Resep Jurus Sehat Rasulullah Air Nabeez

jurus-sehat-rasulullah-air-nabeezApa sih air Nabeez itu? simpelnya air nabeez itu air rendaman kurma. Kurma yang direndam pakai air matang pada tempat tertutup (gelas, botol minum dll) selama 6-12 jam, kemudian airnya diminum.

Kalau pengen yang dingin, taruh aja rendamannya di kulkas. Saran mimin sih jangan dingin banget, kasihan perutnya.

Ingat ya kurmanya dalam jumlah ganjil 3,5,7 maksimal sih 9. Kalau mimin tergantung tempat rendamannya, kalau botolnya agak gede, ya kasihlah kurmanya 9 hehe. Biar puas minumnya.

Oh ya sebelum diminum tuh rendaman digoyang-goyang, biar manisnya merata. Karena kalau langsung diminum yang manis cuma di dasar gelas aja.

Kurma bekas rendamannya gimana? boleh dimakan, boleh dibuang. Kalau mimin sih dimakan ya, sayang kalau dibuang. Harga kurma kan mihil gengs….

Air Nabeez ini bisa disebut Infused Water. Infused Water kekinian. Hanya saja nabeez itu khusus untuk rendaman kurma. Sementara infused water bisa memakai sayuran dan buah-buahan. Bisa pakai mentimun, semangka, sledri, apel, jahe, kunyit, sereh, kayu manis, secang dll.

Kapan-kapan mimin juga akan bahas minuman infused water ini. Sabar ya gengs…

Orang barat baru mengenal manfaat air nabeez ini belum lama, baru kemarin sore 😀 . Sementara kita umat islam sudah dicontohkan Nabi Muhammad 14 abad yang lalu.

Bahkan air nabeez ini infused water kesukaan Rasulullah.

Aisyah pernah ditanya tentang nabeez, kemudian ia memanggil seorang wanita pelayan asal Habasyah. “Bertanyalah kepada wanita ini!” Kata Aisyah. “Karena ia dahulu pernah membuat nabeez untuk Rasulullah SAW,” tambahnya.

Lalu wanita asal Habasyah itu berkata, “Aku pernah membuat nabeez untuk beliau dalam sebuah kantung kulit pada malam hari. Kemudian aku mengikatnya dan menggantungnya. Lalu di pagi harinya beliau SAW meminumnya.”

Dari Aisyah dia berkata, “Kami biasa membuat perasan untuk Rasulullah SAW di dalam air minum yang bertali di atasnya, kami membuat rendaman di pagi hari dan meminumnya di sore hari, atau membuat rendaman di sore hari lalu meminumnya dipagi hari.” (HR Muslim).

❤ Bahan AIR NABEEZ  ❤
.
300 ml air (suhu normal)
3,5,7 butir Kurma (Mama pakai Sukari)
Diamkan min 6 jam, max 12 jam ya gengs.. 👌😍

Cara bikin:

>> Tuangkan air matang ke dalam wadah
>> Masukkan kurma yang sudah dibuang bijinya, dan carik-carik isi kurma
>> Tutup wadah yang sudah dimasukkan kurma
>> Diamkan selama 6-12 jam
>>Air nabeez siap dinikmati
.
#MANFAAT :
1. Detox tubuh.
2. Menstabilkan tekanan darah.
3. Baik untuk ibu hamil dan menyusui.
4. Menambah daya tahan tubuh.
5. Menghilangkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Lebih jauh manfaat air nabeez ini, mimin kutip dari honetsdocs.id

1. Mengendalikan asam lambung
Menurut studi dalam Journal of Medicine and Health Science Kolej University Insaniah tahun 2013, manfaat infused water kurma dapat membantu mengendalikan asam lambung. Air nabeez bertindak sebagai tonik alkali yang dapat menghilangkan keasaman di perut dan sistem pencernaan.

Selain itu, infused water kurma juga dapat membantu proses detoksifikasi alias pengeluaran racun dalam tubuh. Kandungan seratnya pun cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk kesehatan pencernaan dan metabolisme tubuh secara keseluruhan.

2. Mengobati gejala asam urat dan arthritis
Bila Anda memiliki masalah asam urat atau arthritis, cobalah rutin konsumsi air nabeez. Masih dari penelitian yang sama, manfaat air nabeez diketahui dapat menurunkan kadar asam urat.

3. Mengendalikan tekanan darah
Infused water kurma alias air nabeez mengandung kaya kalium. Kalium merupakan mikronutrien yang berperan penting terhadap tekanan darah dan kesehatan jantung.

Dengan minum air nabeez, tekanan darah akan lebih normal dan kerja jantung pun lebih maksimal. Minum air rendaman kurma saat sahur juga bisa membantu tubuh tidak mudah lelah selama berpuasa.

4. Melawan kolesterol jahat
Kandungan seratnya yang tinggi membuat air nabeez ampuh mengatasi masalah sembelit. Infused water berbahan dasar kurma juga dipercaya dapat membilas kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan daya ingat.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh
Air nabeez juga mengandung zat besi. Mineral yang satu ini berfungsi untuk meningkatkan metabolisme protein, produksi hemoglobin dan sel darah merah, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Dengan kata lain, air rendaman kurma sudah tidak diragukan lagi soal khasiatnya. Tubuh Anda pun dijamin tidak akan mudah sakit selama puasa setelah mengonsumsi air nabeez.

6. Baik untuk ibu hamil dan menyusui
Kabar baik bagi Anda yang sedang hamil atau menyusui, Anda juga boleh minum air nabeez, lho! Bahkan, zat gizi dalam kurma bisa membantu menguatkan otot-otot rahim Anda untuk persiapan melahirkan.

Nutrisi kurma juga sangat baik untuk meningkatkan kualitas ASI. Ada baiknya, konsultasikan dulu ke dokter bila Anda ingin minum air nabeez saat hamil atau menyusui.

Mimin kutip dari instagram:
Dari jaman hamil @arneviarafandaa Mama udah sukaaa banget sm Air Nabeez ini.. Karena kandungan kurma itu kaya akan Zat Besi dan dapat menambah darah. Karena tiap hamil dan menyusui Mama tekanan darah suka rendah dan bikin badan lemes, Alhamdulillah dengan Air Nabeez ini badan jadi lebih fit.. Masyaa Allah.. 😇
.
Oiaaa.. Jadi, td pagi buka kulkas, kaget.. Lho kok ada Air Nabeez? Yang kapan? Perasaan ga bikin.. Eh pas buka hp Papa @pian23sahroni WA “Ngay, aku kemarin bikin air nano, diminum ya, di kulkas, aku lupa minum..” 🤭🤭🤭 Ada yang lupaaa minum Air Nanonya, busui ma udah bahagia soalnya tinggal gleks ajaaa gitu.. ✌🤣
.

error: Heloo gak bisa di copas keles hehe