REVIEW VivoBook S15 S510UQ Indonesia

INTERMEZO….

Saya adalah pengguna Laptop ASUS selama hampir 6 tahun. Seri K43B. Selama itu nih laptop ngacir dan gak ada masalah berarti. Hanya dua kali instal ulang. Itu pun karena bukan ada masalah, tetapi karena pengen instal ulang aja. Yang pertama karena pengan ganti OS, dari Windows XP ke Win 7.

Yang ke dua karena waktu itu mau nambah memori RAM, dari 2 GB tambahin 4 GB, jadinya memori Laptop jadi 6 GB. Memory RAM udah keren nih, udeh 6GB, sekalian aja instal ulang, biar laptop kayak baru lagi 😀

Emang bisa ya namabahin RAM gitu? Awalnya saya Cuma iseng browsing, Berapa sih harga laptop yang memorinya 4GB? Eh dari browsing-browsing itu saya jadi ngerti ternyata RAM bisa di tambah tanpa mengganti yang asli.

Maksudnya gimana? Ya ternyata ada satu slot RAM yang kosong dari sononya. Nah, yang kosong ini bisa kok langsung tambahin RAM, bahasa kasarnya langsung colokin aja, tanpa mengganti RAM aslinya.

Tapi gak semua laptop bisa seperti itu. Makanya, saya iseng aja bawa laptop ke Toko Komputer, Pikir saya, Cuma bawa laptop ini. Enteng dah sambil merem juga bisa 😀

Teknisinya bilang, bisa kok ini laptop tambahin memori. Percaya atau tidak gak sampai lima menit nambahin memory RAM laptop saya ini. Lah gitu doang, saya pikir bongkar laptop sampai ke dalam-dalam, ternyata letak RAM nya gak sembunyi. Wong Cuma nyopot bagian belakang laptop, terus pasang.

Awalnya saya pengen nambahin 2 GB aja, biar jadi 4 GB, soalnya RAM laptop ini udah 2GB, Kata teknisinya, sekalian lebih bagus, soalnya laptop ini gak ada masalah kalau RAM nya 6GB, gak semua laptop cocok punya RAM 6GB.

Itulah pengalaman saya pakai laptop ASUS. Hampir 6 tahun masih kuat dan tangguh. Makanya mau ganti mikir-mikir, mau dijual juga mikir karena banyak data yang penting.

Ngomongin soal Laptop ASUS, notebook ASUS. Brand yang satu ini baru saja (pada saat saya nulis ini lho ya) ngeluarin produk yang amazing. Ya Allah pengen banget punya laptop ini.

Melalui event The Edge Of Beyond, ASUS mengeluarkan tipe ASUS VivoBook S (S510). Tipe VivoBook yang menawarkan kemampuan tinggi, punya fitur menarik namun dipasarkan di harga terjangkau dibanding produk kompetitor. Saya di sini hanya akan membahasa salah satu variannya, yaitu ASUS VivoBook S15 S510UQ.

Reviews-ASUS-VivoBook-S15-S510UQ

Secara Umum ASUS VivoBook S15 S510UQ

Kenapa saya ngebet banget sama NoteBook ini?

Yang pertama saya memang ASUS Lover, kadung jatuh hati sama ASUS. Halah malah curhat.

Yang kedua sampai ke satu juta sratus dua puluh tujuh, silahkan baca review di bawah

Tentang Layar/Screen

Namanya : VivoBook S15 S510UQ, Notebook Terbaru ASUS, Layar 15 Inchi tapi ukuran seperti 14 inchi. Bingung??

Begini saya jelasin: ASUS VivoBook S15 S510UQ memiliki keunikan dalam desainnya terutama karena memiliki panel layar 15,6″ Full HD yang karena ketipisan bezelnya, ukurannya dapat masuk ke dalam bingkai laptop khas ukuran 14 inci. Chassis di reduksi agar tetap berukuran seperti notebook 14 inci. Itu semua demi membuatnya tetap simple dan mudah dibawa-bawa.

Anda punya tas laptop untuk ukuran 14 inchi? Nah ASUS VivoBook S15 S510UQ ini meski spesifikasinya 15 inchi tapi bisa dimasukin ke dalam tas laptop 14 Inchi. Jadi bagi kita ni yang udeh punya tas laptop 14 inchi, kalau pengen beli produk ini, kagak usah repot-repot beli tas laptop 15 inchi hehe.

Kok bisa tipis gitu ya? Iya karena, karena ia memiliki fitur NanoEdge ultra-sempit sebesar 7.8mm, sehingga ia memberikan rasio 80% screen-to-body sehingga layar tampak jauh lebih besar dan solid.

Menurut webnya : Layarnya juga didukung dengan 178° teknologi wide-view untuk memastikan bahwa warna dan kontras tetap hidup dan tajam, saat dilihat pada sudut pandang manapun.

Beratnya hanya 1.7kg dan memiliki profil 17.9mm yang sangat tipis. Wah, jadi tambah pengen punya nih laptop. Dengan berat seperti itu maka cocok untuk di bawa pulang setiap weekend. Secara saya pulang seminggu sekali, yang namanya pulang, laptop harus di bawa, wajib hukumnya. Karena bagi seorang blogger(halah) setiap hari mimimal nulis apa gitu. Meski gak setiap hari mem-publish postingan, tapi laptop harus ada.

Bagi saya Ini adalah laptop yang paling tepat untuk digunakan sehari-hari terutama karena berat dan desain ultrabooknya yang mudah dibawa saat mobile. Bayangin notebook saya ini beratnya 2kg lebih. Desainnya tebal, terasa penuh banget di tas punggung. Hem… ukuran dan bobot yang masih pas untuk diajak jalan kemana-mana. Workshop, seminar, keluar kota, nongkrong di café hehe, cucok deh pakai notebook ini.

Punya notebook seperti ini, maka bekerja dengan notebook untuk beberapa hal seperti mengedit dokumen, menyunting naskah, ngeblog, edit/bikin video akan sangat terbantu dengan ukuran display-nya yang luas yakni 15,6 inci.

Desain yang cantik

Kecantikan laptop terlihat dari luar, jika memiliki pesona desain yang tipis. Kalau dahulu laptop tebal sudah umum. Sekarang? Rasanya sudah tidak lagi, Ringan dan Tipis akan mempunyai sensasi warbiyasah bagi para pecinta gadget. TV aja sekarang berlomba lomba menipiskan diri, kalau perlu setipis Triplek, biar gak makan banyak tempat. Nah, laptop juga gitu, kalau bisa setipis udara, biar gak rempong kalau mau bawa ke mana-mana. Tebal-tebal buat apa? Mau buat nabokin rampok?

Seirama dengan desainnya yang stylish serta bobotnya yang ringan, ASUS VivoBook S15 S510UQ sangat cocok untuk menjadi teman “kencan” yang sibuk dan produktif. Secara saya kan orangnya sibuk dan produktif. Nih, Notebook yakin deh jodoh banget sama saya. Denger-denger ini notebook juga didisain kusus untuk yang berjiwa muda. Sip! Cucok deh, saya juga berjiwa muda. Yang Muda Yang Berkarya #halah

Menurut Tante Davina Larissa Rolos selaku Product Marketing ASUS mengatakan produk ini adalah gadget yang premium untuk mendukung aktivitas dan gaya hidup sehari-hari tetapi tetap harus ramah dari sisi budget. Dimensinya yang ramping dan bobotnya yang ringan, yakni berketebalan hanya 1,79 cm dan bobot 1,7Kg. Kombinasi tersebut menjadikannya Kombinasi tersebut menjadikannya ideal untuk diajak bepergian.

Ngajak pergi gebetan susah? Ya udah bawa si ASUS VivoBook S15 S510UQ. Insya Allah, aman, tentram, nyaman, gak ngribetin, damai, sejahtera hehe

“Saat ini, prestise seseorang turut pula ditentukan oleh apapun yang mereka gunakan. Mulai kendaraan, pakaian, aksesoris, tas, sampai ke gadget termasuk smartphone hingga notebook. Untuk alasan inilah pengguna mesti cermat dalam memilih perangkat yang dapat menaikan citra dirinya. Dan penilaian awal umumnya ditentukan lewat penampilan,” tambah Tante Davina.

Review-ASUS-VivoBook-S15-S510UQ

Desain ASUS VivoBook S15 S510UQ

Performance/Kinerja

Tentu saya mikir, notebook “ramping” ini dalemannya kayak apa ya? Fisik boleh langsing tapi tenaga harus kayak banteng.

Kenapa gitu? Ya gak mungkin kan Cuma menang desain luar doang, tapi dalemnya gak di perhatiin. ASUS gitu loh, Inspiring Innovation Persistence Perfection

Ini saya copas dari websitenya langsung;

Performa luar biasa selalu menjadi ciri khas ASUS VivoBook S15, termasuk ASUS VivoBook S15 S510UQ.  Didukung oleh Intel Core generasi ke-7, generasi terbaru, yakni Intel Core i5 7200U, dengan RAM 4GB DDR4 2133MHz dan grafis NVIDIA® GeForce® 940MX, VivoBook S15 menghadirkan visual ultra halus dan pengalaman bermain yang hebat. Dan dengan ultra-fast dual-band 802.11ac Wi-Fi, Anda dapat menikmati kecepatan hingga 867Mbps – yang sampai 6x lebih cepat dari 802.11n! VivoBook S15 memiliki semua yang Anda butuhkan untuk fleksibilitas dan performa.

Lewat kemampuan semacam ini, membuka berbagai aplikasi secara bersamaan tak akan ngelag. Sangat pas untuk para kreator mencari, menuangkan dan meramu karya. Memang sesuai untuk gaya hidup perkotaan yang serba cepat. Saya tentu senang jika bisa membuka powerpoint, catamsia, word, banyak membuka browser, edit gambar notebook ini tetap anteng. Udah langsing, kemampuan amazing.

Tentang Transfer data (Media penyimpanan)

ASUS VivoBook S15 S510UQ mempunyai dua buah storage yang dikombinasikan antara HDD dan SSD. Terdiri dari 128 GB SSD dan 1 TB HDD.

Beuh, 1 TB broh, bisa untuk nyimpen apa saja. Semua data hidup akan tersimpan aman di notebook. Gak perlu gundah gulana akan kehilangan data-dokument penting. Gak perlu ada rencana nambah memori hardisk, kapasitas segitu bisa buat nampung data sampai hari kiamat. Atuh bayangin, 1 TB itu setara dengan 1.000 GB. Coba cek laptop/komputer anda, punya kapasitas 500GB aja udah bagus.

SSD untuk instal program exe atau aplikasi, sedangkan HDD untuk simpan file besar seperti film, library musik dan album foto.

Eh SSD itu apa sih? Daripada anda googling, saya kasih tau secara umum saja, jadi anda tidak perlu pindah browser 😀

SSD (Solid State Drive)  itu hardisk juga, kalau kata orang sekarang mah, generasi terbaru dari HDD. SSD adalah salah satu media penyimpanan utama selain hard disk. Namanya juga generasi terbaru jadi: Lebih cepat, kinerja tinggi dan konsumsi daya yang rendah. Makanya SSD itu lebih bagus kalau isinya untuk instal aplikas dan program-program.

Di dukung RAM 4GB, penggabungan antara SSD dan HDD akan menghasilkan perangkat yang gesit untuk membuka maupun menutup aplikasi hingga multitasking sekaligus mampu menampung banyak program di dalamnya.  Jelas pengguna akan merasakan peningkatan dalam kecepatan baca dan tulis yang drastis, kinerja secara keseluruhan, waktu boot-up, dan data yang lebih aman saat disimpan di SSD.

Rasakan peningkatan dalam kecepatan baca / tulis yang drastis, kinerja PCMark, waktu boot-up, dan perlindungan data fisik saat Anda saat menggunakan laptop VivoBook S15 Anda dengan SSD.

Bentar saya rasakan, owh ternyata maknyus. Serasa Valentino Rosi balapan di Sirkuit Sentul. Eh kok sentul sih, lha Rosi kan belum pernha ke Sentul. Rasanya kayak Rosi balapan di sirkuit Sepang, gak ada halangan, gak ada polisi tidur, was wus aja, tikungan pun gak pakai ngerem. Begitulah rasanya memakai ASUS VivoBook S15 S510UQ

Konektivitas lengkap

Sementara untuk urusan port konektivitas, ASUS VivoBook S S510 dilengkapi dengan port USB 3.1 dengan konektor USB Type-C reversibel dengan desain any-way-up yang membuat perangkat penghubung menjadi sederhana dan cepat.

USB 3.1 juga memberikan kecepatan transfer data hingga 5x lebih cepat dari koneksi USB 2.0 lama. Didukung dengan port USB 3.1, slot kartu HDMI dan slot SD card tentunya mendukung kompatibilitas tanpa kerumitan dengan berbagai macam periferal, display dan proyektor.

Bayangin 5x lebih cepat dari USB lama. Notebook umur-umur 5 tahunan kebanyakan masih pakai port USB yang lama. Dengan kecepatan seperti ini, saya bisa transfer data dari smartphone semudah berkedip hehe. Baru juga kedip, data udah ke transfer semua. Kalau pakai USB versi 2, di tinggal ngopi, ngeteh, pergi umrah, transfer data 5MB aja kagak kelar-kelar 😀

Desain langsing, performa amazing, penyimpanan kece, masa konektivitasnya lemot. Kan gak matching cyin. Dengan HDD sampai 1 TB, mengamankan data dari smartphone ke ASUS VivoBook S15 S510UQ lebih nyaman dan semangat. Semangat karena konektivitasnya kenceng. Gitu mblo #eh

Oh ya ini ASUS VivoBook S15 S510UQ  juga ada slot SD card. Jangan lupa, ada Slot SD cardnya! Jadi gak perlu pakai Card reader membaca data via notebook maupun untuk transfer data. Cukup masukin SD cardnya, Jreng jreng, simple dan menghemat waktu.

konektivitas-ASUS-VivoBook-S15-S510UQ - 1

konektivitas ASUS VivoBook S15 S510UQ

konektivitas-ASUS-VivoBook-S15-S510UQ

konektivitas ASUS VivoBook S15 S510UQ

Keyboard

Untuk urusan keyboard, ASUS VivoBook S15 S510UQ ini memiliki ukuran penuh dari backlit keyboard. Anda akan melihat segalanya begitu sempurna apalagi dengan pengaturan cahaya rendah pada keyboard. Keyboard ini sangat kokoh, konstruksi single-piece dengan perjalanan keyboard hanya sebesar 1.4mm saja, apalagi ia juga menawarkan desain yang ergonomis dan sangat nyaman untuk pengalaman mengetik yang lebih baik.

Kalau punya Notebook ini mah kegiatan ngeblog bisa lupa daratan. Ngeblog kan identik dengan nulis, ngetik, ngetik di notebook pasti ada hubungannya dengan Keyboard. Saya sudah terbiasa dengan keyboard ASUS, jadi kalau pakai Notebook ini, udah gak perlu adaptasi. Langsung ngetik, tau tau udah dapat seribu kata. Beuh. 😀

Security – Sensor sidik jari untuk akses satu sentuhan dengan Windows Hello

Semua produk notebook terbaru ASUS VivoBook sudah dilengkapi dengan sensor finggerprint untuk memberikan keamanan pada data-datamu. Termasuk ASUS VivoBook S15 S510UQ,  Fitur ini tidak dimiliki di notebook-notebook  sebelumnya. Seperti ASUS K43B yang saya miliki tidak mendukung fitur ini. Padahal lewat fitur ini, kita akan mudah untuk menghidupkan laptop tanpa bersusah payah memasukkan kombinasi kode pasword.

Mengakses ASUS VivoBook S15 saat ini lebih mudah dan lebih aman. Dengan sensor sidik jari yang telah menempel di touchpad dan Windows Hello, Anda tidak perlu lagi mengetikkan kata sandi Anda setiap saat untuk masuk – hanya satu sentuhan saja yang diperlukan!

Enakkan? Menghemat waktu, gak perlu ketik username dan password. Cukup bilang Bismillah, laptop nyala dengan sendirinya. Bukan juga sulap, karena tekonologi lebih canggih dari sulap hehe.

sensor-sidik-jari-ASUS-VivoBook-S15-S510UQ

sensor sidik jari ASUS-VivoBook S15 S510UQ

Teknologi Video ASUS Tru2Life

Membuat video terlihat menakjubkan. Melalui algoritma cerdas, teknologi ini mengoptimalkan ketajaman dan kontras setiap piksel di setiap frame hingga 150% untuk menghasilkan gambar yang sangat hidup dan realistis setiap saat! (sumber asus.com)

Di dukung oleh Audio yang ekspansif dari ASUS SonicMaster menjadikan nonton video jadi serasa punya home teater di Rumah.

ASUS SonicMaster adalah kombinasi dari hardware, software dan penyetelan audio yang dirancang khusus dengan tujuan memberikan Anda pengalaman audio terbaik. Amplifier, speaker besar dan ruang resonansi yang disesuaikan untuk perangkat spesifik Anda, dirancang untuk memastikan pengiriman audio yang kuat dan suara bass yang lebih dalam. Beuh, suaranya menggelegar.

Dan didukung oleh ASUS IceCool Technology (Pendinginan laptop). Meski beraktivitas berjam-jam di depan notebook ASUS VivoBook S15 S510UQ, notebook akan tetap cool. Panas sih iya, namanya juga barang elektornik, kalau dipakai pasti ada panas-panasnya.

Tetapi Teknologi ASUS IceCool telah menggunakan kontrol kipas terbaru yang canggih, pipa panas tipis dan tata letak internal yang cerdas sehingga menciptakan sistem pendinginan yang efisien yang dapat menjaga suhu palm rest rata-rata di bawah 35°C – lebih rendah dari suhu tubuh untuk memastikan Anda memperoleh kinerja komputasi tertinggi dan kenyamanan saat digunakan.

Teknologi video canggih, sound canggih, dan di dukung teknologi tetap cool, nonton video apapun akan memberikan sesansi warbiyasah. Nonton video-video tutorial jadi semangat. Belajar jadi semangat. Tapi ingat! Sebagus apapun videonya, jangan lupa untuk fokus pada kerjaan dan jangan lupa waktu untuk ibadah.

Kesimpulan

ASUS VivoBook S15 S510UQ merupakan pilihan ideal bagi mereka yang saat ini tengah mencari laptop yang sangat baik dalam hal performa kinerja, performa mumpuni yang akan mendukung semua pekerjaan ataupun tugas sehari-hari anda disisi lain juga memiliki tingkat mobilitas yang tinggi, body yang elegan dipadukan dengan kombinasi sempurna antara keindahan desain dan performa laptop, dan tentu saja harga yang jauh lebih terjangkau dibanding kompetitor sejenis dengan spesifikasi yang hampir sama.

ASUS VivoBook S S510 ditujukan bagi kalangan berjiwa muda, mereka yang menginginkan segala sesuatu serba cepat dengan dukungan perangkat terbaik, memiliki desain yang elegan dan tampak ideal baik untuk didalam ruangan maupun diluar ruangan. Membuat ASUS VivoBook S15 S510UQ menjadi pilihan favorit untuk diajak jalan-jalan.

Kenapa ditujukan bagi yang Berjiwa muda? Jadi gini mblo,  usia anda berapapun gak masalah, yang penting tetap berjiwa muda. Kalau orang berjiwa muda memakai notebook canggih seperti ini, yang diharapkan adalah mampu menghasilkan karya yang terbaik sesuai di bidang masing-masing

Kekurangan, menurut saya:

Memori RAM masih 4GB, harusnya 6GB atau 8GB. Heheh

Kamera masih VGA.

Bagaimana, tertarik untuk meminangnya?

 

Sumber;

https://www.asus.com/id/Laptops/ASUS-VivoBook-S15-S510UQ/Features/

www.solopos.com

www.murdockcruz.com

https://sandiiswahyudi.com