Selain Uang, Apa yang harus Anda miliki untuk Berbisnis?

modal uatama dalam memulai berbisnis1. Yang harus Anda miliki adalah nyawa !

Woyy serius donkkk…sambit linggis nih..

Etapi bener juga sih, kalau ndak ada nyawa, otomatis kan gak bisa ngapa-ngapain termasuk mau bangun bisnis.

(Ngapa-ngapain? Nulisnya terasa aneh)

Makanya sebelum nyawa dicabut, yuks kita berbuat baik, bikin bisnis, membahagiakan orang-orang kita sayangi, membuka lapangan kerja, banyakin waktu untuk dekat-dekat sang Pencipta.

Hidup Cuma sekali gan, kenapa harus dipebudak waktu? Kenapa harus diperbudak bos? Kenapa diperbudak gaji yang tak seberape?

Onde mande..

E tapi kan ane kerja karena ibadah. Yakin ibadah? Kalau kerja karena ibadah ntu ya jangan ngeluh kalau macet, jangan ngeluh kalau gaji Cuma lewat doang, jangan ngeluh kalau banyk cicilan ini itu, jangan ngeluh kalau diatur-atur bos, jangan ngeluh capek..

Kan ibadah toh, jadi apapun kondisinya, tetap disyukuri, ya toh? Itu baru namanya kerja adalah ibadah.

Kerja adalah ibadah, tapi datang telat, pulang cepat-cepat, dibelakang bos ngumpat, Nah loh..

Kembali ke TanktOP..

Selain Uang?

 2. Mental dan niat jangan gampang nyerah.

Nah bener, banyak uang, modal EM EM an, tapi mental nol, niat berbisnis setengah setengah, ya gimane mau sukses gan.

Baru gagal sekali udeh gak mau nyoba lagi. Padahal dalam berbisnis kalau gagal tidak ada cara lain untuk berhasil kecuali COBA LAGI!!

Gagal, coba lagi
Gagal, coba lagi
Gagal, coba lagi.

Sampai kapan mencoba? Sampai pertamina produksi keripik pisang gan.

Kalau udeh memutuskan resign dari perusahaan, ya udah anda fight di bisnis, mental di kuat-kuatin, dan tidak ada kata menyerah.

Mental dikuat-kuatin, karena yakin deh banyak yang akan mencibir.

“Lah sarjana kok jualan
“gaji udah gede, kerjaan nyaman, ngapain pakek acara resign?
“sayang amat, posisi kerja udah enak, ngapain sih keluar
Apalagi pihak keluarga tidak mendukung anda berbisnis, ya mau gak mau anda harus kerja ektra untuk membuktikan bahwa anda berhasil dalam berbisnis.

Bisnis itu kan tidak pasti, artinya penghasilan belum pasti, sementara kebutuhan hidup itu sudah pasti.

Justru karena bisnis tidak pasti, maka Anda bebas menentukan berapa penghasilan anda setiap hari, minggu, atau bulan? Ya kan..

Mau sehari dapat satu juta? Bisa kok, tergantung strategi dan kemampuan anda dalam berbisnis
Mau sebulan seratus juta? Bisa, banyak kan pebisnis yang penghasilannya sampai milyaran perbulan.

Beda kerja jadi karyawan, meski gaji tiap bulan pastik, ya jumlahnya pastik, segitu gitu ajah. Dan udah pastik numpang lewat doang xixi, pusying mikirin cicilan, pusing mikirin ini itu, Ya elah mau sampai kapan anda seperti itu?

Ayo bisnis!

Apalagi yang dibutuhkan saat mau bernisnis

3. Harga diri.

Harga diri?? Kok harga diri sik..

Begini, Harga dirimu tidak sebatas gajih bulanan. Itu maksudnyah!

Pergi Pagi Pulang Petang Penghasilan Pas Pasan Pinggang Pegel Pegel. Itukan yang anda dapat saat masih ngaryawan? Hehe..Kamu kerja apa dikerjain?

Padahal kalau mau harga dirimu itu sangat mahal:
Bisa kok penghasilan berlipat lipat dari gaji kantoran
Punya banyak waktu untuk keluarga
Punya banyak waktu berkualitas untuk beribadah
Punya banyak waktu untuk menuntut ilmu,
Punya banyak waktu untuk mengerjakan hobi

Point-point itu bisa didapat kalau anda berbisnis, dan bisnisnya bisnis yang udeh jalan ya.

Tak dapat dibantah sih, semua butuh proses. Tapi kalau proses itu tidak dimulai dari sekarang? Terus kapan lagi?

Nunggu pensiun? Woy..umur-umur pensiun udeh kagak ada tenaga, udah males mikir, udeh kehabisan semangat.

Baguslah bikin usaha sendiri . Itu keren sekali gan. Bisa membuka kesempatan kerja bagi orang lain. Dan kalau udah begitu harga dirimu akan naik, tingkat kegantengan agan juga akan naik. Benelan loh.

Intinya adalah Gunakan Harga Dirimu untuk membangun kerajaan bisnismu sendiri, bukan membangun bisnis orang lain. Ituh!

4. Target Pasar.

Ini udah pasti. Semua bisnis udah pasti ada marketnya, ada pasarnya.

Pada jaman Majapahit tentu sangat susah mencari target pasar. Jalan satu-satunya adalah pergi ke pasar rakyat, dengan jalan kaki, atau kalau udah saudagar naik gerobak yang ditarik kuda.

Jaman sekarang, gampang banget nyari target pasar.

Gak percaya?

Pergi ke Google Planner. Terus ketikkan pencarian sesuai dengan produk anda.

Misal anda punya produk sepatu kulit buaya.

Nah, ntar si Google Planner, ngasih kode ada gak sih yang nyari sepatu kulit buaya di internet?

Kalau ada 100 orang yang nyari Sepatu kulit Buaya, itu Udah nemu 100 target pasar. Tinggal bagaimana cara menggaet target ini membeli produk anda.

Gak nyampe 20 menit lah, untuk mengetahui ada gak sih yang nyari produk ini?

Cara menggunakan google planner, silahkan googling gan, banyak banget kok tutorialnya. Hitung-hitung sambil belajar.

Kembali ke TankTop

Yang dibutuhkan untuk berbisnis selain uang adalah: eng ing eng..

5. Kebahagiaan, Kasih sayang dan juga Iman. Tanpa ketiga hal ini hidupmu bukan lah hidup.

Aih bahasanya gak jelas banget deh..Hidupmu bukanlah hidup? Kata-kata macam apa ini? Hiks.

Dengan membayangkan kebahagian karena akan membahagiakan orang-orang yang kita cintai membuat langkah-langkah kita dalam menempuh perjalanan bisnis akan terasa ringan.

Ringan dalam artian, dibalik bisnis ini ada senyum orang-orang yang kita cintai.

Sehingga apapun rintangannya akan dilalui dengan sabar dan tawakal.

Kasih sayang orang-orang yang kita sayangi adalah backlink yang sangat luar biasa.

Coba aja anda berjuang sementara yang anda perjuangkan adalah orang-orang cuek, kasar, bodo amat, dan tidak mempedulikanmu. Bagaimana rasanya?

Hakekatnya adalah kita ingin mempersembahkan kesuksesan kepada orang-orang yang kita sayangi dan menyayangi kita. Dengan begitu semangat 45 akan berlipat-lipat.

Berbisnis tanpa Iman? Kemungkinan besar anda tidak peduli mana yang benar mana yang salah, halal haram tidak dipikirin. Hajar saja yang penting dapat uang.

Enak kah berbisnis seperti itu? Andaikan toh anda bisa kaya raya, tapi harta anda tidak ada keberkahan. Berkahnya dicabut sama Allah.

Hasilnya ya : stroke, cuci darah, keluarga berantakan, anak terjerat narkoba, anak terlibat kejahatan, istri selingkuh, anda masuk bui, masuk rumah sakit gak sembuh-sembuh dll.

Itu adalah contoh-contoh jika rezeki yang didapat tidak berkah, mau haram kek, mau korupsi kek, mau menipu kek gak peduli, yang penting kaya.

Hidup bukan hanya di dunia gan. Hendaknya bisnis juga ada orientasi akheratnya. Dimulai dengan yang baik-baik, hasil yang didapat baik, disalurkan ke jalan yang baik.

Insya Allah hidup akan adem, harta terjaga, dan bisnis akan membawa manfaat bagi keluarga dan orang lain.

6. Skill pastinya

But ini tidak mutlak. Skill bisa dipelajari sambil jalan gan.

Kalau mau berbisnis harus punya skill dulu, ya sampai kiamat gak akan buka tuh bisnis.

Kenapa? Ya kalau sibuk ngantor, terus kapan anda mempelajari suatu skill?

Asal ada kemauan untuk belajar skill adalah hal yang gampang.

Tenang saja tidak perlu ber IQ tinggi untuk mempelajari skill. Hanya tekun dan fokus saja modalnya.

Ingat untuk sukses jangan menguasai banyak skill, tapi cukup kuasai satu skill dan praktekkan!

 

Lain-lain

>>>>Tempat usaha gan, itu kalau mau usaha ofline ya. Atau kalaupun belum ada tempat, modal kaki lima dulu, pakai gerobak atau di pikul 😀

Kalau saya ya daripada capek-capek ngurus tempat usaha, ngurus ini itu, mending mulai dari online gan. Praktis, gak perlu sewa tempat, gak perlu alat-alat konvensional.

…tergantung agan  mau bikin usaha apah…itu sih kuncinya.

>>>>Kesabaran, tekun istilah-nya telaten dan cepet tanggap juga harus agan miliki karena merintis usaha mulai dari nol ituh memang butuh waktu..

Dan yang penting punya “prinsip” jujur dan jangan curang/nakal..jangann kek di berita-berita tuch:
ada jualan gorengan,,minyak-nya dicampur oli segala macem
jual makanan ada campuran borax, pemutih, pakai air kotor
jual bakso pakai daging tikus
dan masih banyak lagi lah…

Kalok kita usaha cara-nya sportip percaya dech pasti rejeki bakalan lancar.. 😀

>>>>Impian, cita-cita, tujuan hidup. Tanpa itu, hidup akan terasa hampa sesukses apapun kita. Dan biasanya itu adalah salah satu hal yang paling disesali orang ketika waktunya sudah hampir tiba.

Hampir tiba apa yak?

>>>>Strategi-strategi  yang bisa membuat usaha agan di kenal orang, produk disukai konsumen, bagaimana konsumen mau beli berkali-kali.

Ini kalau dijabarkan akan panjang sekali, bahkan bisa dijdikan buku. Coba saja baca buku Buka Langsung Laris, eh sayya tidak promo lho ya..

Semua sudh diajarkan di buku tersebut.

>>>> Akhlak dan ilmu gan.

Mulai bisnis dengan akhlak yang baik, Insya Allah hasilnya juga akan baik.

Mulai bisnis dengan ilmu-ilmu bisnis dan dikawinkan dengan ilmu agama, itu keren sekali. Dunia dapat, akhirat juga dapat.

Sebab percuma gan, sukses di dunia kalau buntung di akhirat.

>>>> handphone, PC, laptop, internet, itu kalau bisnis mulai dari online. Namanya juga online udah pasti harus ada sambungan internet. Sambungan internet akan berfungsi jika ada gadget. Percuma kan ada wifi gratis tapi gak ada smartphone, laptop???

>>>> Kesehatan lahir batin karena dengan sehat semua aktifitas bisa berjalan. Percuma juga punya semuanya kalau sakit-sakitan. Mau apa coba? Hehe.

>>>> Pasangan Hidup yang selalu support dan doa.

Kalau belum punya pasangan hidup? Ya nyari keles, masa pakek nanya..

 

PENUTUP

Ide Untuk berbisnis itu bagus. Buat lebih care sama lingkungan anda, percaya deh.

Eh Anda pernah nonton doraemon yang tuker tukeran ama pangeran negeri matahari ntu, nolongin orang, berbuat baik sama orang, itu menyenangkan.

Kalaupun Anda enggak dibalas sama orangnya langsung yang dia kagak peduli, bodo amat, sok cuek, ya itu urusan dia. Tugas kita hanya berbuat baik.

Someday anda bakal memetik apa yang anda tanam. Alla SWT exist, kebaikan anda akan dibales berlipat lipat. It gonna make u hepi.

 

 

 

 

 

 

 

 

error: Heloo gak bisa di copas keles hehe
%d blogger menyukai ini: