Tips dan Trik Ekstrim Agar Mudah Membayar Hutang

Tips dan Trik Ekstrim Agar Mudah Membayar HutangAnda Punya Hutang?

Saya sarankan jangan terlalu banyak gaya di media sosial jika anda punya hutang.

Why? Ya iyalah, anda di socmed genit, tapi punya hutang. Kalau status-status, postingan-postingan alay mu kebaca sama orang yang anda pinjamen duit gimana coba?

Yaelah punya hutang 50 ribu aja kagak dibayar-bayar, sok-sok an bangets update statusnya.

Nah loh?

Ini curhatan teman saya ya 😀

Mpet dia lihat update status temannya yang jalan-jalan, makan di tempat-tempat wah, selfi-selfian di tempat wisata.

Itu liburan, jalan-jalan, makan-makan bisa yang aduhay..masa bayar hutang 50 ribu aja ampe berbulan-bulan.

Sehat mblo?

Ya jalan-jalan, makan-makan, traveling, atau apalah mah hak dia, uang-uang dia ini, tapi mbok yo nyadar to, gaya hidupmu itu gak sepadan dengan mental mu wkwk

Memang si kawan tidak nagih2… tapi setidaknya punya perasaanlah dikitlah…

Asal anda tau.

Orang yang memberikan hutang itu tak selamanya sedang berlebih. Tapi kadang-kadang dia ngasih utang karena dia tak ingin melihat saudaranya atau temannya atau sahabatnya susah dalam masalah uang. Butuh uang mendadak lah..

Sehingga kadang-kadang ada sebagian orang demi membahagiakan saudaranya atau temannya atau sahabatnya yang datang kepadanya untuk berhutang dia rela menahan dirinya untuk keperluan yang penting baginya. Bahkan tak jarang pula dia berhutang pada temannya yang lain agar bisa memberi anda hutang.

Nah loh, dia sendiri berhutang agar bisa memberi pinjaman kepada Anda. Kurang baik apa cobak? Makanya kalau di tagih ya jangan marah-marah. Lagian nagih hutang kan hak, sedangkan membayar hutang adalah wajib. Penuhi donk kewajiban anda.

Sudah lama meleset dari janji. Janji bulan depan, meleset ke bulan depan lagi, meleset lagi, ya elah. Diapun akhirnya tak menagih-nagih lagi. Bukan karena dia sedang berlebih dan tidak butuh… tapi… dia udah kenyang makan janji… lagian dia malu dan tak ingin membuat anda tidak enak hati saat ditagih… padahal menagihnya pada anda adalah haknya…

Ingat ya, udah gak nagih bukan berarti ada uang, uang berlebih, merelakan hutang akan tetapi lebih ke perasaan malu. Ya elah tiap bulan nagih hutang kesannya mengemis. Makanya anda yang berhutang tau diri donk..bukannya malah leha-leha kalau udah gak ditagih.

Namun sayang… dari orang jahat sampai orang baik… sepertinya menyepelekan masalah ini… janji besok sampai bulan besok ada yang tahun besok…

Janji tinggal janji… ketemupun buang muka… ada juga yang senyum manis tanpa bersalah… ada yang pura-pura lupa…

Ingat ya masalah hutang begini bisa loh dibawa sampai akhirat.  Makanya mumpung masih hidup, cobalah untuk berusaha sekuat tenaga dan kemampuan untuk membayar hutang.

Tips ESKTRIM Membayar Hutang.

Sediakan kotak seperti ini di rumah anda!!!!

Bila perlu buat dari gentong air atau kotak atau bekas kardus mie instan ukurannya yang gede, misal 1×1.5 meter atau 1 x 1 meter… kasih tulisan besar2 “TABUNGAN UNTUK MENCICIL HUTANG” biar setiap masuk rumah kebaca dan inget untuk ngisinya.

tabungan membayar hutang

Biar setiap lihat tulisan itu, oh iya hari ini belum masukin uang 2 ribu, dan gitu seterusnya..

Anda punya hutang berapa? Misal 200 ribu.

Setiap hari coba isi 2 ribu aja. 2 RIBU loh, bukan 20 ribu.

Masa iya 2 ribu gak sanggup????

Kalau sebulan udah 60 ribu kan? 2 ribu x 30 hari.

Tuh kan 100 hari aja udah bisa kebayar hutang yang 200ribu. Padahal Cuma iseng masukin uang 2 ribu perak ke gentong air tadi.

Masak… hutang 700 ribu hampir setahun gak lunas… ? ada juga yang cuma 200an ribu gak lunas-lunas dan itu hampir setahun???

Helloooo, anda hidup di gua? Hidup di hutan? Kok gak peka terhadap perasaan orang.

Padahal kalau setiap hari tabungan pencicil hutangya hanya di isi 2000 perak aja, hutang 700 ribu setahun bisa lunas itu hutang…

2000 perak x 360 hari=  720.000 ribu. Tuh kan Masih lebih 20 ribu..

Kalau niat mah bisa sebenarnya. Tapi ya itu manusia kadang harus dipaksa agar terbiasa.

Malu lah… gak bisa isi 2 ribu perhari padahal beli kuota 50 ribu per minggu bisa…

Padahal untuk merokok aja gak pernah telat

Padahal smartphone aja ampe 3 biji

Ingat…!! Berutang niat gak bayar sama dengan MALING!!!

Siapa yang bersungguh-sungguh melunasi hutangnya maka akan Allah mudahkan sebanyak apapun hutangnya…

Semoga Allah memudahkan siapa saja yang bersungguh-sungguh dalam melunasi hutangnya.

Aamiin

 

 

 

error: Heloo gak bisa di copas keles hehe
%d blogger menyukai ini: