Contoh dan Penegertian Takdir Muallaq dan Takdir Mubram

contoh-dan-pengertian-takdir-muallaq-dan-takdir-mubramContoh dan Pengertian Takdir Muallaq

Takdir Muallaq yaitu takdir yang diikatkan dengan sesuatu yang lain.

Takdir muallaq ialah qadha dan qadar yang bergantung pada ikhtiar dan usaha seseorang mengikut kemampuan yang ada pada manusia.

Dalam menghadapi takdir ini manusia berdoa, wajib berikhtiar atau berusaha sesuai dengan kemampuan demi merubah keadaan yang lebih baik.

Tentu sahaja soal berhasil atau tidak usahanya bergantung pada pertolongan ALLAH SWT.

Manusia mempunyai akal sihat pasti punyai keinginan untuk memecahkan masaalah yang di hadapi. Sebagaimana yg dijelaskan oleh ALLAH SWT

Dalam firman-NYA :’Sesungguhnya ALLAH tidak akan merubah keaadan (nasib) sesuatu bangsa sehingga bangsa itu mahu merubah keaadaan (nasib) mereka sendiri’ (Ar-Rad : 11 )

Contoh seorang siswa bercita-cita ingin menjadi insinyur pertanian. Untuk mencapai cita-citanya itu ia belajar dengan tekun. Akhirnya apa yang ia cita-citakan menjadi kenyataan. Ia menjadi insinyur pertanian.

Beberapa contoh takdir mu’allaq antara lain adalah kekayaan, kepandaian, dan kesehatan.

Untuk menjadi pandai, kaya, atau sehat, seseorang tidak boleh hanya duduk berpangku tangan menunggu datangnya takdir tapi ia harus berusaha.

Untuk menjadi pandai kita harus belajar; untuk menjadi kaya kita harus bekerja keras dan hidup hemat; dan untuk menjadi sehat kita harus menjaga kebersihan.

Tidak mungkin kita menjadi pandai kalau kita malas belajar atau suka membolos.

Demikian juga kalau kita ingin kaya, tetapi malas bekerja dan suka hidup boros; atau kita ingin sehat, tetapi kita tidak menjaga kebersihan lingkungan, maka apa yang kita inginkan itu tak mungkin terwujud.

Orang yang meyakini takdir Allah SWT, tidak boleh pasrah begitu saja kepada nasib karena Allah SWT memberikan akal yang bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Allah SWT juga memberikan tubuh dalam bentuk sebaik-baiknya untuk digunakan sarana berusaha.

Masih belum paham juga? Jewer nih….

Saya kasih contoh lagi ya…….biar tambah pinter hehe.

>> Dinda berhasil menjadi dokter, karena belajar keras dan berdoa, sehingga masuk Kuliah kedokteran. Nah pas kuliah, Si Dinda ini tetap belajar keras dan berdoa, akhirnya menjadi dokter sesuai dengan cita-citanya.

Dinda gak mungkin jadi dokter kalau dia belajar malas-malasan. Karena jadi dokter itu berat, biar Dinda aja 😀

>> Diana gemuk, dengan olahraga teratur, makan teratur, dan diet akhirnya berat badan Diana turun dan sekarang langsing. Atau katakanlah minum herbal langsing.

Lha kalau Diana, gak mau olahraga, makan mulu, gak mau diet, gak mau minum herbal, gimana mau berat badab turun? Nangkap kan?

>> Minah wajahnya jerawatan, akhirnya Minah merwat wajah dengan cara menjaga kebersiha, membeli obat jerawat, menghindari makanan penyebab jerawat, dan sebagainya, akhirnya wajah Minah gk jerawatan lagi.

Contoh takdir Muallaq di atas bisa dikembangkan sebanyak mungkin. Intinya adalah takdir yang bisa kita ubah dengan belajar, kerja, berusaha, berdoa dll.

 

Contoh dan Pengertian Takdir Mubram

Takdir Mubram yaitu takdir Allah yang tidak dapat diubah, tidak dapat memilih serta tidak memiliki kemampuan untuk mengubahnya.

Takdir Mubram ini terdapat pada sunnatullah yang ada di alam raya ini. Salah satu contohnya adalah perjalanan matahari, bulan dan planet-planet lainnya sesuai dengan ketentuan yang telah digariskan Allah.

Takdir mubram ialah qadha dan qadar yang tidak dapat dielakkan, ianya pasti terjadi pada diri manusia sedangkan manusia tidak mempunyai kesempatan atau tidak ada iktiar untuk memilihnya .

Anda gak akan bisa mengubah siang dan malam, meski udah belajar sampai kepala ngebul.

Oleh karena itu, sunnatullah tersebut juga terbagi dua yaitu hukum-hukum kemasyarakatan dan hukum alam.

Dalam AL-quran surat al- Fushilat ayat 11 dinyatakan bahwa sekali-kali tidak akan pernah terjadi perubahan pada sunnatullah.

Contoh: ada orang yang dilahirkan dengan mata sipit atau dilahirkan dengan kulit hitam sedangkan ibu dan bapaknya kulit putih dan sebagainya.

Contoh lagi ya, biar tambah pinter…..

1) Waktu ajal seseorang tiba.

2) Usia seseorang

3) Jenis kelamin seseorang

4) Warna darah yang merah

5) Tidak bisa memilih lahir dari orang tua kaya raya

6) Kita gak bisa memilih lahir di mana, gak bisa milih lahir di Rumah Sakit Singapura

5) Bumi mengelilingi matahari

6) Bulan mengelilingi bumi