Sejarah Singkat Bahasa Inggris Kuno

Bahasa Inggris kok begitu yah? Kok gitu gimana? Ya aneh aja, tulisan sama pengucapan beda.

Yah gimana lagi, begitulah Bahasa Inggris. Bahasa Inggris sebetulnya memang merupakan hasil akulturasi dari banyak bahasa, dan hal itu pulalah yang menyebabkan Bahasa Inggris unik.

Disini secara singkat mari kita lihat bagaimana sejarah Bahasa Inggris itu sendiri agar anda lebih mengenal nya.

Jika kita menyebut kata ‘Inggris’ biasanya orang menterjemahkannya dengan kata England.

Padahal England itu sendiri adalah bagian dari Inggris Raya atau Great Britain, ada juga yang menyebutnya sebagai United Kingdom, lengkapnya adalah The United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland.

Great Britain berbentuk kepulauan, British Isles, yang terdiri dari England, Scotland, Wales dan North Ireland. Kata ‘britania’ itu sendiri ada yang mengatakan berasal dari kata ‘brighton’ yaitu nama suku dari bangsa Celtic yang lebih dahulu mendiami wilayah di kepulauan Britania Raya ini.

Belajar Bahasa Inggris Mudah di Kursus BahasaInggrisNet

Invasi bangsa-bangsa Asing.

Untuk melihat secara lengkap sejarah Bahasa Inggris, anda bisa mencari nya dengan mudah dari sumber Wikipedia atau lainnya, saya disini hanya sekedar menulis garis besarnya saja – karena tujuan saya dalam membuat video ini adalah membuka rahasia belajar Bahasa Inggris yang benar kepada anda.

Secara kronologis sejarah Bahasa Inggris adalah dimulai dari masuknya invasi bangsa-bangsa sebagai berikut:

Suku Brighton

Romawi, awal sampai akhir akhir abad 4 masehi.

Jutes, abad 5 masehi.

Anglo, abad 6 masehi.

Saxon, abad 6 masehi.

Danes, abad 9 masehi.

Norman French, abad 11 Masehi.

Suku brighton yang pertama kali menduduki Britania Raya, selanjutnya bangsa Romawi di awal Masehi – selanjutnya masuk invasi bangsa Jutes, lalu berganti dengan bangsa Anglo lalu Saxon, lalu invasi bangsa Danes dan terakhir adalah bangsa Norman French.

Silih berganti masuknya para invasi menyebabkan terjadinya akulturasi bahasa dan budaya yang membentuk Bahasa Inggris saat ini.

Ada sumber yang mengatakan bahwa Bahasa Inggris saat ini 70% merupakan saham dari bangsa Anglo-Saxon.

Dari kata Anglo inilah menjadi kata England yang artinya tanah bangsa Anglo. Dan bahasa yang mereka gunakan disebut English.

Beberapa wilayah di Britania Raya yang menggunakan kata : chester dahulu merupakan base camp bangsa Romawi, seperti Manchester, Winchester, dan sebagainya.

Sedangkan wilayah yang berakhiran dengan: sex seperti essex, wessex dulunya merupakan kediaman bangsa Saxon.

Jelaslah bagaimana Bahasa Inggris saat ini adalah merupakan hasil akulturasi dan proses yang cukup panjang dari berbagai bangsa dan bahasa.

Mungkin hal inilah yang menyebabkan keunikan bahasa Inggris itu sendiri yang tidak konsisten dalam peraturan dan lainnya.

Owh ya kenapa kok Bahasa Inggris bisa menjadi bahasa internasional. Simple aja, karena jajahan Inggris dahulu kala sangat luas. Banyak negara-negara di amerika, asia, afrika yang menjadi jajahan inggris. Itulah sebabnya bahasa inggris menyebar kemana-kemana.

Baca juga Panduan Otodidak Belajar Bahasa Inggris

error: Heloo gak bisa di copas keles hehe
%d blogger menyukai ini: