Pekerjaan yang Cocok untuk Tamatan/Lulusan SMA.

Pekerjaan yang Cocok untuk Tamatan - Lulusan SMA.
Panduan diterima Kerja paling recomended.
Klik gambar untuk info lebih lanjut.

Pekerjaan apa ya yang cocok buat Lulusan SMA? Tamatan SMA itu cocoknya kerja di bagian apa sih?

Jawabnya simple : Pekerjaan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh, bukan pekerjaan yang selalu ditanyakan.

Maksudnya, semua pekerjaan cocok kok buat lulusan SMA, yang gak cocok itu lulusan SMA yang selalu ngeluh: Aduh aku kerja apa ya? Kerja bagian apa ya? Lulusan SMA bisa apa ya?

Yang gak cocok itu Lulusan SMA yang minder, gak percaya diri, gak punya iman, kebanyakan gaya, kebanyakan gengsi, banyak maunya tapi nol usahanya, selalu merepotkan orang tua, merokok, tukang begadang, pacaran, apalagi sampai mabuk-mabukan. Astaghfirullah…

Jaman tablet seperti sekarang ini walaupun hanya lulusan SMA, bisa kok melamar jadi admin, data entri, akunting, GA (General Affair), admin HRD. Tergantung nasib anda dan perusahaan yang anda lamar juga.

Rahasia diterima kerja

Panduan lolos interview

Kalau perusahaan bonafid tentu akan rada susah jadi “orang kantoran” karena biasanya mereka maunya yang S1. Tapi kalau perusahaan skala kecil, yah pabrik-pabrik yang tidak punya nama, menjadi “orang kantoran” tentu lebih mudah dan terbuka peluang yang sangat lebar.

Why? Karena pabrik-pabrik kecil tidak terlalu membutuhkan “gengsi” dan pekerjaan gak terlalu kompleks, jadi memperkerjakan Lulusan/tamatan SMA udah cukup lah. Selain itu perusahaan kecil gak mau membayar S1 yang gajinya gede. Hehe

Itu hanya sekilas gambaran saja ya, pada dasarnya bisa diaplikasikan ke semua bidang. Tergantung kreatifitas masing-masing umat. #EH

Baca juga Lulusan IPA vs IPS mana yang lebih baik?

Saya dulu juga hanya tamatan SMA, kemudian saya melamar menjadi admin dan bekerja sambil kuliah, sekarang walaupun saya masih kuliah, jabatan saya sudah naik menjadi accounting 🙂

Ngomongin pekerjaan mah, apa saja yang sesuai dengan lulusan dan intinya mau kerja. Kan bisa kerja sambil kuliah karyawan. Itung-itung meringankan beban orang tua. Iye kan?

Tapi kalau ada jalan berwirausaha kenapa tidak ? Apa lulusan/tamatan SMA harus melulu kerja di tempat-tempat keren? Banyak lho lulusan SMA yang dagang dan sukses, jadi orang kaya, punya banyak karyawan, punya banyak cabang.

Kan dari awal sudah dibilangin, sebenarnya semua pekerjaan cocok untuk lulusan SMA. Jadi ndak usah minder deh, yang penting sungguh-sungguh, rajin berdoa, dan yakin!

Sedikit ide:

Yang saya amati disekitar sini:  Lulusan SMA bisa bekerja di warnet, retail yang menjamur (kerja di supermarket, mall, minimarket), tempat hiburan, tempet golf, karyawan pabrik, POM bensin, pelayan restaurant, security, sopir, office boy, dealer motor/mobil, bengkel, Bank (teller, cs), pelayan toko (gramedia, toko-toko komputer dll) dan masih banyak lagi dikarenakan pekerjaan tersebut membutuhkan skill bukan kemampuan analitis.

Atau kalau Sobat punya “keahlian”  bisa bekerja : memberi les pada siswa SMP atau SD, teknisi komputer/laptop, penulis, ngeblog, membuat toko online, presenter, penerjemah/translate, atau bahkan menjadi artis.

Atau kalau gak mau kerja, mending berusaha mandiri aja gan, mari kita akan bahas secara singkat bisnis apa yang patut kita coba untuk meraih peluang pasar yang ada :

1.Peluang usaha makanan dan minuman

Usaha makanan akan tetap menjadi primadona, eskalasi kesibukan yang terus meningkat membuat kebutuhan makanan terutam yang berkonsep cepat saji akan terus berkembang.

Selain itu minuman juga tidak kalah prospek, kenaikan suhu udara akibat pemanasan global akan menjadikan tingkat konsumsi air meningkat.

2.Peluang usaha rumahan modal kecil dengan bisnis online

Yang satu ini menjadi booming akhir-akhir ini , alasamya simple penetrasi pengguna internet di Indonesia yang semakin meningkat apalagi didukung akses yang semakin murah menjadikan pasar bisnis online terus meningkat.

Diprediksi kedepannya akan terjadi peningkatan belanja iklan online. Bisnis online tidak melulu bermain ppc, paid review, jual link atau afiliasi anda juga bisa menggunakn media online untuk membuat toko online.

3.Peluang usaha agroindustri

Masih ingat istilah back to nature? kesadaran akan pentingnya kesehatan dengan mengkonsumsi produk agro yang nonkimia menjadi prospek tersendiri. Anda tertarik dengan usaha jamur? Coba aja gan, itu prospeknya erah banget.

4.Peluang usaha ritel

Penetrasi ritel akan semakin meningkat pada tahun kedepan, fenomena ini akan terjadi mengingat tingkat konsumsi kebutuhan daily need masyarakat indonesia semakin meningkat, memang pemain-pemain besar banyak yang bersaing tetapi bukan berarti kita tidak bisa ikut menikmati lezatnya bisnis ritel.

Kita bisa mengambil segmen ritel yang gak bisa diambil oleh peritel besar seperti agen aqua dan gas keliling dengan konsep modern.

Sebuah survey dari Nielsen menyebutkan bahwa penetrasi gerai ritel modern bisnis makanan di Indonesia sebanyak 52 unit untuk satu juta penduduk tempat teratas di duduki Korea Selatan dengan penetrasi 504 unit untuk satu juta penduduk.

Negeri Tiongkok masih berada satu tingkat di atas Indonesia dengan penetrasi gerai sebanyak 74 unit untuk satu juta penduduk.

5.Peluang usaha toko produk tradisional

Khusus untuk segmen ini saya memilih batik sebagai rekomendasi. Pengakuan Dunia bahwa batik adalah produk asli indonesia menyebabkan tingkat penggunaan baju berbahan batik meningkat. Ketertarikan konsemen modern kepada hal-hal yang berbau tradisi juga memberikan pasar yang besar

Rahasia diterima kerja

Panduan lolos interview

error: Heloo gak bisa di copas keles hehe
%d blogger menyukai ini: