Sebaik-Baik Perhiasan Dunia Adalah Wanita Sholehah.

Kenapa wanita shalihah adalah sebaik-baik perhiasan dunia. Simple saja coba lihat wanita berhijab rapat dengan wanita yang pakai baju ketat, adem mana lihatnya?

Kebanyakan cowok akan sungkan dan segan kalau melihat wanita yang menutup aurat rapat. Beda kalau yang lewat cewek seksi berbaju ekonomis, pasti digodain cowok-cowok tuh.

Biar nyambung saya kasih tau salah satu ciri wanita shalihah dalam islam adalah menutup auratnya rapat-rapat. Secara umun menutup aurat rapat adalah dengan memakai baju longgar, jilbab lebar, entah pakai gamis, atau pakai rok. Intinya aurat bener-bener tertutup rapat.

Baca juga Cara Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga Menurut Islam.

Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa sallam telah memberi tuntunan dalam memilih wanita yang akan dijadikan sebagai istri. Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menggambarkan beberapa sifat seorang wanita salihah,

“Apakah kalian mau saya beritahu tentang simpanan seseorang yang yang paling berharga? Yaitu wanita salihah yang (suaminya) menjadi bahagia bila memandangnya, bila diperintah segera dipenuhi, dan bila suaminya tidak ada dia menjaga kehormatannya.” (HR.Ahmad)

Dari sabda beliau tersebut, maka kita tahu bahwa inilah yang akan menjadikan seorang wanita sebagai pilihan, perhiasan yang paling berharga :

  1. Indah Dipandang.

Setiap wanita terlahir cantik. Dan kecantikan itu akan sangat membahagiakan jika wanita dapat mengoptimalkan potensi yang dimilikinya itu untuk membuat suami mereka betah memandangnya. Hal ini akan semakin bertambah jika dibarengi dengan sikap dan tutur kata yang manis serta murah senyum.

  1. Taat.

Indah dipandang, entah itu cantik, cakep, imut, qiyut, maniez kalau gak taat, buat apa? Bangga pas diajak kondangan doang xixixi.

Suami akan merasa sangat berharga ketika perintah dan kemauan mereka ditaati. Maka disinilah kesempatan bagi para istri yang ingin menjadi perhiasan berharga bagi suaminya, yaitu mentaati segala apa yang suami inginkan, selama perintah tersebut tidak menyelisihi aturan ALLAH.

Ingat ya TIDAK MELANGGAR PERINTAH Allah. Ini kuncinya, jadi misal lagi gak ada beras, terus disuruh suami nyuri beras ke tetangga, ya jangan mau.

Tapi bagaimana jika perintah tersebut tidak berkenan di hati sang istri? Seorang wanita sholihah pastilah mengerti bagaimana menyiasati keadaan tersebut agar sang suami tidak merasa tersinggung. Namun, keluhan mereka juga tersampaikan.

Dicarinya waktu yang tepat dan cara yang paling santun untuk meyakinkan suami agar mengurungkan perintahnya, tanpa dibarengi pembangkangan, bantahan,atau bahkan pertengkaran. Karena kedamaian dan ketenangan suami, selalu menjadi hal yang dipentingkan dalam pikiran para istri yang sholihah.

  1. Terjaga dan menjaga.

Wanita salihah adalah yang selalu mengajak suaminya pada kebaikan agama dan dunianya, dan bukan malah memberatkannya. Termasuk juga membebani pikiran sang suami dengan kekhawatiran akan harta dan kehormatan sang istri, ketika sedang jauh darinya.

Seorang wanita sholihah adalah dia yang senantiasa menjaga dan terjaga dalam diri dan harta suaminya,sehing ga suami menemukan kepercayaan dalam rumah tangganya, dan merasakan kenyamanan hati bahkan ketika beliau harus jauh dari rumahnya.

Dan untuk kesemua itu, ALLAH telah memberikan contoh nyata kepada para wanita untuk selalu diteladani, yaitu lewat diri Khadijah binti Khuwailid radhiyallahu ‘anha, Istri pertama Rasulullah SAW. Maka akankah setiap kita mewarisi sifat dan perilaku beliau? jika ya, maka karena hal itulah kita pantas dipilih!

Baca juga Kisah Menyentuh Hati Tentang Pengorbanan Cinta

Keutamaan Wanita dalam Islam.

WANITA perlu taat kepada suami. Tapi tahukah, bahwa lelaki wajib taat kepada Ibunya 3 kali lebih utama daripada kepada Bapaknya.

WANITA menerima warisan lebih sedikit dari pada Lelaki-Lelaki, Tapi tahukah bahwa harta itu menjadi milik pribadinya dan tidak perlu diserahkan kepada Suaminya, sementara apabila Lelaki menerima warisan, Ia perlu/wajib juga menggunakan hartanya untuk Isteri dan anak-anaknya.

WANITA perlu bersusah payah mengandung dan melahirkan anak. Tapi tahukah bahwa setiap saat dia didoakan oleh segala umat, malaikat dan seluruh makhluk ALLAH di muka bumi ini, Dan tahukah, jika ia mati karena melahirkan adalah Syahid dan Surga akan menantinya.

Di akhirat kelak, seorang lelaki akan dipertanggung jawabkan terhadap 4 WANITA,

yaitu:

1.Isterinya,

2.Ibunya,

3.Anak Perempuannya dan

4.Saudara Perempuannya.

Artinya: bagi seorang WANITA tanggung jawab terhadapnya ditanggung oleh 4 orang lelaki Yaitu:

1.Suaminya,

2.Ayahnya,

3.Anak Lelakinya dan

4.Saudara Lelakinya.

Seorang WANITA boleh memasuki pintu surga melalui pintu surga yang mana saja yang disukainya, cukup dengan 4 syarat saja, yaitu :

1.Sholat 5 waktu,

2.Puasa di bulan Ramadhan,

3.Taat kepada Suaminya, dan

4.Menjaga Kehormatannya.

Seorang lelaki wajib berjihad fisabilillah, sementara bagi WANITA jika taat akan suaminya serta menunaikan tanggungjawabnya kepada ALLAH, maka ia akan turut menerima pahala setara seperti pahala orang pergi berjihad fisabilillah tanpa perlu mengangkat senjata.

Baca juga Contoh Kisah Pengorbanan Seorang Istri di Rumah

Silahkan share, semoga bermanfaat dunia akhirat.