca baca news, infotainment tellywood, holywood, tangkiwood, plus liat liat resep dari majalah sedap.

Bosan akses itu liat – liat youtube make up tutorial, hijab tutorial ditemani secangkir kopi hangat (satu sachet gula tropicana slim, satu sachet creamer, dan satu sdm kopi arabica premium stir well with boiled water).

Lalu mengucapkan alhamdulillah dan shalawat nabi insyaAlloh tidak akan blank lagi.

Kalau lagi blank, biasanya saya cari kegiatan untuk isi waktu luang, semacam keluar untuk refreshing, itu bisa buang banyak waktu, tapi saya tetap senang melakukannya.

Mumpung di depan komputer, main game aja, minimal spider solitare pasti ada kan, atau kalau ada koneksi internet, lebih asik lagi, bisa browsing browsing, searching searching, atau chatting chatting,, terserah deh yang panting situ asyik hehe

%d blogger menyukai ini: