Sejarah dan Perkembangan Bahasa Inggris

Perkembangan Bahasa Inggris.

Bahasa Inggris yang digunakan saat ini tentu saja tidak sama dengan yang dulunya digunakan oleh Shakespeare saat menulis karya-karya legendarisnya seperti Romeo and Juliet, Hamlet, dan sebagainya.

Karena Bahasa Inggris itu mengalami perkembangan yang bisa dikelompokkan dalam 3 tahapan:

Baca juga Sejarah Singkat Bahasa Inggris Kuno

Bahasa Inggris Purba (600-100 Masehi)

Bahasa Inggris purba atau Old English merupakan cikal bakal Bahasa Inggris modern saat ini.

Perkembangannya tentu saja mengikuti dinamika invasi-invasi bangsa-bangsa yang masuk ke Britania Raya sebagaimana kronologi invasi yang yang ada diatas.

Old English dimulai seiring dengan masuknya invasi bangsa Anglo dan Saxon sekitar akhir abad ke 5. Dalam masa ini sempat lahir sebuah puisi epic yang terkenal yaitu Beowulf pada sekitar tahun 700 an, dimasa kerajaan Northumbria.

Salah satu pengaruh Old English yang masih tertinggal saat ini adalah kosakata seperti:

Noun: : man, woman, child, eyes, nose, mouth, house, dog, cat, life, death, etc

Verb: eat, drink, sleep, play, walk, love, go, etc

Kosakata dalam Old English ini diperkaya dengan masuknya bangsa Dane pada pertengahan abad ke 9, banyak sekali kosakata dalam bangsa Dane, Denmark, yang masuk kedalam Bahasa Inggris seperti:

Noun: leg, egg, sky, dirt, outlaw

Adjective: happy, low, tight, ugly, wrong

Pronouns: they, their, them

Verb: cut, crawl, get, scant, scare, take, thrust.

Pernah diadakan penelitian oleh para ahli bahasa dan ternyata dari 1000 kosakata, 62% diantaranya berasal dari Old English yang merupakan cikal bakal Bahasa Inggris modern saat ini.

Masuknya invasi bangsa Norman French – yang menggunakan bahasa Perancis pada abad 11 dianggap sebagai akhir dari periode bahasa Inggris purba atau Old English.

Bahasa Inggris abad Menengah (1100 M – 1450 M).

Bahasa Inggris abad menengah atau Middle English, ini dimulai pada abad ke 11. Pada masa ini bahasa Perancis digunakan hanya untuk kalangan atas.

Dan pada masa inilah banyak sekali kosakata dari bahasa Perancis yang masuk kedalam bahasa Inggris, seperti:

mutton, beef, veal, alliance, city, court, baptism, religion, biscuit, cream, croquette, gourment, blanket, bourdoir, chair, parlor, literature, attorney, age, chauffeur, dance, poet, etc.

Karya Geoffrey Chaucer yang terkenal yaitu Canterbury Tales dimana 13% kosakata nya dalam bahasa Perancis.

 

Bahasa Inggris Modern.

Bahasa Inggris modern terbentuk tidak begitu saja, melainkan secara bertahap. Tahun 1450-1700 disebut dengan early modern English dimana bahasa Inggris abad menengah, mengalami perombakan besar-besaran termasuk dalam cara mengucapkan.

Pada masa peralihan ini William Shakespeare menulis karya-karya nya yang sangat terkenal seperti Romeo and Juliet, Hamlet, Othello, Julius Caesar. Dan pada masa ini pula Bahasa Inggris mendapat masukan kosakata dari Yunani dan Latin seiring dengan era Renaissance saat itu, seperti:

Latin: album, alibi, antenna, autograph, bonus, climax, dictinary, paragraph, etc.

Yunani: alphabet, android, anarchy, dilemma, drama, elegy, syllabus, symptom, etc.

Tahun 1700 – kini merupakan era Modern English, namun tentu saja Bahasa Inggris tidak pernah statis. Ia selalu bergerak secara dinamis menyesuaikan dengan perubahan kultur yang selalu berkembang.

Baca juga Bahasa Inggris Fokus Percakapan

error: Heloo gak bisa di copas keles hehe
%d blogger menyukai ini: