Perawatan Kuku

perawatan kuku saat hamil

merawat kuku saat hamil

Hormon-hormon kehamilan juga berpengauh terhadapa pertumbuhan kuku. Ada yang merasa bahwa kukunya lebih kuat dan sehat selama hamil, ada pula yang mengeluh kukunya menjadi rapuh. Pro dan Kontra kalau bahasa jaman sekarang < halah maksa banget :razz:>

Kuku cenderung rapuh pada tiga bulan pertama kehamilan, ketika tubuh Tante sedang menyesuikan diri dengan perubahan homon di awal kehamilan. Keadaan ini akan membaik pada enam bulan terakhir.

Secara umum, kuku cenderung tumbuh lebih cepat dan lebih kuat selama masa kehamilan. Apalagi, jika Tante menyantap makanan yang cukup zat kapur dan zat besinya.

Untuk memiliki kuku dan tangan yang indah selama hamil, ada beberapa pedoman yang dapat Tante ikuti, antara lain:

1. Kenakanlah selalu sarung tangan karet, ketika sedang mencuci piring, pakaian, mengepel lantai maupun berkebun.
2. Bubuhkan krim pelembut tangan setiap hari, terutama setelah mencuci tangan atau piring.
3. Manjalkan diri Tante dengan perawatan kuku tangan seminggu sekali.

Merawat kuku tidak harus ke salon yang mahal. Tante dapat melakukan sendiri di rumah sambil bersantai. Alat-alat yang diperlukan:
-Sebuah gunting kuku
-bola-bola kapas
-semangkuk air sabun yang hangat
-kikir
-penghilang cat kuku
-krim untuk selaput kuku
-kapas bertangkai
-dan cat kuku.

Jika Tante sudah terbiasa melakukannya, perawatan seperti ini hanya akan memakan waktu sekitar 30 menit. Berikut ini langkah-langkah yang dapat Tante lakukan untuk merawat kuku jari tangan Tante

1. Hapuskan semua sisa cat kuku yang lama dengan penghilang cat kuku.

2. Kikirlah kuku Tante agar berbentuk lonjong. Arah pengikirannya dimulai dari setiap sisi ke arah atas, meuju bagian tengah kuku. Jangan kikir ke atas ke bawah bolak-balik.

3. Pijat perlahan kuku Tante dengan krim untuk selaput kuku, kemudian rendam beberapa menit di dalam air sabun yang hangat. Bersihkan semua kotoran dengan sikat kuku yang lembut.

4. Pergunakanlah kapas bertangkai yang sudah dioleskan ke krim untuk mendorong selaput ari ke arah tepi, serta membuang sisa kulit yang mati tua. Setelah itu, keringkan tangan Tante dan pijati perlahan-lahan dengan menggunakan krim pelembut tangan untuk melembabkan seluruh tangan Tante.