Perbedaan Profile, Fanspage, dan Group di Facebook

profile facebookFacebook Profile.

1. Penggunaan pribadi, nama anda.
Kalau bisa sik namanya jangan alay-alay yak. Nama asli gitu. Kenapah? Ya agar mudah dicari oleh teman-teman anda yang udah lama gak ketemu. Susah dicarinya keles kalau anda pakai akun Facebook dengan nama aneh-aneh, nama alay, nama samaran. Apalagi pakai poto profilnya poto binatang, kartun, atau apalah-apalah. Udah nama alay, photonya poto kartun lagi. Hiks , emang kamu facebookan-nya sama alien?

2. Setiap orang hanya diperbolehkan mempunyai satu akun facebook.
Ini peraturan bagus dari Facebook. Kenapa? Dengan begitu diharapkan facebook dipakai sebagaimana mestinya.Untuk berinteraksi sosial. Menjalin pertemanan. Jadi member facebook bener-bener manusia real.

Faktanya adalah banyak yang punya akun Facebook lebih dari satu. Bahkan ada yang punya lima, sepuluh, beuh buat apaan coba?. Apa gak capek ngurusin klonengan.

Kalau bagi yang lagi pacaran, akun klonengan bisa dipakai buat ngintil pacar. Ceritanya curiga gitu, atau mengetes kejujuran pacar, atau malah stalking status-status pacar. Hiks.

3. Bukan untuk bisnis.
Udeh dibilangin, akun personal emang layaknya dipakai buat interaksi sosial, berbagi info, berbagi motivasi, berbagi berita. Sehingga terciptalah hubungan yang harmonisasi, demokrasi, dan toleransi kemakmuran. #halah

Tapi kadang-kadang, bukang kadang, emang banyak akun-akun personal yang jualan, yang dipakai buat bisnis. Sekarang banyak banget tuh di beranda yang gelar lapak.Ada busana muslim, busana korea,cream pemutih, peninggi badan,obat keputihan. Duh ini beranda sayah udeh kayak pasar tumpah.

Ya kalau saya pribadi, its okelah. Selama tidak upload gambar porno, sara, menghina agama, sayah tidak akan unfriend kalian kok. Saya mah gitu orangnya, baik hati, tidak sombong, padat, berisi, seksi #eh

4. Membuat dan memoderasi page dan group.
Artinye akun anda bisa untuk create Fans Page atau group. Iye juga sih, mau bikin fanspage atau group kalau ndak punya akun facebook ya ndak bisa. Kan login nya pakai akun personal dulu. Semua program atau seperti membership emang dibutuhkan username atau password dulu buat login, termasuk facebook.

5. Maksimum punya 5000 friend, kalau udah limit bisa memfollow.
Ini udeh jatah sononya. Gak bisa nambah, tentu juga gak bisa beli kuota. Punya temen 5.000 itu udah ngos-ngosan loh. Lagian ngapain setiap hari ngeadd orang yang tidak bener-bener kenal. Lain halnya kalau anda terkenal, yang selalu dikejar-kejar fans. Kuota 5.000 itu akan cepet habis. Yah, yang gak kebagian kuota hanya bisa memfollow.

FanPage Facebookfanpage facebook

1. Penggunaan untuk bisnis.
Biasanya untuk nama bisnis atau brand. Contoh: Coca-Cola, J.CO Donuts and Coffe, Jilbab Indonesia dan masih banyak lagi. Atau bahkan Nama tokoh-tokoh terkenal abad ini, misal Robert Kiyosaki.

Kenapa mereka bikin fanspage? Sederhana saja, mereka hanya ingin dekat dengan konsumen, dan fans-fansnya. Dengan fanspage ini mereka akan mudah woro-woro produk baru, diskon, event, berinteraksi dua arah dengan loyalis.

Atau kalau bagi tokoh-tokoh gitu, mereka bisa menyampaikan gagasan, ide, motivasi, buku baru, seminar, workshop, survey. Fanspage Ippho Santosa dan Tim Khalifah adalah salah satunya.

2. Anda bisa membuat banyak Fanspage tanpa batas.
Kalau anda kuat bikin dan kuat menghandle, mau bikin ratusan Fanspage juga boleh-boleh saja sama yang punya facebook. Beda dengan akun personal, yang hanya diperbolehkan untuk memiliki satu akun.

3. Pemilik Fanspage tidak tampak.
Kabanyakan dari kita emang tidak tau, ini siapa sih yang punya fanspage? Cewek apa cowok? Gadis apa janda? Cantik nggak? Hehe.

Yang kita tau adalah kalau fanspage nya menyajikan hidangan-hidangan yang bermutu, kita akan selau setiah dengan fanspage tersebut, sampai ke ujung dunia pun akan akuh kejar #halah.

Kita kan taunya, min, min. Terimakasih min infonya. Ini harganya berapaan min. Gimana cara ordernya min. hehe

4. Unlimited liker atau fans.
Tidak ada batasan kuota. Justru semakin banyak likers semakin okelah ntu fanspage di mata tante Febi. Karena dianggap berjasa meramaikan dunia persilatan facebook. Facebook seneng tuh karena itu berarti kehadiran dirinya tidak sia-sia, bisa memberikan solusi bagi kebutuhan umat.

5. Banyak fasilitas yang disediakan.
Seperti contest, event ,video dan lain lain. Dengan sering-sering mengadakan event atau kejutan kepada likers atau fans nya, tentu saja fanspage itu akan semakin disayang dan dicintai sama likersnya. Likersnya gak akan selingkuh ke fanspage lain. Tetap setiah, sehidup semati, dunia akhirat.

6. Terindex dan bisa tampil di search engine.
contohnya kayak gini nih:
Perbedaan Profile, Fanspage, dan Group di Facebook

Nah kan bisa peringkat satu. Coba misalnya artikel fanspage anda bisa di peringkat satu mbah google, tentu saja fanspage anda akan semakin rame dan semakin tambah likers. Likers yang disumbangkan Cuma-Cuma dari si mbah.

7. Bisa diiklankan dengan facebook ads.
Tentu tujuannya adalah untuk mendapatkan leads. Bisa menarik oranglah gampangnya, tanpa kudu capek-capek setiap hari update status, mikir postingan, apalagi gak setiap jam bisa online. Dengan sedikit investasi, bisa kok mendapatkan likers dari fb ads. Tentu dengan audiens yang udeh di setting sedemikan rupa dan seksama hehe

8. Banyak fitur, data, insight yang disediakan.
Nah ini pan, ada hubungannya dengan ngiklan di facebook. Ngiklan gak asal ngiklan. Kudu jelas targetnya. Contoh: Usia berapa, agamanya apa, jenis kelaminnya apa, umurnya berapa, tinggal dimana, statusnya apa, dan masih banyak lagi. Semakin spesifik tentu semakin bagus.

group facebookGroup Facebook

1. Cucok untuk membangun komunitas.
Misalnya: Alumni SMA N 1 Wonogiri, Fans Mio Soul, Belajar Agama Islam, yah semacam gitu lah. Lebih ke hoby atau ketertartarikan, sehingga orang-orang yang ada di group itu nyambung kalau pada ngobrol.

Orang yang tidak suka Burung, terus masuk ke gorup burung, paling pol jadi silent reader. Lagian aneh deh kalau gak suka burung, ujug-ujug masuk ke group burung. Kecuali dia diculik hihi.

2. Dibuat untuk memudahkan interaksi antar member group.
Kalau udah cocok dengan hoby, sama-sama suka dengan suatu hal ya pasti akan mudah berinteraksi. Gak canggung dan nyambung. Ada komunikasi dua arah, ada tanya jawab, ada saling meberi info, bisa-bisa pada cinlok loh, terus nikah. Yah gak apa-apa sih, asal nikah nya beda jenis, ndak sesama jenis wkwk

3. Setiap member dapat membuat topic /post untuk memulai interakasi sesama anggota gorup.
Berbeda dengan fanspage yang bisa posting hanya admin, di Group semua member bisa memulai obrolan. Bisa membuat postingan, kirim gambar, kirim tautan, atau kirim video-video.

Maka akan terjadilah reaksi antara member satu dengan member yang lain. Sehingga akan mengakibatkan proses asimilasi didalam group itu #halah iki opo toh?#

4. Sebagai pembuat group anda bisa menjadi member atau komunitas dari group tersebut.
Jadi admin istilah kerennya.
Admin berhak mendelet/menghapus segala kiriman yang tidak cocok dengan visi dan misi group.
Admin berhak menerima atau tidak anggota baru yang mau joint.
Admin berhak kick/nendang anggota yang bandel.Hiks kejem..
Admin kan tuan rumah. Jadi hormatilah Tuan Rumah. Taati peraturan gorup. Bisa baca kan?
Budayakan untuk selalu membaca aturan group gan. ITU tandanye ente orang bijak.

5. Lebih sedikit fasilitas yang tersedia.
Di Group isinya ya paling ada file. Karena fungsi utamanya adalah mempertemukan berbagai macam manusia yang mempunyai kesamaan interest. Gak untuk bisnis atau branding.

6. Tidak dapat dipromosikan lewat facebook ads.
Lagian ngapain dipromosiin? Habis duit iya, terus gak ada hasil yang dipetik. Karena emang bukan untuk jualan, branding, bisnis. Ndak udah di iklanin kalau emang groupnya rame ya rame aja. Pastik akan selalu ada saja yang minta joint.

7. Sulit menciptakan branding bagi pendiri/creator groupnya.
Memang tujuannya juga Bukan itu kan? Kalau terkenal yang terkenal groupnya, bukan adminnya. Admin hanya dikenal oleh member-member group itu.

8. Ada tiga jenis Group open, closed, secret
Open.
Siapa saja boleh gabung, tanpa persetujuan admin, tanpa di approve oleh admin. Biasanya gorup yang beginian selalu sepi, karena adminnya jarang aktif. Kalaupun aktif, member-member nya kayaknya Cuma orang-orang iseng 😀
Closed.
bisa gabung asal disetujui oleh admin. Biasanya ini gorup rame bingits.
Secret.
Admin group mengundang orang-orang tertentu, biasanya di invite email atau nama fb nya

Download GRATIS Video Series FB Success Blueprint di sini
Melipat-gandakan Omset dengan Low Cost lewat FB

error: Heloo gak bisa di copas keles hehe
%d blogger menyukai ini: